Cara Beternak Kenari

Cara Beternak Kenari – Burung kenari salah satu burung yang banyak di gemari oleh setiap kalangan penggemar burung kicau, jenis dari burung yang memiliki suara merdu ini memiliki kisaran Harga di pasaran lokal di kisaran harga yang tentunya sangat
terjangkau dancukup stabil di pasaran saat sekarang ini. maka dari itu burung ini menjadi burung
pilihan. banyak pemula yang mulai Beternak serta tertarik dengan bisnis burung ini
dengan membudidayakan, serta memiliki prospek kedepannya yang tentunya sangat bagus. ciri fisik dari burung kenari dengan memiliki postur tubuh yang kecil serta memiliki jenis suara yang terdengar  merdu, bagus
, lembut serta ngerol. oleh karena hal tersebut tentunya merupakan sebuah daya tarik tersendiri bagi setiap penggemarnya. 
Cara Beternak Kenari
Cara Beternak Kenari
Jenis dari Burung Kenari ini tentunya juga sangat sring di ikut sertakan pada setiap ajang perlombaan burung kicau untuk di kelasnya. tentunya banyak sekali even – even perlombaan yang mengikut sertakan burung kenari, oleh karena itu bagi anda yang sedang ingin mulai bisnis Beternak Burung Kenari alangkah baiknya anda terlebih dahulu untuk mengetahui Cara dalam hal proses beternak dari awal hingga akhisr suapaya hasilnya akhirnya nanti maksimal. maka dari itu berikut merupakan Cara Beternak Kenari di bawah ini.

Gambar Cara Membedakan Jenis Kelamin Pada Burung Kenari :

 

Sebelum memulai berternak langkah pertama yang harus di perhatikan untuk pemula yaitu harus tahu dulu jantan dan betina burung kenari tersebut . untuk membedakanya adalah pada usia 1 bulan anakan burung kenari harus sudah di pisah terlihat kalau kenari jantan ia rajin ngeriwik,  ngerol berbunyi sedangkan yang betina pun sebaguan juga ada yang bersuara sama dengan yanga jantan akan tetapi bedanya kalau yang betina dia tida ngerol tapi suaranya putus – putus . bisa juga dilihat dari tubuhnya kalau jantan bentuk tubunya agak ramping sedangkan ekornya panjang dari si betina , kalau yang betina sebaliknya bentuk tubuhnya pendek bulat ekornya pun lebih pendek ,

Mengetahui Umur Burung Kenari :

BACA JUGA :  Mengenal Jenis Burung Kenari Jambul Yang Unik

Penting juga agar mengetahui kapan waktunya anda siap mengawinkan burung kenari anda ataupun mengetahui kapan waktunya burung kenari anda untuk di jual . sebaiknya memilih burung Kenari jantan yang ingin anda kawinkan sekitar umur 1 tahun yang sudah mulai birahi , sedangkan yang betina anda pilih yang umurnya sekitar 8 bulanan sama yang sudah birahi. usia burung kenari anda adalah salah satu faktornya untuk proses pembudidayanya.

Memperhatikan Kondisi Kandangnya :

Sebaiknya kondisi kandang harus selalu bersih karena sangat penting untuk di perhatikan soalnya mempengaruhi produksi, kualitas kenari yang bagus dan sehat , usahakan kandang kenari ditempatkan ditempat teduh dan jauh dari kebisingan agar aman dari ganguan semut dan serangga , supaya  burung pada saat mengerami telurnya tidak merasa terganggu.

Cara Menjodohkan Kenari
  • Pada proses ini emang agak sulit karena tidak semua kenari yang kita jodohkan akan berhasil. kita harus menjodohkan dahulu dengan cara;
  • Masukan Kenari jantan dan betina masing – masing sudah birahi , di sangkar yang berbeda dan kedua sangkar saling berdekatan lakukan proses tersebut setiap hari , sampai akhirnya kedua burung saling berdekatan dan kalau sudah begitu masukan burung kedalam sangkar untuk proses perkawinan taruh pula sarangnya , dan lihat bila burung betina sudah merapihkan sarang berarti si betina sudah siap untuk bertelur.
Mungkin dari pengalaman sayah bisa menjadi inspirasi untuk anda supaya termotipasi untuk beternak burung kenari . karena cara beternak burung ini amat sangat mudah terutama harga burung kenaripun  sangatlah terjangkau.

Demikianlah pembahasan dari sayah mengenai Cara Beternak Kenari . saya ucapkan terimakasih telah membaca artikel dari saya semoga bermanpaat untuk anda .