Ciri Burung Jalak Hongkong Yang Unik

Cherewed.com – Jalak Thailand atau jalak Hongkong mempunyai ukuran badan yang lebih panjang dan besar daripada tipe jalak lokal. Misalnya saja jalak Bali, jalak suren, atau jalak putih. Ciri jalak Hongkong mempunyai suara dan volume yang cocok untuk dijadikan sebagai burung masteran isian untuk burung Murai Batu.

Pahami Ciri Burung Jalak Hongkong

Adapun ciri dari Jalak Hongkong adalah sebagai berikut:

1. Ciri Fisik

Jalak Hongkong mempunyai tubuh dengan ukuran lebih besar dari jenis jalak lain dan warna bulunya hitam putih. Dimana putih bersih pada bagian kepala, hitam pekat di leher.

Mulai dada hingga ekor berwarna putih dan sayapnya kombinasi corak putih dan hitam. Lalu pada bagian mata jalak Hongkong berwarna kuning.

Untuk pejantan lebih tegap daripada betina dan kepalanya ngejambul. Sementara untuk ciri burung jalak Hongkong betina pada kepala bulat biasa.

Kelebihan lain dari Jalak Hongkong ini lebih pintar daripada jenis jalak lainnya. Untuk memberdayakan tipe kelamin pada jalak anakan, cukup memprediksi panjang fisik dan besaran kepala saja.

Kemudian dari kicauan, antara jantan dan betina sama-sama dapat berkicau. Namun untuk jalak Hongkong jantan lebih bervariasi, rajin, dan mudah masuk isian. Hal tersebut terjadi untuk jalak Thailand yang sudah masuk dewasa. Sedangkan betinanya berkicau monoton dengan suara asli burung jalak.

Daya tarik dari jalak Hongkong ini pada kekuatan suaranya menirukan kicauan burung lain. Bahkan termasuk peniru kelas tinggi dan kicauannya lebih baik dari kicauan burung aslinya.

BACA JUGA :  Mengenal Burung Gereja : Makanan, Menjinakan, Jenis Kelamin dan Perawatannya

Ciri dari tipe kicauan burung jalak Hongkong ini besar, tajam, dan keras. Jika rajin melatihnya, maka dapat mengoceh menirukan berbagai macam burung lain. Misalnya saja kenari, prenjak, robin, ciblek, Murai Batu, serta jenis burung lain yang memiliki vokal serupa dan suara keras.

Setidaknya burung ini dapat menirukan kurang lebih 5-7 tipe suara dari burung lainnya. Sehingga tidak heran bila banyak burung jalak yang dipertunjukkan dalam kontes.

2. Habitat Dan Karakteristik Jalak Hongkong

Ciri burung jalak Hongkong adalah bersifat menguasai teritorialnya sendiri. Sehingga karakter fighter begitu melekat saat bertemu musuhnya. Entah itu di dalam perawatan maupun di alam bebas.

Di sisi lain burung ini pada dasarnya pemberani, dengan manusia tidak takut sehingga mudah menjinakkannya. Jenis burung ini masih satu gen dengan sturnus (sturnus nigricollis), mudah berkicau. Apalagi jika Anda tepat dalam merawatnya, maka akan mudah sekali digacorkan.

Tips Merawat Jalak Hongkong Sehari-Hari

Seperti pada jenis burung jalak umumnya, jalak Hongkong mudah dalam perawatan setiap harinya. Pakan yang disukai adalah serangga dan habitat aslinya adalah tinggal di lingkungan yang gersang dan panas.

Dengan demikian, Anda secara rutin harus menjemur setiap hari dengan durasi cukup lama, yakni 2-3 jam. Memandikan burung jalak ini cukup 2 kali dalam seminggu.

Sebelum melakukan penjemuran, Anda bisa memberi makan jangkrik terlebih dahulu di waktu pagi. Porsinya 5 ekor saja dan 5 ekor lagi pada sore hari. Selain jangkrik, Anda dapat memberikan kroto segar 2-3 kali dalam seminggu. Tempatkan kroto di wadah cepuk pagi dan sore hari.

Kemudian kerodong dan letakkan di tempat nyaman dan aman pada malam hari. Anda dapat memasteri burung ini pada malam hari.

BACA JUGA :  Tips Atau Cara Menurunkan Birahi Lovebird Supaya Stabil

Perlu Anda ketahui, makanan dan minuman akan sangat berpengaruh pada kualitas jalak Hongkong. Jadi, ciri burung jalak Hongkong berkualitas dipengaruhi oleh perawatannya.