Cara Membedakan Burung Selendang Biru Jantan dan Betina

Cherewed.com – Burung selendang biru adalah burung kicau yang masuk dalam keluarga Muscicapidae. Burung ini mempunyai habitat asli di beberapa wilayah di Asia seperti Cina Selatan, Semenanjung Malaya, dan Asia Tenggara.

Untuk di Indonesia sendiri burung selendang biru tersebar diwilayah Sumatera, Kalimantan dan Jawa. Selain selendang biru, burung ini memiliki sebutan lain yaitu sikatan biru muda atau tledekan selendang biru.

Sebagai burung kicau, burung selendangn biru sangat digemari dan cukup populer karena memiliki kicauan khas yang merdu serta nyaring. Ciri kicauan dari burung selendang biru adalah berkicau dengan suara yang tidak terlalu tinggi yang berbunyi secara beraturan mulai dari menaikkan nada hingga menurunkannya secara perlahan.

Setelah nada turun kemudian ia akan menaikkannya lagi dan begitu seterusnya sampai ia memutuskan berhenti. Burung yang punya nama ilmiah Cyornis Unicolor  ini adalah tipe burung yang pemalu. Hal ini terlihat dari sifatnya yang kerap bersembunyi. Ia lebih senang memperdengarkan suaranya daripada menunjukkan wujudnya.

Selain suaranya, keunikan dari burung selendang biru adalah dari warna bulunya. Sesuai namanya burung ini memiliki warna bulu dominan biru. Itu membuatnya sangat cantik dan berbeda dari burung-burung yang lain.

Kecantikannya ini juga berpengaruh terhadap harganya di pasaran. Untuk satu burung selendang biru dihargai ratusan ribu. Bahkan untuk burung selendang biru yang sudah berprestasi bisa punya banderol hingga 1 juta rupiah. Karena kepopulerannya inilah akhirnya banyak yang memburunya untuk dijadikan peliharaan atau juga dibudidayakan.

BACA JUGA :  Mengenal 4 Spesies Burung Sanma Dan Ciri Fisiknya Lengkap

Cara Membedakan Burung Selendang Biru Jantan dan Betina

Seperti banyak hewan pada umumnya, burung selendang biru memiliki beberapa perbedaan antara jantan dan si betina. Ini penting untuk diketahui apalagi untuk yang ingin memelihara atau juga membudidayakan burung yang satu ini.

Ada beberapa cara untuk membedakan jenis kelami dari burung selendang biru. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Postur Tubuh

Cara pertama untuk membedakan jenis kelamin dari burung selendang biru adalah dengan melihat pada bentuk fisiknya secara keseluruhan. Cara ini biasa juga dipakain untuk membedakan jenis kelamin burung-burung yang lain.

Burung selendang biru jantan akan memiliki postur tubuh yang lebih besar dari burung selendang biru betina. Jika dilihat selendang biru jantan akan punya posisi berdiri lebih tegap dan gagah, lekuk tubuhnya pun juga lebih ramping.

Sementara burung selendang biru betina terlihat lebih bulat dan pendek. Cara membedakan ini tentunya harus pada yang punya umur sama.

2. Kepala Burung Selendang Biru

Meski memiliki ukuran lebih besar dari betina tapi ternyata untuk ukuran kepala, burung selendang biru jantan akan memiliki ukuran kepala yang lebih kecil dibandingkan burung selendang biru betina.

Ini merupakan ciri yang unik dari burung selendang biru dan membedakannya dengan jenis-jenis burung kicau lainnya.

Cara ini sangat mudah untuk dilakukan karena ciri-cirinya akan terlihat jelas secara kasat mata.

3. Warna Bulu

Cara yang ketiga ini bisa dibilang paling banyak dijadikan patokan dalam membedakan jenis kelamin burung selendang biru oleh para penghobi.

Pasalnya antara burung selendang biru jantan dan betina memiliki perbedaan warna bulu yang cukup kentara.

Burun selendang biru jantan memiliki buu berwarna biru yang meilntang dari kepala, punggung hingga ekor.

BACA JUGA :  Ciri Khas Burung Kedidi Leher Merah (Calidris Ruficollis)

Sementara untuk burung selendang biru betina warna bulu yang melintang tersebut adalah bewarna coklat gelap dan agak kurang menarik.

4. Bentuk Paruh

Untuk burung selendang biru berkelamin jantan memiliki bentuk paruh yang panjang dan lancip. Selain itu paruh tersebut juga terlihat lebih kuat.

Sedangkan untuk betina paruhnya lebih pendek dan tidak terlalu tajam pada bagian ujungnya. Untuk jantan dan betina warna paruhnya sama yaitu warna hitam sedikit kebiruan.

5. Warna Bulu di Bagian Dagu

Ada juga perbedaan warna bulu pada dagu burung selendang biru jantan dan betina.

Untuk burung kelamin jantan memiliki warna oranye namun sedikit gelap, sedangkan jenis betina warna bulu pada bagian dagu tersebut memiliki warna oranye yang cerah.

6. Perbedaan Pada Kicau

Burung selendang biru jantan memiliki kicau yang lebih nyaring dan indah. Selain itu jenis jantan juga bisa berkicau dengan durasi yang lebih panjang.

Hal ini sangat berbeda dengan burung selendang biru betina yang suaranya tidak begitu kencang.

Untuk bisa membedakan dengan cara ini perlu kebiasan yang dilakukan berulang-ulang sehingga tidak akan langsung bisa ketika baru pertama mendengar.

7. Warna Bulu Bagian Perut

Cara yang terakhir ini juga cukup mudah untuk dilakukan. Perhatikan pada bagian perut burung selendang biru karena pada jantan dan betina memiliki sedikit perbedaan.

Untuk burung kelamin jantan warna bulu pada bagian perutnya adalah putih keabu-abuan, sedangkan untuk burung betina memiliki warna bulu diperut putih kecoklatan. Selain itu pada betina kerap kali juga ada sedikit motif pada warna bulu di perutnya, berbeda dengan jantan yang selalu polos.