Keunggulan Burung Kacer Tretes

Cherewed.com – Dari berbagai jenis burung kacer, ada satu jenis kacer yang unik, yaitu burung kacer tretes. Kacer tretes adalah salah satu jenis burung kacer yang merupakan hasil persilangan antara burung kacer lokal dengan burung kacer poci. Ciri-ciri burung kacer tretes tidak berbeda jauh dengan kacer yang lainnya.

Meskipun memiliki kicauan yang merdu, burung kacer ini jarang yang diikutkan perlombaan. Mentalnya masih dinilai kurang pemberani untuk diikutkan dalam ajang perlombaan. Kacer poci yang biasanya diikutkan dalam ajang perlombaan. Sebab dari segi mental dan kicauannya juga sangat berkualitas.

Ciri-Ciri Burung Kacer Tretes Lengkap

Burung kacer memang sudah sangat populer dipelihara sebagai burung kicauan dan burung lomba. Akan tetapi, tiap-tiap jenis burung kacer memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seperti halnya pada burung kacer tretes ini.

Meskipun sama-sama burung kacer, namun ada ciri khas tersendiri yang bisa lihat dari jenis burung kacer tretes ini. Mulai dari segi warnanya hingga suaranya. Nah, dari pada penasaran seperti apa ciri-cirinya, Anda bisa menyimak ulasannya di bawah ini.

Warna Burung Kacer Tretes

Ciri-ciri burung kacer tretes yang menjadikannya beda dengan kacer lainnya yaitu bisa dilihat pada bagian bulunya. Warna bulu Tretes terdiri dari warna hitam yang pekat dengan sedikit tambahan corak berwarna putih.

Selanjutnya, di bagian dada burung ini dominan dengan warna hitam. Selanjutnya, masih terdapat bercak yang berwarna putih di bagian tubuhnya.

Ukuran

Ciri-ciri burung kacer tretes jika dilihat dari segi ukuran, Tretes memiliki panjang tubuh rata- rata 19 sampai dengan 20 cm. Ukuran burung ini termasuk dalam kategori ukuran sedang, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

BACA JUGA :  Cara Bikin Jebol Birahi Lovebird Jantan Supaya Ngekek Konslet

Jika dilihat dari fisiknya, burung tretes yang berusia jantan ini mempunyai bentuk tubuh yang ramping, langsing, dan juga cukup panjang. Tak hanya itu saja, tretes juga terlihat gagah dan selalu tegap saat bertengger.

Kemudian, untuk tretes yang betina mempunyai bentuk tubuh yang agak bulat dan terlihat cukup gemuk. Dengan badannya yang pendek, menjadikan tubuhnya tidak terlihat tegap.

Suara

Ciri-ciri burung kacer tretes selanjutnya juga bisa dilihat dari suara yang dikeluarkannya. Sebab, burung tretes merupakan jenis burung yang memiliki suara merdu.

Burung tretes jantan akan mengeluarkan suara yang lebih nyaring jika dibandingkan tretes betina. Power suara yang dikeluarkannya pun juga bisa melebihi power tretes betina.

Meskipun begitu, burung tretes ini masih kalah nyaring dengan burung kacer poci. Sehingga jenis burung kacer ini jarang sekali diikutkan ajang perlombaan.

Kelebihan Burung Kacer Tretes

Meskipun burung kacer memiliki karakter petarung, namun jenis burung ini juga bisa mudah dijinakkan. Hal ini disebabkan karena burung kacer ini mampu beradaptasi dengan baik. Tak heran jika kacer tretes ini sering dipelihara oleh manusia. Baik itu untuk burung rumahan atau untuk burung lomba.

Kelebihan kacer tretes selanjutnya yaitu burung ini mudah sekali gacor. Namun, Anda harus memberikan perawatan yang terbaik dan berbeda dengan jenis burung kicauan lainnya.

Jika burung kacer tretes ini dirawat dengan baik, maka burung ini akan mudah jinak dan bisa mudah berkicau dengan suaranya yang gacor dan merdu.

Ciri-ciri burung kacer tretes yang bagus dan kelebihan yang dimilikinya ini menjadikan banyak orang ingin memelihara jenis burung ini untuk peliharaan di rumah. Dengan kicauan merdu setiap hari, pastinya suasana rumah Anda bisa menjadi lebih berwarna.