Jenis Kura-Kura Peliharaan Ini Bisa Jadi Hewan Kesayangan Anda

Cherewed.com – Banyak para pecinta binatang yang saat ini mencari jenis kura-kura peliharaan untuk menambah koleksi hewan di rumahnya. Tidak dipungkiri lagi, jika kura-kura merupakan salah satu hewan dengan struktur tubuh yang unik. Gaya jalannya yang sangat lambat juga menjadikan hewan peliharaan ini tampak lucu.

Memang ada beberapa spesies yang kura-kura yang dilindungi. Akan tetapi, ada juga jenis  kura-kura juga bisa Anda jadikan sebagai hewan peliharaan di rumah. Selain mudah dipelihara, kura-kura juga mudah dikembangbiakkan di kolam-kolam rumah Anda.

Jenis Kura-Kura Peliharaan Unik

Jika dilihat dari tempat hidupnya, kura-kura peliharaan dibedakan dari 2 jenis, yaitu kura-kura air tawar dan darat. Jenis kura-kura air tawar yang disebut dengan turtle ini memerlukan media air sebagai tempat hidupnya. Dengan begitu, umurnya bisa lebih lama.

Lalu, untuk jenis kura-kura darat atau tortoise merupakan jenis kura-kura yang lebih banyak menghabiskan hidupnya di area darat ataupun di tanah.  Untuk Anda yang ingin memelihara kura-kura, berikut ini jenis kura-kura peliharaan yang bisa Anda pilih.

Kura-Kura Brazil

Kura-kura Brazil atau Red Ear Slider Turtle merupakan jenis kura-kura cantik yang memiliki corak berwarna merah. Kura-kura dengan nama latin Trachemys scripta elegans ini merupakan kura-kura air tawar yang sudah banyak dipelihara.

Ukuran kura-kura Brazil ini tergolong sedang, karena biasanya paling besar hanya sepanjang 35 centimeter. Kura-kura Brazil ini dapat bertahan hidup lama, sebab masa hidupnya bisa 20 sampai 30 tahun jika dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Kura-Kura Sulcata

Habitat kura-kura ini saat berada di alam liar yaitu di ujung sebelah selatan dari Gurun Sahara, tepatnya pada bagian utara Afrika. Hewan ini termasuk spesies kura-kura terbesar yang ketiga di dunia.

BACA JUGA :  Mengenal Jenis Dari Burung Perkutut Hitam Lebih Dekat

Berat tubuh kura-kura ini bahkan bisa mencapai 105 kg, sedangkan panjang tubuh kura-kura ini bisa mencapai 83cm.

Usia kura-kura besar ini juga bisa lama, bahkan bisa berkisar 50 sampai dengan 150 tahun. Kura-kura ini suka berada di lingkungan yang berhawa panas. Nah, untuk memelihara hewan unik ini, perawatannya hampir sama dengan perawatan kura kura pada umumnya.

Kura-Kura Indian Star

Kura kura Indian Star termasuk salah satu jenis kura-kura yang asalnya dari wilayah India. Jenis kura-kura ini cocok sekali untuk dipelihara para pemula. Harga di pasarannya juga terbilang cukup murah.

Jenis kura-kura ini suka hidup pada daerah berhawa panas. Ketika Anda memutuskan untuk memelihara jenis hewan ini, maka tidak boleh lupa untuk menyiapkan air minum.

Selain itu, perawatan kura-kura ini juga perlu dilakukan dengan melakukan penjemuran. Jemurlah paling tidak seminggu 2 kali. Tujuannya supaya kesehatan kura kura ini selalu terjaga. Kemudian, untuk waktu yang terbaik penjemurannya yaitu mulai dari jam 8 sampai dengan jam 10 pagi.

Pakan yang bisa Anda berikan untuk kura kura Indian Star ini diantaranya seperti bunga kembang sepatu, selada, daun kembang sepatu, okra, dan sesekali juga bisa diberikan buah.

Kura-Kura Pipi Putih

Kura-kura pipi putih (Siebenrockiella crassicollis) termasuk salah satu jenis Kura-kura air tawar. Nah, untuk kura-kura ini juga banyak dikenal dengan nama Black Mud Terrapin, Malaysian Black Mud Turtle, atau Smiling Terrapin.

Ciri khas dari kura-kura pipi putih yaitu terlihat warnanya dengan cukup jelas, yaitu corak yang berwarna putih tepat di bagian sisi kepalanya. Untuk rahang kura-kura ini juga melengkung seperti senyuman. Inilah yang menjadi daya tarik kura-kura pipi putih ini.