Fakta Menarik Burung Sarus, Spesies Bangau Tertinggi Di Dunia

Cherewed.com – Bangau adalah salah satu jenis burung yang memiliki ciri khas dengan kaki dan leher yang panjang. Tampilan burung ini juga tampak elegan dengan tubuh tinggi serta bagian sayap yang lebar. Salah satu jenis burung bangau tertinggi yaitu burung sarus. Banyak sekali fakta menarik burung sarus yang perlu Anda ketahui.

Berbagai Fakta Menarik Burung Sarus

Bangau memang semuanya memiliki leher panjang dan kaki tinggi. Akan tetapi, bangau sarus ini tingginya berbeda dengan bangau pada umumnya. Untuk lebih jelasnya, simak berbagai macam fakta menarik burung sarus ini.

1. Spesies Bangau Tertinggi Di Dunia

Seperti yang telah kita tahu, bahwa burung bangau ukurannya besar dan tinggi. Nah, bangau sarus ini bisa tumbuh hingga setinggi manusia dewasa.

Lebih menakjubkan lagi, bangau yang elegan dan anggun ini bisa tumbuh mencapai tinggi 1,8 meter. Kemudian, berat burung sarus ini sekitar 6,8 sampai 7,8 kilogram. Lebar rentang sayapnya bahkan bisa mencapai 220 sampai dengan 250 sentimeter.

2.Habitatnya Berada Di Lahan Pertanian

Burung sarus juga banyak yang tinggal di area pertanian yang luas. Bahkan habitat burung ini banyak yang menghuni sawah yang ditanami padi.

Sebab, di area persawahan ini terdapat banyak sumber makanan. Meskipun demikian, mereka tetap bisa beradaptasi tinggal di habitat yang kondisinya lebih kering.

3. Memiliki Ritual Kawin Yang Unik

Seperti spesies bangau pada umumnya, bangau sarus juga dikenal mempunyai kemampuan berdansa. Fakta menarik burung sarus yaitu saat melakukan ritual kawin, mereka akan menari dan berdansa untuk memikat lawan jenisnya.

BACA JUGA :  Tips Memaksimalkan Penampilan Burung Cendet di Lapangan

Kemampuan dansa ini tidak hanya dilakukan oleh burung dewasa menjelang kawin saja. Akan tetapi, bangau sarus yang masih muda pun juga bisa berdansa untuk melatih kemampuan motorik mereka.

4. Termasuk Spesies Bangau Teritorial

Bangau sarus juga dinilai sebagai spesies bangau teritorial. Pada saat mereka sedang bersarang, burung-burung ini akan protektif sekali terhadap wilayahnya. Bahkan, burung sarus ini juga bisa menjadi sangat agresif kepada para pengganggunya.

Untuk bangau sarus yang berusia anak-anak dan belum memiliki pasangan, biasanya mereka akan bergerombol dan membentuk satu kelompok yang besar.

Ketika musim kawin belum tiba, atau saat musim kawin berakhir, maka semua bangau sarus ini akan berkelompok di tempat yang sama dalam jumlah yang besar. Mereka akan istirahat dan mencari makan secara bersama-sama.

5. Menghasilkan Telur Yang Berwarna Sangat Terang

Fakta menarik burung sarus selanjutnya yaitu bisa dilihat pada telur yang dihasilkannya. Warna telur yang dihasilkan oleh bangau sarus ini sangat putih cerah dan terlihat tidak biasa.

Perkembangbiakan jenis burung bangau ini memang berada di wilayah tropis dan subtropis. Selain itu temperatur di wilayah tersebut bisa meningkat drastis. Sedangkan, jika terus menerus terkena paparan sinar matahari, maka keselamatan embrio bisa terancam.

Maka dari itu, kulit telur bangau sarus sudah menyesuaikan dengan lingkungannya dan berubah menjadi warna putih. Nah, warna putih pada cangkang telur ini bermanfaat untuk memantulkan panas dari sinar matahari. Meski demikian, indukan bangau sarus tetap selalu melindungi telur-telurnya dari paparan sinar matahari langsung.

Daerah Persebaran Burung Bangau Sarus

Bangau sarus dulunya banyak tersebar di Asia Tenggara. Akan tetapi, sekarang ini hanya bisa dijumpai di kawasan Vietnam, Kamboja, dan juga Myanmar. Tak hanya itu saja, burung ini juga ada yang tinggal di bagian utara India dan Australia.

BACA JUGA :  9 Cara Ampuh Menggacorkan Burung Pleci Lombok Yang Tentunya Sudah Terbukti

Populasi Bangau Sarus

Populasi bangau sarus ini semakin menurun. Salah satu penyebabnya yaitu berkurangnya wilayah habitat asli mereka. Terkadang banyak juga orang yang memburu burung ini untuk dikonsumsi.

Fakta menarik burung sarus yang paling banyak diketahui yaitu spesies ini mendapatkan julukan sebagai burung tertinggi di dunia. Nah, seharusnya masyarakat tidak melakukan perburuan liar terhadap burung ini. Seharusnya burung ini dijaga kelestariannya agar tidak punah.