Ciri Khas Burung Kedidi Leher Merah (Calidris Ruficollis)

Cherewed.com – Pada kesempatan ini admin akan memberikan imformasi mengenai Ciri Khas Burung Kedidi Leher Merah (Calidris Ruficollis), bagi anda yang ingin mengetahuinya silahkan simak artikel yang akan admin sampaikan dibawah ini.

Burung Kedidi merupakan salah satu jenis burung yang suka hidup di lahan basah untuk mencari makanan yang ada di area tersebut. Banyak sekali jenis burung Kedidi yang ada di alam ini, salah satunya yaitu burung Kedidi Leher Merah.

Kedidi Leher Merah (Calidris ruficollis) merupakan salah satu spesies burung yang berasal dari keluarga Scolopacidae, dan juga dari genus Calidris. Burung ini memiliki warna yang tidak mencolok. Memang jika dilihat-lihat masih ada kemiripannya dengan jenis burung air lainnya.

Ciri Fisik Burung Kedidi Leher Merah

Kedidi Leher Merah merupakan salah satu jenis burung air yang tubuhnya berukuran kecil, yaitu hanya sekitar 5 cm saja. Ukurannya memang lebih kecil diantara jenis burung sejenisnya.

Ciri khas dari burung ini yaitu tubuhnya yang berwarna coklat agak keabu-abuan. Kemudian, untuk bagian kaki burung ini tampak berwarna hitam. Kemudian, pada tubuh bagian atasnya berwarna pucat tercoret.

Tak hanya itu saja, pada bagian atas burung ini juga berwarna coklat keabu-abuan. Ada ciri khas berbintik dan tercoret yang menghiasi bagian bulunya. Alis mata burung Kedidi ini tampak berwarna putih.

Ciri khas Kedidi Leher Merah selanjutnya yaitu bisa dilihat dari bagian tungging dan ekornya yang berwarna coklat gelap. Meski demikian, pada bagian sisi ekor dan bagian bawahnya ada warna putihnya.

Hal yang membedakan jenis burung Kedidi ini dengan Kedidi jari panjang yaitu warnanya yang terlihat lebih abu-abu.

BACA JUGA :  Jenis Buah Yang Aman dan Sehat Untuk Dikonsumsi Burung

Tak hanya itu saja, bulu burung ini juga terlihat memiliki warna yang lebih seragam. Lalu, bagian kakinya berwarna hitam.

Pada saat memasuki musim panas, ciri khas burung Kedidi ini akan berbeda dari biasanya. Ada yang mencolok dibandingkan ciri khasnya di hari biasanya. Diantaranya pada bagian bulu lehernya menjadi berwarna merah yang kuat.

Tak hanya itu saja, bagian mahkota dan penutup sayapnya juga berwarna merah kerat. Iris matanya berwarna coklat. Sedangkan, pada bagian paruh dan kakinya berwarna hitam gelap.

Habitat Dan Kebiasaan

Burung Kedidi Leher Merah yang memiliki nama latin (Calidris ruficollis) ini merupakan burung penyebrang migrasi kecil. Jenis burung Kedidi ini akan melakukan migrasi ke Asia Tenggara, Indonesia, dan Asia Tenggara.

Perkembangbiakan burung ini berada di sepanjang pesisir timur Kutub Utara Eurasia. Mereka akan menghabiskan musim non-breeding di kawasan Asia Tenggara juga di Australia Selatan, yaitu sampai sejauh Tasmania dan juga Selandia Baru.

Burung Kedidi ini akan mengunjungi gosong lumpur di pantai bersama kelompoknya dalam jumlah yang besar. Kebiasaan burung ini yaitu sangat aktif. Biasanya mereka akan berjalan atau berlari dengan sibuknya.

Mereka akan berjalan kesana kemari untuk mengambil makanan kecil berupa serangga yang terdapat di sekitar habitatnya.

Kebiasaan burung Kedidi Leher Merah ini cukup unik. Pada saat mereka sedang merasa senang, bagian kepalanya akan disentakkan ke belakang.

Makanan

Sama halnya dengan burung Gajahan, burung Kedidi ini termasuk jenis burung pemakan Moluska. Selain itu, burung ini juga merupakan pemakan krustasea. Habitat burung ini berada di gosong lumpur, muara pasang surut, area tambak, dan juga di kawasan mangrove.