Mengenal Burung Camar Inca Yang Memiliki Paruh Berkumis

Cherewed.com – Burung Camar adalah salah satu jenis burung laut yang banyak tersebar di wilayah pantai. Spesies burung pantai ini memang memiliki ciri khas yang menawan. Fisiknya terlihat sangat cantik dan bersih. Dari berbagai macam jenis burung Camar, ada satu jenis burung Camar yang memiliki ciri khas unik, yaitu Burung Camar Inca.

Jika dibandingkan dengan jenis burung camar lainnya, burung ini memang memiliki ciri yang berbeda. Meskipun ada perbedaan fisiknya, namun burung ini sama-sama jenis burung pemakan ikan. Ingin tahu lebih jelas seperti apa Camar Inca? Simak penjelasannya.

Mengenal Burung Camar Inca

Camar Inca atau Inca Tern Larosterna inca dinilai sebagai jenis burung Camar yang paling indah. Memang, keindahan burung ini berbeda dengan burung Camar lainnya. Ciri fisiknya yaitu tubuh burung laut ini didominasi dengan warna abu-abu.

Selanjutnya, pada bagian paruh serta kaki burung ini terlihat berwarna merah jingga yang cerah dan mencolok. Bentuk paruhnya runcing dan agak panjang ini digunakan untuk menangkap mangsanya berupa ikan-ikan yang ada di laut.

Burung Camar Inca memang termasuk salah satu dari kelompok burung pemakan ikan. Kemampuan burung ini memang cukup pandai di dalam mencari mangsanya. Bahkan dia mampu menyelam dengan cepat dan menangkap mangsanya yang ada di bawah air.

Burung ini memang terlihat sangat cantik dan unik. Bahkan, Camar Inca ini termasuk satu-satunya jenis burung yang masih tergolong dalam marga Larosterna.

Keunikan Burung Camar Inca

Nah, ada satu keunikan Camar Inca yang tidak dimiliki jenis burung camar lainnya. Hal ini disebabkan karena jenis burung ini memiliki paruh yang kumis putih. Paruh kumisnya sangat lucu dan menjadi ciri khas dari burung satu ini.

BACA JUGA :  Jenis Tanaman Herbal untuk Lovebird dan Kenari

Uniknya, kumis yang ada di bagian paruhnya ini terlihat memanjang dan terlihat seperti kumis yang terpelintir. Selain itu, di bagian pangkal bawah kumis yang berwarna putih ini juga dilengkapi yang dengan adanya bantalan. Nah, bantalan yang ada di pangkal bawah kumis ini terlihat seperti gelambir yang berwarna kuning.

Jika melihat berbagai jenis burung yang ada, burung dengan kumis memanjang seperti ini memang jarang dijumpai. Jadi Camar Inca ini termasuk burung berkumis yang unik.

Kumis yang ada di bagian paruhnya ini bisa sebagai ornamen atau hiasan yang menjadikan burung ini terlihat sangat menarik. Namun, belum diketahui secara pasti apa sebenarnya fungsi dari kumis burung ini.

Ada yang menjelaskan, jika kumis pada burung Camar ini bisa untuk melihat kesehatan burung. Jika kumisnya semakin panjang, berarti kesehatan dan kebugaran burung ini sedang bagus.

Daerah Persebaran

Camar Inca merupakan salah satu jenis burung laut endemik dari Peru serta Chili. Lalu, untuk daerah persebaran burung laut yang cantik dan berkumis ini dibatasi di pesisir barat Amerika Selatan saja.

Populasi burung ini juga masih bisa dikatakan aman. Sebab, burung ini masih terlihat banyak yang beterbangan di sekitar kawasan pantai ini. Meskipun begitu, kelestarian burung ini harus tetap dijaga supaya tidak mengalami kepunahan.

Makanan Utama

Sama halnya dengan jenis burung Camar lainnya, burung Camar Inca suka makan berbagai jenis ikan di habitatnya. Makanan utamanya yaitu beraneka ragam jenis ikan Anchovy. Ikan-ikan ini bisa didapatkan di sekitaran pantai Barat Peru serta Chili. Biasanya mereka akan terbang memutar-mutar di atas perairan pantai dan menyambar mangsanya.