Perbedaan Burung Cecak Ijo Dengan Burung Cecak Ijo Mini

Perbedaan Burung Cecak Ijo Dengan Burung Cecak Ijo Mini – Cucak ijo mini mempunyai nama lain burung cicak daun mungil / lesser green leafbird (Chloropsis cyanopogon). Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan merupakan habitat dari cucak ijo mini. Di Indonesia cuma dua pulau itu yang adalah habitat original cucak ijo mini. Nama cucak ijo mini diambil dari wujudnya yang lebih kecil/mini daripada cucak hijau biasa. Cucak ijo mini sekilas bagitu serupa bersama cucak hijau serta cucak ranting.

Perbedaan Burung Cecak Ijo Dengan Burung Cecak Ijo Mini
Perbedaan Burung Cecak Ijo Dengan Burung Cecak Ijo Mini

Tapi kalau di amati lebih dekat, ada sekian banyak perbedaan mencolok. Cucak ijo mini dinilai lebih pintar dalam menirukan nada kicauan burung lain, jikalau di bandingkan bersama cucak ranting. Cucak ijo mini makin ternama di Sumatera, tapi di Jawa belum demikian terkenal. Kami bakal membahas Perbedaan Burung Cecak Ijo Dengan Burung Cecak Ijo Mini

1. Di Lihat dari ukuran tubuhnya, CI mini dan CI biasa mempunyai perbedaan yang pass mencolok. Panjang badan cucak ijo mini seputar 17 cm sedangkan cucak hijau biasa kurang lebih 22 cm. Seandainya di bandingkan dengan cecak ranting, CI mini mempunyai bulu berwarna hijau. Sedangkan cucak ranting mempunyai warna hijau kekuningan kepada sektor badan, kuning jelas di sektor kepala serta warna biru kepada bulu-bulu sayap dan ekornya.

2. Cucak ijo mini di anggap lebih pintar daripada cucak ranting dalam menirukan nada burung lain. Inilah yang menciptakan cucak ijo mini makin di gandrungi oleh kicaumania. Untuk membedakan CI mini jantan & betina amat gampang. CI mini jantan mempunyai warna hitam di sektor dagu hingga leher. Sedangkan CI mini betina cuma berwarna hijau polos sedangkan ketika CI mini muda tak mempunyai warna kuning di bidang kepalanya. Tapi di saat telah dewasa CI mini jantan memilikinya.

BACA JUGA :  Cara Mudah Mengatasi Burung Kenari Galak Yang Ampuh

3. Cucak Ijo Mini Nyaris Terancam sekarang ini status komunitas cecak ijo mini yaitu nyaris terancam (Near Threatened). Pasti ini di sebabkan adanya perburuan liar yang makin marak. Untuk itu hendaknya kita mampu menangkarnya untuk bisa melestarikan komune CI mini. 

Ada sekian banyak negeri yang jadi habitat dari CI mini, antara lain :

– Indonesia
– Singapura
– Malaysia
– Thailand
– Brunei Darussalam
– Myanmar

Cucak ijo mini mempunyai 2 spesies yang masing-masing mempunyai daerah persebaran yang tidak serupa, ialah sebagai berikut :

– Chloropsis cyanopogon (Temminck, 1830). Spesies ini menyebar di sekian banyak wilayah seperti Kalimantan, Sumatera, Semenanjung Malaysia.
– Chloropsis cyanopogon septentrionalis (Robinson dan Kloss, 1919). Spesies ini menyebar di sekian banyak wilayah seperti Thailand, Malaysia, Myanmar.

Begitu berita yang sanggup kami sampaikan berkenaan dengan Perbedaan Burung Cecak Ijo Dengan Burung Cecak Ijo Mini    Mudah-mudahan berguna bagi kamu seluruh, & trimakasih sudah membaca artikel ini.