Mengenal Jenis Burung Falk Atau Parkit Australia Beserta Harganya

Cherewed.com – Jenis burung falk atau biasa disebut dengan burung cockatiel, banyak juga yang menyebutkan dengan burung parkit Australia. Awal mulanya hanya mempunyai satu warna saja, yaitu abu-abu. Akan tetapi, setelah banyaknya persilangan yang terjadi membuat burung parkit Australia mempunyai banyak jenisnya. Menjadi salah satu jenis burung peliharaan yang berada di Indonesia.

Selain menjadi burung peliharaan, parkit Australia juga menjadi burung hias yang bisa diajak untuk bermain di luar kandang. Perlu Anda ketahui lagi bahwa banyaknya dari jenis burung parkit Australia bisa mempengaruhi harganya. Bahkan semakin indah pada warna bulunya maka akan semakin mahal pula harga dari burungnya. Untuk mengetahui lebih lanjutnya, Anda bisa membaca ulasan berikut ini.

Jenis Burung Falk Beserta Harga

Berdasarkan warnanya terbagi menjadi 6 kelompok, akan tetapi adanya kawin silang membuat burung falk terdapat kurang lebihnya 26 jenis. Berikut ini beberapa diantaranya.

Pied

Jenis burung yang satu ini mempunyai bulu dasar yang berwarna putih serta terdapat corak yang berwarna hitam pada sekitaran punggung. Untuk ciri khasnya sendiri terletak pada warna kuning, yang tidak dimiliki oleh burung falk lainnya. Mengenai harganya sendiri kurang lebihnya Rp 500 ribu-Rp 1 juta rupiah sesuai dengan usia burung serta corak warna dimiliki. Bisa juga sesuai dengan keahlian atau tingkat dari kejinakannya.

Pearl

Jenis burung falk selanjutnya mempunyai corak yang terdapat pada tubuhnya hampir mirip dengan bintik-bintik mutiara atau batik. Corak yang dimilikinya sama dengan corak burung parkit biasa. Harga dari jenis pearl ini kurang lebihnya Rp 6.000.000 untuk burung yang telah berusia 2 minggu sampai dengan 2 bulan. Kemudian untuk harga perpasangnya berkisar antara Rp 1.500.000 sampai dengan Rp 2.500.000. Perlu Anda ketahui, bahwa burung pearl jantan akan mempunyai corak yang memudar ketika usia semakin dewasa.

BACA JUGA :  Macam - Macam Ikan Hias Yang Hidup Di Air Tawar

Lutino

Dari banyaknya semua burung falk, jenis lutino lah yang banyak penggemarnya di Indonesia. Dengan warnanya yang putih bersih, pipi yang merona berwarna merah membuat burung tampak menggemaskan. Harganya berkisar antara Rp 500 ribuan sampai dengan jutaan rupiah.

Cinnamon

Jenis cinnamon mempunyai warna campuran antara putih dengan coklat atau abu-abu. Akan tetapi biasanya warna abu atau coklat lebih cenderung untuk jenis cinnamon murni. Namun pada warna turunannya biasanya akan tampak seperti gabungan dengan warna yang harmonis. Untuk harganya bisa dikatakan paling murah dibandingkan dengan jenis burung falk yang lainnya. Pasalnya satu ekor memiliki harga sekitar Rp 550 ribu sampai dengan Rp 1 juta.

White Face

Dilihat dari namanya sudah bisa Anda kenali. Bahwa jeni burung yang satu ini mempunyai warna putih pada wajahnya. Maka hal tersebut menjadi pembeda dengan burung falk lainnya yang namanya terdapat tompel warna merah pada bagian wajah. Akan tetapi dengan banyaknya persilangan dengan burung falk lainnya sampai dengan memiliki hasil warna baru. Umumnya harga dari white face dibanderol dengan harga Rp 500 ribu sampai dengan Rp 1 juta rupiah.

Falk Liar

Pada biasanya jenis yang satu ini lebih cenderung memiliki warna bulu abu-abu atau coklat. Kemudian pada jambul serta pipinya berwarna merah. Akan tetapi biasanya burung yang jantan mempunyai warna yang lebih menonjol dibandingkan dengan betina.