Mengenal Ciri Khas Burung Walik Benjol (Ptilinopus Granulifrons)

Cherewed.com – Burung Walik Benjol (Ptilinopus granulifrons) merupakan salah satu jenis burung yang memiliki ciri khas yang cantik. Jenis burung ini memang tidak sepopuler dengan burung kicauan seperti Lovebird, Murai Batu, Kacer, dan lain sebagainya.

Burung ini juga merupakan family besar dari Columbidae atau masih dalam suku dari jenis burung merpati-merpatian. Jika dilihat dari fisiknya memang ada kesamaan dengan burung merpati. Umumnya burung merpati berwarna putih, tapi jenis burung yang masuk dalam keluarga merpati ini bulunya didominasi oleh warna hijau.

Daerah Persebaran Burung Walik Benjol

Walik Benjol adalah salah satu spesies burung endemik dari Pulau Obi. Perlu Anda ketahui, jika Pulau Obi ini merupakan wilayah yang berada di bagian paling selatan Kepulauan Maluku Utara.

Pulau ini juga masih termasuk bagian dari kawasan Wallacea. Luas pulau ini kurang lebih sekitar 2.500 kilometer persegi. Untuk luasnya pulau ini bisa dikatakan hanya setengah dari luasnya Pulau Bali.

Untuk bisa sampai ke kawasan yang terdapat burung Walik Benjol ini, cara termudah yaitu dengan melakukan perjalanan mulai dari pelabuhan Ternate menggunakan transportasi kapal kayu selama 18 jam untuk menuju pelabuhan Jikotamo di Obi.

Ciri Fisik

Ciri khas dari Burung Walik Benjol ini kurang lebih sekitar 24 cm. Bulu yang menutupi bagian badannya sebagian besar berwarna hijau. Kemudian di bagian kepalanya terlihat berwarna abu-abu cerah.

Ciri khas yang menonjol yaitu pada bagian pangkal paruh yang dihiasi benjolan unik. Adanya benjolan pada paruh ini bisa menambah kecantikan burung ini. Adanya benjolan ini menjadikan burung ini disebut dengan Walik Benjol.

BACA JUGA :  Pola Perawatan Burung Pleci Tanpa Voer

Paruh yang berwarna kuning kehijauan ditambah dengan benjolan mutiara berwarna jingga ini juga terlihat lebih manis dahinya. Terlihat juga dua garis abu-abu juga melintang di tiap bagian sayapnya.

Di bagian perut juga terdapat lingkar besar yang berwarna merah marun. Lingkaran tersebut juga terlihat hampir memenuhi perut burung ini. Kemudian, pada bagian tunggir terlihat berwarna kuning cerah bercampur coret-coret vertikal yang berwarna gelap.

Perbedaan Walik Benjol Jantan Dan Betina

Untuk membedakan antara Burung Walik Benjol jantan dan betina memang cukuplah sulit. Namun ada juga yang mengatakan bahwa burung yang berjenis kelamin betina memiliki paruh yang terlihat lebih kehijauan.

Tak hanya itu saja, burung betina juga mempunyai warna iris mata yang kuning. Kemudian, untuk burung jantan iris matanya berwarna merah. Walik Benjol juga pernah dijumpai pada ketinggian sampai 550 mdpl.

Akan tetapi dari hasil survey burung Indonesia, Walik Benjol ini dijumpai pada ketinggian 35 meter di atas permukaan laut.

Makanan Walik Benjol

Walik Benjol masih satu keluarga dengan burung merpati. Untuk jenis makanan yang dimakan mungkin tidak jauh berbeda dengan burung merpati lainnya. Biasanya burung ini makan berbagai macam jenis biji-bijian atau sayuran. Mereka akan mencari makanan tersebut di habitatnya.

Populasi

Berdasarkan Red List IUCN, status dari  populasi Walik Benjol saat ini termasuk rentan. Penyebab utama dari adanya kelangkaannya jenis burung ini yaitu karena daerah penyebaran burung ini yang sangat terbatas. Tak hanya itu saja, rusaknya habitat juga menjadi penyebab semakin tipisnya populasi burung ini.

Saat ini burung ini juga termasuk dalam daftar burung yang dilindungi. Maka dari itu, burung Walik Benjol ini penting untuk dijaga keberadaannya. Populasi burung ini sebaiknya juga dilestarikan agar tidak terjadi kepunahan.