Mengenal Burung Ibis Sendok Roseate, Mirip Dengan Flamingo

Cherewed.com – Burung ibis terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya yaitu burung ibis sendok roseate (Platalea ajaja). Ciri fisiknya memang terlihat tak berbeda jauh dengan burung Flamingo. Akan tetapi, terdapat beberapa ciri yang membedakan jenis burung ini.

Ciri Khas Burung Ibis Sendok Roseate

Jenis burung ibis ini mempunyai kaki jenjang. Kemudian, bagian paruhnya terlihat panjang. Bagian tubuh burung ini bulunya berwarna merah muda dan terlihat sangat cantik. Tak heran jika ibis sendok roseate atau roseate spoonbill sering dikatakan mirip dengan burung flamingo.

Bulunya yang berwarna merah muda inilah yang menjadikannya terlihat berbeda dari spesies ibis lainnya. Kecantikan burung ini juga tidak kalah dengan burung flamingo.

Perbedaannya, pada ibis sendok roseate mempunyai paruh yang berbentuk pipih yang bentuknya menyerupai sendok.

Ukurannya juga terlihat lebih kecil, dengan tinggi kurang lebih sekitar 60 sampai dengan 80 sentimeter. Berat tubuh burung ini 1,2 sampai 1,8 kilogram. Sedangkan untuk rentang sayapnya bisa mencapai lebih dari 1 meter.

Habitat Burung Ibis Sendok

Habitat ibis sendok roseate biasanya suka tinggal di daerah dengan perairan dangkal. Baik itu di kawasan air tawar maupun air asin. Perairan dangkal bisa menjadikan burung-burung ini lebih mudah untuk mencari makan.

Menurut penelitian, mereka juga bisa dijumpai di daerah teluk, hutan bakau, sampai dengan daerah rawa-rawa di Amerika Utara, Tengah, sampai bagian Selatan.

Keunikan Ibis Sendok Roseate

Ada beberapa keunikan yang dimiliki jenis burung ibis ini. Mulai dari warnanya yang cerah hingga bentuk paruhnya yang unik. Ingin tahu lebih jelas tentang keunikan burung ini, berikut penjelasannya;

BACA JUGA :  Mengenal Burung Rangkong

Warna Bulunya Yang Cantik

Sama halnya dengan burung flamingo, warna cantik yang ada pada bulu tubuh burung ibis sendok roseate ini juga berasal dari makanan mereka. Sebab, burung-burung ini suka sekali makan hewan krustasea seperti udang serta kepiting.

Perlu Anda ketahui, jika hewan krustasea di dalamnya terdapat kandungan pigmen. Pigmen pada hewan ini bisa memberikan pada bulu-bulu ibis sendok roseate warna merah muda yang cantik dan cerah.

Meski warna bulunya tidak seterang dan sepekat burung flamingo, penampilan ibis sendok roseate tetap terlihat sangat menarik.

Paruhnya Unik Dan Sangat Sensitif

Dengan bentuk paruhnya yang unik, ibis sendok memiliki teknik mencari makan yang unik juga. Mereka akan memasukkan paruh uniknya yang berbentuk sendok ke dalam air.

Selanjutnya paruhnya akan disapukan ke kanan dan kiri untuk menangkap mangsa yang ada di dalam air. Lubang hidungnya terdapat di bagian atas paruh. Dengan begitu,  mereka bisa tetap bernafas ketika mencari makan.

Paruh burung ini juga diketahui sangat sensitif untuk mendeteksi getaran. Pada saat mangsa menyentuhnya, otomatis paruh burung ini akan tertutup dengan cepat. Paruhnya yang sensitif ini menjadikan mereka bisa mencari makan di air keruh meskipun ketika malam hari.

Mau Hidup Bersama Jenis Burung Lain

Ibis sendok roseate merupakan hewan yang mempunyai jiwa sosial. Mereka bahkan bisa hidup bersama spesies burung lainnya, seperti bangau dan juga kuntul.

Tak hanya mencari makan bersama-sama di habitatnya, burung ini juga bermigrasi bersama-sama. Bahkan mereka juga mau bersarang bersama dengan jenis burung lain.

Dengan hidup berkoloni seperti ini, maka burung ibis sendok roseate ini bisa terhindar dari ancaman predator yang kelaparan. Terkadang telur dan anak-anaknya juga diincar oleh hewan lain seperti rakun, koyote, dan juga burung pemangsa.