Mengenal Burung Nuri Ara Salvadori (Psittaculirostris Salvadorii)

Cherewed.com – Burung Nuri Ara Salvadori (Psittaculirostris salvadorii) merupakan salah satu jenis burung Nuri yang memiliki ciri khas yang cantik dan unik.

Jenis burung Nuri ini juga banyak dikenal dengan sebutan burung Nuri Ara Pipi Kuning. Jika dalam bahasa Inggris burung ini banyak dikenal dengan sebutan Salvadori’s Fig Parrot.

Bentuk tubuhnya mungkin tidak berbeda jauh dengan jenis burung Nuri pada umumnya. Akan tetapi, ada ciri tersendiri yang membedakan burung ini dengan jenis burung Nuri yang lainnya.

Ciri Khas Burung Nuri Ara Salvadori (Psittaculirostris Salvadorii)

Nuri Ara Salvadori ini termasuk jenis burung yang berukuran sedang. Untuk burung Nuri yang usianya dewasa, panjang tubuhnya kurang lebih sekitar 19 cm. Sedangkan untuk berat tubuhnya bisa mencapai 118 gram.

Badan burung ini ini bentuknya memang terlihat cukup gemuk dan pendek. Pada bagian ekor burung Nuri ini juga tampak pendek.

Ciri khas burung Nuri Ara ini yaitu pada bagian bulunya didominasi dengan warna hijau. Sedangkan, untuk burung Nuri Ara Salvadori yang berjenis kelamain jantan memiliki bercak dada yang berwarna jingga. Lalu, untuk bagian bulu  pipinya tampak berwarna kuning.

Nuri Ara Salvadori berjenis kelamin betina ditandai dengan terdapatnya bercak pada bagian dada yang berwarna biru langit. Kemudian, untuk bulu pipi burung Nuri yang betina ini tampak berwarna kehijauan. Uniknya, bagian mata jenis burung Nuri ini berwarna merah.

Nuri Ara Salvadori yang masih berusia muda, tampilannya bisa dikatakan mirip dengan burung Nuri Ara betina dewasa.

Akan tetapi, warna bulunya tampak cenderung lebih memudar. Bercak berwarna biru yang ada pada bagian dadanya juga terlihat pudar atau bahkan hampir tidak tampak. Selain itu, bagian matanya juga berwarna merah atau coklat.

BACA JUGA :  Trik Ampuh Membedakan Jantan Dan Betina Burung Pleci/Kacamata

Habitat Dan Daerah Persebarannya

Perlu Anda tahu, jika habitat Nuri Ara Salvadori ini berada di bagian dalam hutan. Akan tetapi, banyak juga dari mereka yang berada  di kawasan tepian hutan.

Habitat mereka juga ada yang di pinggiran kota, hingga ke berbagai wilayah di sekitar perkampungan warga. Lokasi yang menjadi habitatnya ini berada pada ketinggian hingga 700 m di atas permukaan laut.

Kemudian, untuk daerah penyebaran jenis burung Nuri ini hanya terbatas di Papua bagian Barat Laut saja. Kawasan tersebut antara lain meliputi Pegunungan Cyclops sampai dengan pantai timur Teluk Cendrawasih

Makanan Utama

Sama halnya dengan burung Nuri pada umumnya, makanan utama burung Nuri Ara Pipi Kuning ini pada saat di alam liar diantaranya meliputi nektar, buah-buahan, serta berbagai macam bunga-bungaan. Biasanya mereka terlihat saat sedang mencari makan di habitatnya.

Perkembangbiakan

Untuk perkembangbiakannya. Biasanya burung pemakan buah ini akan bersarang dan membentuk dalam sebuah koloni. Akan tetapi, burung ini juga lebih sering terlihat berkeliaran, baik itu secara berpasangan maupun dalam sebuah kelompok kecil.

Pada saat mencari makan di habitatnya, burung Nuri ini biasanya juga terlihat sering bergabung dengan kelompok spesies burung yang lainnya.

Populasi

Populasi burung Nuri Ara Pipi Kuning sekarang ini sudah berada pada status terancam punah. Kepunahan burung ini pastinya disebabkan karena perburuan secara liar dan juga kerusakan habitatnya.

Maka dari itu, sebaiknya hentikan untuk melakukan perburuan liar atau melakukan kegiatan yang merusak habitatnya. Dengan begitu, burung bisa berkembangbiak dengan baik. Sehingga, populasi burung Nuri Ara Salvadori ini bisa menjadi lebih aman lagi.