Harga Ikan Arwana Dan Jenis Ikan Arwana

Harga Ikan Arwana Serta Jenis Ikan Arwana Scleropages formosus) atau Siluk Merah yakni salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini mempunyai tubuh yang panjang dan sirip dubur terletak jauh di belakang tubuh.

Harga Ikan Arwana Dan Jenis Ikan Arwana
Harga Ikan Arwana Dan Jenis Ikan Arwana

Arwana Asia biasanya mempunyai warna keperak-perakan. Arwana Asia pula di namakan “Ikan Naga” di karenakan tidak jarang di hubung – hubungkan bersama naga dari Mitologi Tionghoa. Arwana Asia yakni spesies original sungai-sungai di Asia Tenggara khususnya Indonesia. Berikut adalah Harga Ikan Arwana Serta Jenis Ikan Arwana

Ada empat varietas warna yang terdapat di tempat :
1. Hijau, ditemukan di Indonesia, Vietnam, Birma, Thailand, & Malaysia
2. Emas dengqn ekor merah, di temukan di Indonesia
3. Emas, di temukan di Malaysia
4. Merah, dit emukan di Indonesia

Ikan Arwana Asia
Tertulis dalam list spesies langka yang berstatus dapat “terancam punah” oleh IUCN thn 2004. Jumlah spesies ini yang menurun lantaran seringnya diperdagangkan sebab nilainya yang tinggi sebagai ikan akuarium, terutama oleh penduduk Asia. Pengikut Feng Shui akan membayar harga yang mahal untuk seekor ikan ini. Arwana memiliki wujud badan yang unik, yakni memanjang hingga ramping menyerupai pisau. di luar itu, arwana pun mempunyai ciri khas tersendiri, ialah dua buah sungut yang terdapat terhadap bibir bawahnya. Sungut tersebut berfungsi sebagai pemeriksaan getar buat mengetahui posisi mangsa. Kegiatan renang arwana amat anggun dan sisik – sisiknya yang berkilau menambah indah sosok arwana. Arwana termasuk juga kategori ikan yang di lindungi lantaran ketersediaannya di alam dalam jumlah yang terbatas. Factor inilah yang menyebabkan mahalnya harga arwana. Walau harganya termasuk mahal, tetapi arwana masih di minati oleh bayak orang sebab keindahannya.

KategoriType Ikan Arwana :

1. Arwana Nomor Wahid Red.

Arwana Red


Ikan ini berasal dari bermacam macam ruang di Propinsi Kalimantan Barat, seperti dari Sungai Kapuas serta Danau Sentarum yang di kenal juga sebagai habitat dari Nomor Wahid Red (Chili dan Blood Red). Warna merah penuh kelihatan pada sirip ikan muda pada bibir dan serta sungut. Menjelang dewasa, warna merah bakal muncul di beragam bidang badan yang lain, terutama terhadap tutup insang serta pinggiran sisik, maka badan ikan kelihatan berwarna merah. Ikan Arwana merah di kelompokkan jadi 4 varietas, merupakan Merah Darah (Blood Red), Merah Cabai (Chili Red), Merah Orange (Orange Red) dan Merah Emas (Golden Red). Keempat varietas ini dengan cara umum di kasih julukan Nomor Wahid Red atau Merah Grade perdana (First Grade Red), biarpun dalam perkembangannya nomor satu red lebih merujuk terhadap Merah Cabai serta Merah Darah. Sedangkan dua varietas terakhir lebih tidak jarang di anggap sebagai nomor satu red bersama grade lebih rendah.

BACA JUGA :  Mengenal Jenis Burung Falk Atau Parkit Australia Beserta Harganya

2. Arwana Golden.

Arwana Golden


(Cross Back, Cross Back Golden,CBG), Ikan Arwana Golden varietas cross back adalah bidang dari varietas arwana golden. Varietas ini dijumpai di beragam area di Malaysia, seperti Perak, Trengganu, Danau Bukit Merah serta Johor. Oleh di karenakan itu, mereka tidak jarang di berikan julukan cocok bersama ruangan asalnya, seperti Golden Pahang, Bukit Merah Blue atau Malaysia Gold. Di namakan yang merupakan arwana cross back, sebab varietas ini di saat dewasa mempunyai warna emas penuh sampai melintasi punggungnya. Varietas ini harganya relatif lebih mahal bahkan teratas di bandingkan yang lain sebab termasuk juga jarang di temui. Ikan Arwana CBG di bagi jadi sekian banyak kelas berdasarkan warna basic sisik, adalah Purple Based (warna basic ungu), Blue-Based (warna basic biru), Gold Based (warna basic emas) serta Silver-Based (warna basic perak). Arwana Gold dengan warna basic emas ketahuan bakal mencapai warna penuh terhadap umur lebih muda di bandingkan bersama varietas lain.

