Perawatan Harian Burung Tuwu Agar Bisa Gacor

Cherewed.com – Burung Tuwu (Eudynamys Scolopacea) merupakan salah satu jenis burung yang berasal dari dari keluarga cuculidae. Banyak pecinta burung kicauan yang memelihara jenis burung ini di rumahnya. Perawatan harian burung Tuwu juga mudah dilakukan oleh pemeliharanya.

Burung Tuwu termasuk salah satu jenis spesies burung pemakan serangga serta pemakan buah-buahan. Maka dari itu, pada saat memutuskan untuk memeliharanya, Anda harus bisa menyesuaikan jenis pakannya. Jika pemberian makannya tepat, burung bisa sehat dan mengeluarkan kicauan yang berkualitas.

Perawatan Harian Burung Tuwu Yang Wajib Anda Tahu

Burung Tuwu bisa memiliki kicauan yang merdu jika dipelihara dan dirawat dengan sebaik mungkin.Setiap harinya Anda perlu memberikan perawatan yang terbaik dan teliti.

Untuk itu, sebelum memutuskan untuk memeliharanya, ketahui berbagai macam perawatan harian burung Tuwu yang baik dan benar.

1. Pemandian Di Pagi Hari

Sama halnya dengan perawatan burung kicauan lainnya. Ketika memelihara burung Tuwu, sebaiknya Anda juga rajin memandikannya. Anda bisa memandikan burung ini setiap pagi hari yaitu sekitar pukul 6.30 sampai dengan 07.00 pagi hari.

Mandikan burung Tuwu bisa Anda lakukan dengan menggunakan semprotan burung. Semprotan burung banyak yang dijual belikan di toko perlengkapan burung.

Mandikan burung Tuwu hingga kondisinya basah kuyup. Setelah itu, angkat burung pada tempat yang agak tinggi. Selanjutnya, angin-anginkan burung tersebut sampai bulunya kering. Berikan juga seekor ekor jangkrik atau belalang.

Sesudah diangin-anginkan, Anda bisa jemur burung peliharaan Anda dibawah terik matahari kurang lebih selama 30 sampai dengan 60 menit. Jangan terlalu lama menjemur burung, karena bisa mengganggu kesehatannya.

BACA JUGA :  Cara Menjemur Burung Lovebird Yang Baik dan Benar

2. Berikan Makanan Yang Tepat

Setelah burung Tuwu Anda selesai proses penjemuran, selanjutnya berikan pakan dengan 1 sendok teh kroto yang masih keadaan segar.

Berikan juga pakan berupa buah-buahan segar yang bervariasi. Anda bisa selang-seling memberikannya makanan berupa buah, seperti buah pepaya, jambu, pisang, apel, rambutan, mangga secara selang seling. Tujuannya agar tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja.

Dalam perawatan harian burung Tuwu, sebaiknya Anda jangan lupa untuk memberikan beberapa serangga yang segar, seperti jangkrik, siput, atau belalang.

3. Jangan Lupa Rutin Membersihkan Kandangnya Setiap Hari

Untuk menjaga kesehatan burung, jangan lupa untuk rutin membersihkan kandangnya setiap hari. Bersihkan kotoran-kotoran burung yang menumpuk dan menempel pada lantai sangkar.

Jangan biarkan tumpukan kotoran tersebut menjadi semakin banyak. Dinding sangkar juga perlu Anda bersihkan setiap harinya. Agar tidak menimbulkan banyak bakteri dan kuman penyakit.

Untuk membersihkanya bisa dilakukan dengan cukup mudah yaitu dengan cara menyemprot seluruh bagian kandang dengan memakai selang air. Sesudah itu lakukan penjemuran sangkar burung di bawah terik matahari hingga benar-benar kering.

Perlu Anda tahu, kandang yang kotor dan lembab bisa mengakibatkan burung peliharaan Anda terserang penyakit. Bahkan jika dibiarkan begitu saja, bisa-bisa burung Anda mati.

Daerah Persebaran Burung Tuwu

Burung Tuwu adalah jenis burung yang banyak tersebar di India, Cina, Semenanjung Malaysia, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Bali, Papua, hingga Asia Tenggara. Biasanya burung tersebut banyak menghuni hutan-hutan yang terdapat makanan burung ini. Di habitatnya burung Tuwu akan makan buah segar langsung dari pepohonan.

Memelihara burung Tuwu memang sangat menyenangkan. Terlebih jika burung peliharaan Anda bisa gacor dan sehat. Maka dari itu, lakukan perawatan harian burung Tuwu yang tepat di setiap harinya. Dengan begitu, burung kicauan ini bisa berumur panjang dan gacor.