Makanan Burung Cucak Keling Supaya Cepat Gacor

Cherewed.com – Burung Cucak Keling atau Perling Kumbang mempunyai nama ilmiah Aplonis Panayensis. Akan tetapi, tidak banyak orang yang mengenal nama sebenarnya, di kalangan kicau mania biasanya terkenal dengan Cucak Keling. Pada artikel kali ini kami akan membagikan informasi seputar makanan burung Cucak Keling yang baik serta dapat membuatnya makin gacor.

Burung Cucak Keling mempunyai bulu yang hitam pekat dengan mata berwarna merah menyala menjadikan burung ini kerap dikait-kaitkan dengan mitos-mitos yang beredar pada sebagian masyarakat. Akan tetapi, sekarang ini banyak orang yang sudah memelihara Cucak Keling ini.

Berbagai Jenis Makanan Burung Cucak Keling

Cucak Keling ini masih kerabat dengan keluarga jalak-jalakan, misalnya jalak bali, jalak kebo, juga jalak suren. Tetapi jenis burung ini memang masih sedikit peminatnya, dengan demikian tak banyak yang mengetahui jenis apa Cucak Keling ini. Habitat aslinya berada di dataran rendah hingga dataran tinggi, mulai dari pepohonan di wilayah pedesaan.

Burung Cucak Keling punya suara yang nyaring serta mampu menirukan suara burung yang lain, dapat Anda bilang hampir mirip dengan Cucak Ijo. Namun, untuk memperoleh burung Cucak Keling yang gacor tentunya tak segampang membalikkan  telapak tangan.

Butuh perawatan secara rutin dan juga asupan makanan bergizi cukup. Mineral dan minuman yang sehat serta bersih pun dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhannya. Nah, berikut ini makanan Cucak Keling supaya makin gacor.

Buah-Buahan

Di alam bebas habitat aslinya, Cucak Keling tidak hanya memakan serangga, namun burung ini juga pemakan buah-buahan. Buah yang menjadi kesukaan Cucak Keling yaitu buah bunga jeumpa yang banyak terdapat di wilayah Aceh. Namun buah lain seperti pisang kepok, pepaya, serta apel juga jadi makanan kesukaan Cucak Keling.

BACA JUGA :  Manfaat Pasir Didasar Sangkar Burung Branjangan

Buah-buahan tersebut bisa Anda berikan sebagai pakan harian. Makanan burung Cucak Keling berupa buah-buahan tersebut bisa membuatnya lebih gacor karena banyak mengandung vitamin serta serat yang dibutuhkan tubuh burung.

Cara memberikannya dapat dengan Anda potong-potong lalu gantung. Bisa juga dengan Anda potong kecil-kecil kemudian masukkan ke dalam cepuk makanan. Buah-buahan tersebut harus Anda ganti setiap 6 jam sekali, sebab akan membusuk serta rengi akan menghinggapinya. Hal tersebut menjadikan burung Cucak Keling merasa tak nyaman di kandangnya.

Voer

Walaupun di alam liar, burung Cucak Keling ini tidak memakan voer. Akan tetapi dalam perawatannya Anda harus melatihnya untuk memakan voer ini. Sebab, makanan burung Cucak Keling ini bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya. Sebaiknya, pilihlah voer yang sesuai dengan kebutuhan tingkat proteinnya.

Cara melatih burung Cucak Keling makan voer ini yaitu dengan menyediakan satu cepuk voer yang halus, lalu campurkan dengan buah pisang atau mangga. Perbandingan untuk campuran tersebut yaitu lebih banyak buahnya, berikanlah kurang lebih tujuh hari. Nah, apabila burung Cucak Keling sudah mau memakannya, maka Anda bisa mengurangi campuran buahnya.

Apabila burung tersebut sudah mau makan, tak masalah apabila Anda memakai voer halus tanpa campuran. Proses tersebut biasanya akan memakan waktu selama dua minggu.

Extra Fooding

Makanan burung Cucak Keling selain buah-buahan dan voer, supaya lebih gacor Anda juga bisa memberikan extra fooding. Ya, berikan EF atau extra fooding berupa kroto dan jangkrik untuk membuat Cucak Keling semakin gacor & perawatannya kian maksimal. Pemberian EF ini tak perlu Anda lakukan tiap hari, serta takarannya juga harus sesuai dengan kebutuhan, jangan terlalu banyak. Sebab, apabila Anda memberikan EF terlalu banyak , maka Cucak Keling akan over birahi sehingga menjadikannya mencabuti bulunya sendiri. Alih-alih membuatnya makin gacor, justru menyebabkan burung tersebut macet bunyi.