3. Arwana Golden Red.

Arwana Golden Red


(Red Tail Golden, RTG), Ikan arwana ini Yakni verietas dari arwana golden serta tidak jarang di namakan juga sebagai Arwana Golden Indonesia (Indonesian Golden Arwana). Varietas ini di jumpai di daerah Minggu Baru, Sumatera. Tidak Serupa bersama Cross Back Golden (CBG), warna emas kepada verietas ini tak bakal berkembang sampai melintasi punggung tetapi cuma dapat mencapai baris ke empat sisik (baris sisik di hitung dari bawah, perut), atau tambah baik mampu mencapai baris ke lima. Seperti halnya verietas cross back, warna basic sisik RTG dapat biru, hijau, atau emas. Demikian pun dengan warna bibir, ekor, serta sirip, ke-2 varietas ini mempunyai keragaman yang amat sangat serupa. RTG muda mempunyai warna lebih kusam di bandingkan dengan varietas cross back belia. RTG boleh di katakan lebih tahan banting di bandingkan dengan CBG sanggup tumbuh lebih besar serta lebih agresif. Sejumlah di alam relatif lebih tidak sedikit di bandingkan bersama CBG, walaupun begitu konsisten ialah varietas yang di lindungi CITES. CBG sekilas serupa dengan ikan arwana golden red yang berasal dari negeri kita. Perbedaan yang amat mencolok sanggup di pandang apabila ukuran ikan telah agak besar bersama ukuran 20 cm lebih. Terhadap CBG warna emas menutupi semua badan hingga ke sektor punggung ikan di tutupi oleh ring yang berwarna keemasan. Sedangkan terhadap golden red (RTG) punggung nya tak. berwarna keemasan namun masih hitam (kelabu). Membedakan CBG dan RTG terhadap ukuran kecil (10 – 12 cm ) susah di lakukan dan butuh hati – hati. Perbedaan harga pula teramat mencolok. Harga CBG ukuran 12 cm di hargai lebih dari 10 juta, ukuran 20-25 cm berkisar 15-25 juta. Golden red berukuran 12 cm di hargai 2 juta, sedangkan ukuran 20-25 cm di hargai 2.5-3.5 juta.

BACA JUGA :  Cara Budidaya Ulat Kandang

4. Arwana Hijau.

Arwana Hijau


(Green Arwana / Golden Pino), Arwana hijau ditemukan di Thailand, Malaysia, Myanmar, Komboja dan dari sekian banyak ruangan di Indonesia. Variasi penampilan dan warna mungkin di temukan di masing-masing daerah. Meski begitu dengan cara umum bisa di katakan bahwa terhadap rata-rata berwarna kelabu kehijauan dengan pola garis-garis berwarna gelap terhadap ekor. Kepala serta mulutnya lebih besar serta lebih membulat di bandingkan bersama tipe arwana asia yang lain.

5. Arwana Banjar,

Arwana Banjar

Ikan ini boleh di katakan yaitu varietas arwana merah kelas 2 dan ketahuan bukan yaitu strain murni arwana merah. wujudnya di tunjukkan oleh warna sirip yang orange pucat, ekor berwarna orange atau kuning, serta tak mempunyai warna merah di tubuh atau pun di pipi. Sepintas Banjar Merah muda teramat serupa bersama Arwana Merah tua, maka sering factor ini mampu mengecoh para hobiis baru. Banjar di cirikan pula oleh wujud kepala yang condong membulat dengan mulut yang tak terlampau lancip.

6. Arwana Irian.

 

Arwana Irian


(Jardini),Warna yang di punyai warna dasarnya yakni hitam kecoklat – coklatan dengan bintik-bintik kuning ke emasan terhadap bidang tengah sisiknya, bahkan di bidang kepala (pipi) hingga terhadap sirip dan ekornya juga terdapat bintik-bintik kuning tersebut. Jardini berasal dari australia, walaupun tidak jarang di temukan di pulau Irian. Sehingga dari itu tipe ini pun terkadang di namakan arwana Irian oleh para hobbies. Jardini arwana sebenarnya ada dua tipe warna, ialah warna basic lebih gelap hingga yang lebih jelas. Yang mempunyai warna basic lebih gelap merupakan scleropqges jardini dan yang mempunyai basic lebih jelas yaitu scleropqges leichharti.

