Wisdom, Burung Tertua Di Dunia Yang Usianya Mencapai 70 Tahun

Cherewed.com – Di dunia ini banyak sekali jenis-jenis burung yang tersebar di berbagai wilayah. Dari sekian jenis burung yang ada, ada satu jenis burung tertua di dunia, yaitu burung wisdom. Usia burung ini bahkan bisa mencapai 70 tahun.

Wisdom merupakan burung elang laut Albatros pertama kali yang diidentifikasi pada tahun 1956 oleh para ahli biologi. Dan saat ini usianya setidaknya sudah 70 tahun.

Ciri Khas Wisdom Sebagai Burung Tertua Di Dunia

Laysan albatros atau wisdom ini merupakan salah satu jenis burung laut yang memiliki ukuran tubuh cukup besar. Sebagian besar burung ini juga tinggal di kawasan laut Pasifik Utara.

Wisdom merupakan jenis burung laut yang ditetapkan sebagai burung tertua di dunia. Ciri khas dari burung ini yaitu bagian kepala berwarna putih. Selain itu, bagian sayap atasnya memiliki warna abu-abu-coklat gelap.

Ciri khas lain burung wisdom yaitu pada bagian bawah sayapnya tampak berwarna putih dan ada warna gelapnya. Bagian bawah tubuhnya juga terlihat berwarna putih bersih. Burung-burung ini juga memiliki tanda yang berwarna gelap di sekitar bagian mata.

Pada saat terbang, burung ini terlihat memiliki bagian punggung gelap, pantat yang berwarna putih, dan bagian ekor yang tampak gelap.

Habitat Burung Wisdom

Burung wisdom ini akan menghabiskan sebagian besar umur mereka di Samudra Pasifik yang terbuka. Biasanya burung ini menghuni di wilayah perairan tropis hingga Laut Bering bagian selatan. Mereka juga akan bersarang di pulau-pulau terbuka. Terutama di wilayah yang berpasir atau padang rumput, sebagian besar berada di Pulau Hawaii.

BACA JUGA :  Cara Mengetahui Ciri-ciri Telur Lovebird Yang Berisi Dan Tidak

Wisdom berkembangbiak di wilayah Midway Atoll yang memiliki dua pulau utama. Di sana terdapat 3 juta burung laut, termasuk juga sekitar 1,2 juta burung albatros telah bersarang di sana.

Perilaku Burung Wisdom

Sama halnya dengan burung albatros lainnya, burung wisdom selalu memiliki sebuah koloni besar dan pada umumnya mereka akan kembali ke tempat kelahirannya untuk kembali berkembang biak. Albatros biasanya akan mulai memasuki masa kawin pada saat memasuki usia lima tahun.

Wisdom sendiri telah terdata sejak 1956 oleh ahli biologi yang bernama Chandler Robbins. Ahli biologi ini kembali bertemu dengan Wisdom pada tahun 2002.

Dirinya juga melakukan pendataan ulang pada burung tertua di dunia ini. Sejak saat itulah, di setiap tahun selalu mengunjungi lokasi sarangnya yang ada di Midway Atoll.

Usia tua Wisdom memang cukup mengagumkan. Pada umumnya, burung albatros hanya bisa hidup sampai sekitar 50 tahun saja. Namun wisdom bisa mencapai umur 70 tahun. Mereka juga memiliki perilaku unik, yaitu hanya mempunyai satu pasangan saja. Selanjutnya, apabila pasangannya mati mereka akan berkabung dalam waktu yang cukup lama, yaitu selama dua tahun. Burung ini mampu bereproduksi hingga masa tuanya.

Keberadaan burung ini sebaiknya terus dijaga dan dilindungi. Akan tetapi, akibat ulah manusia juga berdampak pada populasi burung laut ini. Burung wisdom suka memangsa apa saja yang mengambang di atas air laut. Sehingga mereka sangat rentan memakan sampah plastik sudah banyak mencemari perairan laut yang ada di seluruh dunia.

Makanan Burung Wisdom

Burung tertua di dunia ini suka sekali memakan binatang laut seperti cumi-cumi, ikan, dan juga udang. Terkadang burung ini memakan hewan yang terdampar. Jika tidak ada hewan laut yang terdampar, maka mereka akan berburu di permukaan air, dan menyelam untuk mendapatkan mangsanya berupa hewan-hewan laut.