Mengenal Burung Punai Salung Dengan Ciri Khas Yang Unik

Cherewed.com – Burung punai adalah jenis burung yang masih memiliki kerabat dekat dengan burung merpati. Ada banyak jenis burung punai yang bisa kita jumpai. Salah satu jenisnya yaitu burung punai salung. Burung ini memiliki warna yang ada kemiripannya dengan punai yang lainnya.

Perbedaan Burung Punai Salung Jantan Dan Betina

Burung Punai salung (Treron oxyura) dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Sumatran Green Pigeon. Punai ini merupakan jenis burung dengan tubuh yang berukuran sedang. Nah, untuk burung jantan dan betina, punai salung ini memiliki karakteristik yang berbeda.

Seperti jenis burung lainnya, burung punai jantan dan betina memiliki beberapa perbedaan yang harus Anda tahu.

Burung punai salung jantan pada bagian atas tubuhnya bisa dilihat dengan ciri khasnya yang berwarna hijau gelap. Tak hanya itu, burung jantan juga  memiliki kalung yang berwarna biru abu-abu.

Sedangkan, untuk tubuh burung punai yang jantan pada bagian bawahnya berwarna hijau. Selanjutnya, pada bagian perut dan bagian dada burung ini berwarna kekuning-kuningan.

Perbedaan selanjutnya juga bisa dilihat dari warna pada bagian sayapnya. Sayap utama dari burung ini terlihat berwarna kehitaman. Punai salung juga memiliki ekor yang panjang dan lancip. Ekor burung punai jantan tampak berwarna abu-abu.

Sedangkan untuk ciri khas burung punai salung yang berjenis kelamin betina, bagian perutnya tidak terdapat warna kuning. Iris mata burung yang betina tampak berwarna hijau kebiruan. Sedangkan, untuk bagian paruhnya juga berwarna hijau biru.

Ciri khas dari punai salung yang betina yaitu pada bagian kakinya berwarna merah. Kemudian, untuk bulu penutup ekor bawah berwarna hijau bercoret.

BACA JUGA :  Makanan jalak kebo Biar Cepat Gacor, Aktif dan Juga Sehat

Burung yang masih berkerabat dekat dengan merpati ini memang memiliki warna yang cantik.

Habitat Dan Daerah Persebaran Punai Salung

Burung punai salung merupakan jenis burung endemik Pulau Jawa dan Sumatera. Di Pulau Jawa, burung yang didominasi dengan warna hijau ini hanya dapat ditemukan di daerah Jawa Barat saja, yaitu berada di sekitaran wilayah Gunung Papandayan.

Kemudian jika di Pulau Sumatera, burung yang cantik ini bisa Anda jumpai di kawasan bukit barisan. Biasanya burung ini terlihat ketika sedang bertengger di atas pepohonan bersama dengan kelompoknya. Terkadang burung ini juga terlihat saat sedang mencari makan.

Habitat burung punai salung yaitu berada di area hutan-hutan tropis dan subtropis yang tersebar  di dataran rendah. Burung ini suka hidup dalam kelompok yang berpindah-pindah tempat. Meskipun begitu, perpindahan kelompok burung ini pastinya juga tidak jauh dari hutan bukit yang rapat dengan ketinggian sekitar 350 sampai dengan 3000 m di atas permukaan laut.

Suara Punai Salung

Perlu Anda ketahui, jika suara burung punai ini terdengar berdentang dengan mengeluarkan jenis suara yang bervariasi.

Makanan Utama

Pakan utama dari berbagai jenis burung punai yaitu berupa biji-bijian. Biasanya burung punai mendapatkan biji-bijian ini berasal dari rerumputan yang ada di tanah. Selain itu, mereka juga suka makan berbagai macam jenis buah-buahan yang berasal dari pohon-pohonan yang mereka singgahi.

Tak hanya makan buah-buahan dan biji-bijian saja, burung punai juga suka memakan jenis makanan lainnya. Diantaranya seperti memakan beragam jenis serangga, kerang-kerangan, juga cacing. Bahkan burung ini juga mau makan daun, pucuk dan juga bunga-bungaan.

Burung punai salung juga banyak dipelihara oleh para pecinta burung kicauan. Suaranya yang mendentang dan bervariasi menjadikan burung ini banyak dipelihara untuk dijadikan sebagai masteran. Perawatan dan cara memeliharanya juga terbilang cukup mudah.