Tips Perawatan Cendet Dorong Ekor Saat Selesai Mabung

Cherewed.com – Mabung adalah proses alami yang dialami oleh setiap burung. Proses pergantian bulu ini akan berdampak pada menurunnya performa yang dimiliki oleh burung. Burung Cendet juga akan mengalami proses mabung.

Kemudian, setelah selesai mabung biasanya Cendet akan mengalami fase dorong ekor. Di fase ini, Anda harus melakukan beberapa tips perawatan Cendet dorong ekor yang benar.

Tips Perawatan Cendet Dorong Ekor

Dorong ekor adalah proses tumbuhnya kembali bulu-bulu pada tubuh burung Cendet saat sudah selesai fase mabungnya. Nah, ketika fase ini sangat dibutuhkan perawatan yang baik dan benar.

Tujuannya agar ekor burung Cendet ini bisa kembali tumbuh seperti semula. Bahkan pertumbuhan ekornya ini diharapkan bisa menjadi lebih bagus lagi.

Agar pertumbuhan bulu-bulu burung Cendet ini bisa normal dan lebih bagus, maka Anda harus menerapkan tips perawatan Cendet dorong ekor yang baik dan benar.

1. Rajin Membersihkan Kandangnya

Tips perawatan Cendet dorong ekor yang pertama yaitu bisa dilakukan dengan rutin membersihkan kandangnya. Cara ini sama halnya dengan perawatan burung Kenari dorong ekor.

Kandang Cendet harus rutin dilakukan pembersihan agar burung Cendet terbebas dari kuman maupun bakteri. Kuman dan bakteri bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang bisa menjadikan proses dorong ekor menjadi terhambat.

2. Berikan Vitamin Penumbuh Bulu

Pada saat burung Cendet dorong ekor, maka jangan lupa untuk memberikannya vitamin yang bernutrisi juga bergizi tinggi. Kebutuhan vitamin ini sangat diperlukan untuk kesehatan burung. Anda bisa membeli jenis vitamin penumbuh bulu burung.

BACA JUGA :  Suhu Inkubator untuk Anakan Lovebird Supaya Agar Hidup Sehat

3. Hindari Kerodong Cendet Terlalu Rapat

Menerapkan terapi full kerodong Cendet selama masa mabung memang termasuk cara yang tepat. Akan tetapi, ketika sudah habis masa mabung dan berganti Cendet dorong ekor, sebaiknya Anda jangan menutup rapat sangkar dengan kerodong. Ini penting sekali dilakukan.

Anda bisa mencoba membuka setengah kerodong sangkar Cendet dalam waktu 30 hingga 50 menit. Tujuannya agar Cendet peliharaan Anda bisa memperoleh udara segar dari luar.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan temperatur dan juga penerangan pada saat di malam hari. Jadi, Cendet peliharaan Anda bisa menyelesaikan masa dorong ekornya.

4. Berikan Pakan Yang Berkualitas

Jenis pakan merupakan hal yang sangat mempengaruhi cepat atau lambatnya proses dorong ekor. Maka dari itu, jangan lupa untuk memberikan Cendet voer berkualitas. Dengan demikian, proses dorong ekor dapat berjalan dengan cepat dan maksimal hasilnya.

5. Memaster Isian Cendet

Tips perawatan Cendet dorong ekor yang selanjutnya yaitu bisa dilakukan dengan memaster isian secara rutin. Seperti jenis burung kicauan lainnya, pada saat dalam fase mabung, burung Cendet akan jarang mengeluarkan bunyi. Bahkan burung terkadang tidak mau berkicau sama sekali.

Maka dari itu, pada saat masa dorong ekor seperti ini bisa menjadi waktu paling tepat untuk memberikan pelatihan dan memaster isian Cendet. Tujuannya agar burung Cendet nantinya bisa memiliki kicauan yang lebih berkualitas dan bervariasi.

Anda bisa memaster burung Cendet dengan suara-suara jenis burung kicauan lain yang berkualitas. Seperti suara burung Kacer, Murai batu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Burung Cendet merupakan jenis burung yang bisa menirukan suara-suara. Jadi, memasternya saat masa dorong ekor ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

BACA JUGA :  Daftar Harga Burung Poksay Terbaru

Dengan menerapkan tips perawatan Cendet dorong ekor dengan baik dan benar, maka pertumbuhan bulu Cendet bisa menjadi lebih baik dan lebih cepat. Akan tetapi, diperlukan kesabaran dan ketelatenan dalam merawat burung Cendet di masa-masa ini.