7. Arwana Araipama Gigas.
 

Arwana Araipama Gigas


Yaitu ikan air tawar paling besar di dunia. Ikan kerabat arwana ini, terhadap di kala dewasa sanggup mencapai panjang lebih dari 3 m, bersama berat s/d 200 kg. Mereka termasuk juga dalam ikan yang bernapas bersama membawa hawa langsung dari atmosfer (obligate air breather). Oleh sebab itu, ikan ini mesti muncul ke permukaan tiap-tiap 5 – 20 menit sekali, tergantung pada ukurannya. Ikan muda, umumnya muncul di permukaan tiap-tiap 5 menit sekali, sedangkan ikan dewasa muncul tiap-tiap 18 – 20 menit sekali. Arapaima cuma di temukan di Amazon dan system sungai Essequito. Seperti halnya arwana di kita, mereka termasuk juga dalam list satwa langka yang di lindungi oleh CITES, IUCN serta di lindungi dengan undang-undang di Guyana. Di habitatnya, Arapaima yaitu sumber pakan bagi populasi warga setempat. Hingga bersama bulan Desember 2001, komunitas mereka di perkirakan kurang dari 850 ekor di wilayah Hutan Iwokara terhadap ekosistem lahan basah Rupununi. Arapaima memilki “lidah” sepanjang kira kira 15 cm pada ketika dewasa hingga betulang, permukaannya kasar serta hingga tidak jarang di fungsikan oleh masyarakat setempat sebagai “amplas” atau kikir buat menghaluskan permukaan kayu. Terhadap di saat air di lingkungan ikan ini berkurang hingga kadar oksigen menurun, arapaima bakal menghirup hawa serta dari atomosfer. dan kalau air di lingkungannya kering, beliau dapat menggulungkan diri mencetak bola dan membenamkan diri dalam lubang hingga air kembali datang.

BACA JUGA :  Macam - Macam Ikan Hias Yang Hidup Di Air Tawar

8. Arwana Silver.

Arwana Silver

Atau mampu di namakan Arwana Brazil, ikan ini mempunyai wujud badan yang tidak sama. Bersama wujud badan yang panjang serta sirip yang panjang pula, mulai sejak dari bidang tengah tubuh hingga terhadap ujung ekor berikan kesan yang amat sangat anggun kala berenang. Arwana ini mampu tumbuh hingga 50 – 60 cm. Kategori ini berasal dari Amerika Selatan, tetapi di kala ini telah mampu di kembang biakkan di indonesia. Memang Lah harga dari Arwana kategori ini lebih murah dari kategori Jardini. Tapi apabila arwana ini telah berukuran besar indah sekali buat di pandang. Belakangan tersiar berita bahwa kategori ini telah ada dengan warna platinum silver (warna silvernya menyerupai warna platinum dan merata di seluruhnya tubuhnya).

Harga Ikan Arwana :
Tidak Sedikit orang yang yakin seandainya memelihara ikan arwana juga sebagai ikan hias di rumah sehingga bakal mendatangkan tidak sedikit keberuntungan bagi pemiliknya, tetapi hal tersebut tergantung kepercayaan masing-masing saja. Tak heran jikalau satu ekor arwana mampu di hargai hingga puluhan jutaan rp, woww harga yang pass mahal berikut ini merupakan 
list kisaran harga ikan arwana :

1. Nomor Wahid Red = Rupiah. 6.800.000,-
2. Golden (Cross Back, Cross Back Golden,CBG) = Rupiah. 20.000.000,-
3. Golden Red (Red Tail Golden, RTG) = Rupiah. 4.200.000,-

4. Banjar Merah = Rupiah. 1.800.000,-
5. Arwana Irian (Jardini) = Rupiah. 3.500.000,-
6. Arwana Silver = Rupiah. 2.000.000,-
7. Araipama Gigas = Rupiah. Rupiah 750.000 – 10.000.000,-
8. Arwana Hijau (Green Arwana / Golden Pino) = Rupiah. 4.200.000,- 

Demikianlah tentang  Harga Ikan Arwana Dan Jenis Ikan Arwana semoga dapat membantu anda sekian dan terimakasih.