Cara Memelihara Tupai Kelapa Agar Bisa Cepat Jinak

Cherewed.com – Saat ini banyak pecinta hewan yang memelihara hewan yang liar. Salah satu hewan liar yang banyak dipelihara yaitu tupai kelapa atau banyak disebut dengan bajing. Tupai merupakan jenis hewan pengerat di Indonesia terdapat berbagai macam jenis. Cara memelihara tupai kelapa ini sebenarnya mudah, yang terpenting Anda bisa telaten dalam melakukan rangkaian perawatannya.

Di Indonesia bajing sering dianggap sebagai hama, sebab sering memakan buah-buahan yang ada di kebun warga. Banyak orang yang membunuh dan menangkap hewan yang lucu ini. Meskipun suka memakan buah di kebun, namun menangkap dan membunuh hewan ini tidaklah dibenarkan.

Cara Memelihara Tupai Kelapa Sampai Jinak

Bajing kelapa bisa Anda jadikan sebagai hewan peliharaan yang sangat menggemaskan. Hewan yang pandai melompat dengan lincah ini memang memiliki daya tarik tersendiri untuk Anda pelihara. Tupai kelapa ini bukan merupakan jenis hewan yang dilindungi, jadi bisa Anda pelihara.

Meskipun tupai merupakan hewan yang sangat liar dan banyak hidup di pepohonan, namun hewan ini bisa menjadi jinak. Beginilah cara memelihara tupai kelapa supaya bisa menjadi jinak terhadap pemiliknya.

Memotong Gigi Tupai

Hal yang harus Anda lakukan ketika memelihara tupai kelapa yaitu membuatnya jinak dengan cara memotong giginya. Tupai kelapa yang liar pastinya akan sangat galak dan suka menggigit. Bahkan gigitan tupai ini sangat kuat dan bisa melukai manusia yang ada di dekatnya. Jadi, memotong giginya adalah cara terbaik.

Untuk memotong gigi tupai ini Anda bisa meminta bantuan dokter hewan. Tujuannya agar pemotongan gigi bisa dilakukan dengan cara yang tepat.

BACA JUGA :  Cara Memelihara Ferret, Hewan Predator Kuat Yang Bisa Jinak

Memandikan Tupai

Tupai juga perlu dimandikan ketika Anda memeliharanya di rumah. Akan tetapi, ketika akan memandikannya sebaiknya ketahui dulu keadaan tupai Anda. Jika tupai murung atau banyak diam, berarti dia belum bisa beradaptasi dengan kandang dan lingkungan baru.Nah, jika keadaan demikian jangan memandikannya terlebih dulu.

Namun, jika tupai Anda sudah tampak gesit dan mengitari kandangnya, maka tandanya jika tupai Anda sudah siap untuk dimandikan.

Cara memandikan tupai sangat mudah untuk Anda lakukan, cukup dengan memegangnya dan menyiramnya secara hati-hati. Namun jangan terlalu sering memandikannya.

Setelah memandikannya, jangan lupa untuk segera mengeringkannya. Lakukan penjemuran saat pagi hari agar tupai peliharaan Anda bisa menjadi lebih sehat.

Memberikan Jenis Makanan Yang Tepat

Cara memelihara tupai kelapa agar bisa jinak tentunya dengan cara memberikannya makanan. Biasanya ketika merasa lapar tupai akan terlihat gelisah dan memutari kandang. Nah, ini kesempatan untuk Anda melakukan pendekatan dengan memberikannya makanan.

Jenis makanan terbaik untuk tupai diantaranya berupa buah-buahan seperti jeruk, apel, pir, dan juga kacang. Sama halnya dengan sugar glider, tupai juga suka dengan buah-buahan yang memiliki rasa manis.

Ketika memberi makan pada tupai, sebaiknya lakukan dengan menggunakan tangan. Tujuannya agar tupai bisa mengenali bau badan pemilik yang merawatnya setiap hari.

Salah satu jenis buah yang baik untuk melancarkan kencing tupai yaitu buah pir. Apabila tupai Anda sudah mau kencing di kandang, berarti hewan ini sudah mau mengakui jika kandang tersebut sebagai rumahnya. Jangan lupa untuk selalu membersihkan kotoran dan sisa makanannya.

Ajak Bermain Bersama

Apabila tupai peliharaan Anda sudah jinak, jangan lupa mengajaknya untuk bermain dengan anda. Tupai memiliki perilaku yang lucu dan menggemaskan. Memelihara hewan ini juga bisa menghilangkan stress.

BACA JUGA :  Mengenal Jenis Kelinci Hias Paling Menggemaskan Untuk Dipelihara

Namun, agar tupai Anda bisa sehat, jinak, dan aktif, cara memelihara tupai kelapa ini harus Anda lakukan dengan baik dan benar. Berikan perawatan yang terbaik di setiap harinya.