Mengenali Anakan Burung Murai Batu Yang Berkualitas Jawara

Cherewed.com – Bagi kalangan pencinta burung tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis burung yang satu ini. Murai Batu, burung ini merupakan salah satu jenis burung bersuara bagus yang cukup banyak dipelihara di Indonesia, tidak hanya dipelihara sebagai burung ocehan di rumah, tapi juga kerap kali diikutsertakan dalam ajang kontes burung kicau.

Anakan Murai Batu Yang Berkualitas

Bagi para pencinta burung, pastinya sudah tahu ciri bakalan Murai Batu yang berkualitas. Namun, bagi para pemula, memilih anakan Murai Batu yang baik tentunya menjadi hal yang sedikit membingungkan.

Untuk mengetahuinya, Anda harus memperhatikan terlebih dahulu ciri-ciri fisik maupun suara burung tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan burung Murai Batu yang memiliki kualitas bagus, terlebih lagi bagi Anda yang hobi pada kontes burung berkicau.

Untuk mengenali anakan Murai Batu yang berkualitas bagus, perhatikanlah ciri-cirinya sebagai berikut

Suara Atau Ketrekan

Anakan Murai Batu yang bagus dapat dilihat dari suara atau ketrekan-nya yang keras. Suara ketrekan “trek… trek… trek” pada burung Murai Batu akan diperdengarkan apabila ia merasa ada sesuatu yang mencurigakan.

Suara ketrekan yang bagus akan terdengar menyambung atau tanpa jeda yang lama. Potensi suara ini akan terus berkembang apabila Anda merawat burung tersebut  dengan baik.

Ukuran Dan Bentuk Fisik

Anakan Murai Batu yang bagus memiliki bentuk tubuh yang cukup besar serta panjang. Pada saat dewasa, burung yang memiliki ukuran tubuh besar akan terlihat lebih gagah ketika sedang berkicau. Hal ino tentunya dapat memengaruhi penilaian dan mental burung lain saat disertakan dalam kontes burung kicau.

BACA JUGA :  Mengenal Burung Gereja : Makanan, Menjinakan, Jenis Kelamin dan Perawatannya

Bentuk Kepala Burung

Kebanyakan burung Murai Batu memiliki bentuk kepala yang agak membulat. Tetapi untuk anakan yang bagus, bentuk kepala burung cenderung tidak membulat atau berkepala agak gepeng. Kepala yang agak gepeng pada burung Murai Batu akan menambah penilaian penampilan pada saat berkicau.

Bentuk Paruh Burung

Burung Murai Batu yang bagus umumnya memiliki paruh yang tidak terlalu tebal namun panjang. Murai Batu yang mempunyai paruh seperti ini akan membuat suaranya menjadi lebih keras, dan tajam.

Bentuk Bagian Leher

Pada umumnya Murai Batu yang bagus memiliki leher yang lebih panjang, hal tersebut akan membantu burung untuk mengeluarkan kicauan yang juga panjang. Selain membantu suara menjadi lebih panjang, leher panjang pada Murai Batu juga akan terlihat lebih gagah.

Ekor Bulu Sempurna

Pilihlah anakan Murai Batu dengan ekor yang panjang. Jangan memilih burung yang tercabut bulu ekornya pada waktu masih anakan, karena burung akan mengalami trauma dan kurang agresif saat berkicau.