Jenis Burung Peliharaan Jinak Yang Cocok Bagi Pemula

Cherewed.com – Salah satu cara untuk mengatasi kejenuhan dan stres adalah dengan memelihara burung. Cari tahu jenis burung peliharaan yang mudah dirawat dan cocok untuk pemula di sini!

Seperti hewan peliharaan pada umumnya, tingkat perawatan burung peliharaan bermacam-macam. Sebelum mulai memelihara burung, ada baiknya kamu mengetahui jenis mana yang sesuai untuk kamu pelihara.

Jika kamu masih pemula dalam memelihara binatang yang satu ini, kamu bisa memulai memelihara burung yang perawatannya mudah. Jika kamu benar-benar tertarik untuk memelihara hewan ini, simak yuk ulasan yang satu ini!

Jenis Burung Peliharaan Jinak yang Cocok untuk Pemula

1. Burung Lovebird

Jenis burung lovebird sangat disukai oleh anak-anak karena bulunya yang berwarna-warni. Burung jinak ini juga dapat dilatih kemampuannya untuk ikut lomba suara burung kicau.

Burung lovebird dikenal cerdas dan bisa dilatih melakukan atraksi. Karena kecantikan dan kemudahannya untuk dirawat, burung ini cukup populer dijadikan burung peliharaan oleh banyak orang.

Harga burung peliharaan jinak ini cukup beragam, mulai dari Rp200 ribu hingga jutaan rupiah.

2. Burung Kenari

Burung kenari termasuk jenis burung peliharaan di rumah yang pintar menirukan suara burung lainnya. Karena ukuran tubuhnya yang kecil, burung kenari tidak terlalu berbahaya untuk anak-anak dan keluarga.

Perawatan burung kenari juga cukup mudah, lo! Kamu hanya perlu memberikan makan harian, minum, penjemuran, dan membersihkan sangkar kenari secara rutin. Burung kenari juga termasuk burung peliharaan murah dan dapat kamu beli dengan harga mulai dari Rp80 ribu saja.

3. Burung Parkit

Burung parkit sangat mirip dengan burung lovebird karena ukuran tubuhnya yang sama. Namun, burung parkit memiliki corak bulu berbeda karena terdapat garis-garis hitam di sekitar kepala dan punggungnya.

Jika sudah jinak, burung ini dapat dijadikan burung peliharaan yang terlatih dan bisa diajak bermain di luar sangkar. Harga burung peliharaan jinak ini sangatlah murah karena bisa kamu beli dari harga Rp50 ribu saja.

4. Burung Cockatiel

Burung cockatiel biasa disebut dengan burung falk, palek, parkit Australia, kakatua mini, dan werio. Cockatiel dapat dilatih menjadi burung peliharaan yang dapat melakukan berbagai atraksi ketangkasan.

Tak hanya pintar dalam beratraksi, burung ini juga dapat meniru suara manusia dan burung lainnya. Bahkan burung ini mampu menirukan suara klakson mobil, microwave, dan suara bel. Burung ini juga cocok dibudidayakan karena memiliki harga mencapai Rp850 ribu hingga Rp1 juta

5. Burung Pacific Parrotlet

Burung paruh bengkok yang satu ini merupakan burung dengan rasa ingin tahu yang tinggi dan terkadang cukup agresif saat mengejar sesuatu yang mereka anggap menarik.

Jenis burung peliharaan di rumah ini dapat dijinakan dengan mudah dengan perawatan yang benar. Namun, burung ini jarang dijadikan burung peliharaan karena harganya yang mahal. Harga burung peliharaan ini konon bisa mencapai Rp1 juta hingga belasan juta rupiah.

6. Burung Cendet

Burung cendet memiliki variasi warna putih, hitam, cokelat, dan abu-abu. Suara kicauan burung ini cukup lantang dan dapat meniru kicauan beberapa burung lainnya.

Saat liar, burung cendet tergolong agak agresif. Namun, mereka adalah burung yang mudah beradaptasi dengan lingkungan, sehingga mudah jinak dan cocok untuk dijadikan burung peliharaan.

Burung cendet dianggap sebagai burung peliharaan murah karena dapat kamu beli dengan harga mulai dari Rp50 ribu saja.

7. Burung Nuri

Burung nuri sudah dikenal sebagai jenis burung peliharaan yang paling mudah jinak dan paling mudah perawatannya. Burung nuri suka bermain dan dapat dilatih untuk melakukan atraksi tertentu.

Cara paling mudah menjinakan burung nuri adalah dengan memandikan burung secara rutin. Burung jinak ini dibanderol dengan harga dari Rp500 ribu hingga jutaan rupiah.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat!

BACA JUGA :  Cara Dan Tips Akurat Proses Perawatan Burung Sulingan/Tledekan Supaya Bisa Gacor Setiap Hari Paling Lengkap