Burung Langka Di Indonesia Yang Terancam Punah

Cherewed.com – Sebagai negara dengan habitat hutan hujan tropis terbesar di dunia, Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam dan hayati. Jenis flora dan fauna eksotik bisa dijumpai di seluruh penjuru negeri ini. Sayangnya hal ini tidak dipahami oleh bangsa Indonesia. Penghargaan terhadap kekayaan alam ini masih sangat kurang.

Indonesia memiliki banyak jenis burung langka yang bahkan ada yang sudah dinyatakan punah oleh beberapa ahli burung (ornitologist). Hal ini terjadi karena tingkat kerusakan hutan yang kian pesat ditambah adanya penangkapan burung besar-besaran untuk diperdagangkan. Dari 1.598 lebih jenis burung di Indonesia, 121 jenis diantaranya sudah terancam punah.

Jenis burung langka tersebut bervariasi. Mulai dari jenis burung air, burung madu, hingga pemakan buah. Berikut ini beberapa di antara jenis burung langka Indonesia yang terancam punah.

Burung Kuau Raja

Burung ini tinggal di area hutan primer yang masih sangat alami. Burung jenis ini jarang ditemukan di area hutan yang terganggu. Burung ini dapat ditemukan di semenanjung Malaysia, Kalimantan, dan Sumatra. Kerusakan hutan dan perdagangan tanpa pengaturan menjadi sebab kelangkaan jenis burung ini.

Mentok Rimba

Mentok rimba adalah jenis burung dari keluarga bebek. Tubuhnya terlihat mirip sekali dengan entok yang kerap dipelihara masyarakat. Namun, mentok rimba bisa terbang dan hanya bisa hidup pada lingkungan yang masih alami. Di Indonesia, diperkirakan jumlahnya hanya tinggal sekitar 150 ekor saja. Burung ini hidup di Pulau Sumatra khususnya di Taman Nasional Way Kambas, Lampung.

BACA JUGA :  Daftar Harga Burung Sikatan Londo Update Terbaru

Burung Kehicap Boano

Burung ini adalah burung endemis di pulau Buano, Maluku, tidak ditemukan di tempat lain. Saat ini jumlahnya diperkirakan hanya tinggal sekitar 200-an ekor saja. Sayangnya, burung kehicap boano belum dimasukkan ke dalam daftar jenis burung yang dilindungi.

Elang Jawa

Burung yang identik dengan lambang negara Indonesia ini merupakan hewan yang dilindungi karena terancam punah. Burung endemis di pulau Jawa ini mengalami kelangkaan karena habitatnya makin terbatas.

Burung Gagak Banggai

Burung dari keluarga burung gagak ini sudah sangat terancam punah. Sebelumnya, bahkan burung Gagak Banggai sudah sempat dinyatakan punah, namun kemudian spesies ini ditemukan di Pulau Peleng, Sulawesi Tengah.

Masih banyak jenis burung langka lain yang statusnya kritis atau terancam punah. Tanpa adanya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan serta satwa liar, ribuan jenis burung yang eksotik ini tidak akan mampu bertahan. Semoga dengan informasi ini, burung langka di Indonesia yang terancam punah bisa kita lindungi bersama.