Burung Jacana Afrika, Sering Sembunyikan Anaknya Di Balik Sayap

Cherewed.com – Burung Jacana Afrika adalah jenis burung yang suka hidup di daerah yang cenderung basah dan lembab. Jacana mempunyai kaki yang besar dan cakar yang bisa digunakan untuk berjalan di atas lumpur atau daerah yang banyak tergenang air.

Ciri Khas Dan Keunikan Burung Jacana Afrika

Burung Jacana memiliki tubuh yang berwarna coklat gelap. Bagian kepalanya berwarna hitam sampai bagian leher. Kemudian, di bagian dahinya terdapat tanda berwarna kuning.

Pada saat Jacana membentangkan sayapnya, akan tampak warna kuning dari sayap bagian dalam. Ukuran Jacana yaitu sekitar 25 cm sampai 50 cm dengan ukuran tubuh betina dua kali lebih besar jika dibandingkan Jacana jantan.

Banyak keunikan yang dimiliki orang burung Jacana yang berbeda dengan jenis burung yang lainnya. Diantaranya adalah seperti berikut.

Burung Betina Memiliki Pasangan Lebih Dari Satu

Burung Jacana juga memiliki pola breeding polyandrous. Jadi, satu betina akan berpasangan dengan beberapa jantan. Jacana betina nantinya akan mengontrol ikatannya dengan pejantan lewat kopulasi dan selanjutnya akan menghasilkan keturunan. Kemudian, sang betina tersebut akan pergi mencari pejantan yang baru lagi.

Dapat Berjalan Di Atas Daun Di Permukaan Air

Burung Jacana Afrika ini merupakan salah satu dari keluarga Jacanidae, yang mana telah tersebar di berbagai wilayah bumi. Sesuai dengan nama yang dimilikinya, Burung Jacana Afrika bisa dijumpai di Afrika yang terdapat di bagian sub-sahara.

Burung ini memiliki tampilan yang sangat mencolok dengan bagian kakinya yang panjang. Ukuran kaki burung ini biasanya mencapai tujuh sentimeter dengan jari kaki yang juga panjang.

BACA JUGA :  Manfaat Minyak Ikan Untuk Burung Lovebird

Kakinya yang panjang dengan jari-jarinya yang terbuka lebar bisa menjadikan burung Jacana mampu berjalan di atas dedaunan di atas air.

Sering Membawa Anaknya Di Balik Sayap

Tak hanya mampu berjalan di atas permukaan daun yang ada di atas air saja, Burung Jacana Afrika juga memiliki kebiasaan unik lain lainnya.

Induk jantan burung ini ternyata suka membawa serta menggendong dan menyembunyikan  anak-anaknya di balik sayap.

Ketika menggendong anak-anaknya, tubuh anak-anak akan disembunyikan di balik sayap induknya. Namun, bagian kaki anaknya akan terlihat menggantung di luar sayap induk. Dengan demikian, burung terkadang terlihat seperti memiliki lebih dari dua kaki.

Padahal kaki tambahan tersebut adalah kaki milik anak-anaknya. Perilaku ini ditujukan untuk menjaga anak-anaknya dari serangan berbagai macam predator. Selain itu, jenis burung yang hidup di rawa ini juga mampu menyelam untuk menyelamatkan diri dari predator.

Induk Jantan Akan Mengasuh Anak-Anak

Sebagian besar hewan, anak-anak akan diasuh oleh indukan betina. Ketika mengerami telurnya, induk betina akan selalu menjaga anaknya. Sedangkan, untuk induk jantan akan pergi untuk mencari makan. Akan tetapi, hal ini akan berbeda dengan Burung Jacana Afrika

Anak-anak burung Jacana akan diasuh oleh induk jantan, bahkan induk jantan juga akan menjaga anak-anaknya sejak masih ada di dalam telur.

Nah, untuk indukan yang betina setelah bertelur akan segera pergi untuk mencari pasangan lainnya atau untuk mencari makanan. Saat itu juga indukan jantan akan menjaga, mengasuh, dan memberi makan anak-anaknya.

Tak hanya pergi untuk mencari pasangan dan mencari makan, terkadang induk betina juga akan pergi untuk menjaga wilayah teritorial mereka. Burung betina memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan burung yang jantan.

BACA JUGA :  4 Tips Dan Cara Meningkatkan Volume Burung Cucak Ijo Paling Akurat

Burung Jacana Afrika jantan ini memang memiliki tanggung jawab yang luar biasa dalam mengasuh dan menjaga anak-anaknya hingga tumbuh besar dan mandiri.