Cara Melatih Burung Kemade Makan Voer, Mudah Dipraktekkan

Gilakoi.com – Apakah anda tahu dengan jenis burung yang satu ini? Burung Kemade adalah jenis burung pemakan buah-buahan ataupun serangga. Sudah banyak orang yang mencoba memelihara jenis burung ini di rumah.

Adapun untuk jenis makanannya, Anda bisa menggantinya dengan voer. Cara melatih burung Kemade makan voer bisa Anda lakukan dengan mudah.

Cara Melatih Burung Kemade Makan Voer

Jika burung Kemade yang Anda pelihara selama ini hanya makan buah dan serangga saja, maka cobalah untuk melatih burung Kemade makan voer. Tujuannya agar perawatan harian yang Anda lakukan bisa menjadi lebih mudah.

Lain halnya jika burung Anda hanya mau makan buah atau serangga saja. Perawatannya sehari-hari bisa lebih sulit. Bahkan, jika diberikan jenis makan lain bisa mudah mati.

Siapkan Buah Pisang Matang

Cara melatih burung Kemade makan voer pertama yaitu Anda harus menyiapkan satu buah pisang yang matang. Anda bisa menggunakan buah pisang jenis kepok. Sebelumnya, burung Kemade harus sudah terbiasa makan pisang setiap harinya.

Setelah itu, campurkan voer yang telah direndam bersama air dengan potongan pisang sekaligus kulitnya. Kemudian, aduklah hingga merata.

Letakkan pakan campuran voer dan pisang tersebut ke dalam kandang burung Kemade. Pantau sampai 6 hari kedepan apakah burung tersebut mau memakannya. Pastikan dalam masa ini Anda selalu menyediakan pakan tersebut.

Campurkan Voer Dengan Pisang

Pada saat pelatihan pertama burung Kemade makan voer sudah bisa berjalan. Pada hari selanjutnya, Anda bisa mengubah pola pemberian pakannya. Campurkan buah pisang yang matang dengan voer. Namun, kulit pisangnya tidak perlu disertakan.

Pada waktu ini, burung Kemade biasanya sudah mengetahui jika makanannya berada di dalam cepuk. Pantau terus burung tersebut hingga mau memakannya selama 6-7 hari kedepannya.

BACA JUGA :  Cara Menjemur Burung Kicauan yang Benar dan Efektif

Kurangi Porsi Pisang

Pada hari berikutnya, cobalah untuk memperhatikan bagian kotoran burung Kemade. Jika kotorannya berwarna seperti warna voer, berarti burung tersebut sudah memakan pakan di dalam cepuk.

Jika sudah seperti ini, maka cara melatih burung Kemade makan voer di hari selanjutnya yaitu dengan mengurangi porsi buah pisangnya.

Anda bisa mencampurkan satu sendok voer halus yang ditambahkan dengan sedikit potongan buah pisang. Tambahkan sedikit air lalu aduk hingga merata. Setelah itu, taruh kembali cepuk pakan tersebut ke dalam sangkar burung. Disini Anda juga perlu memantaunya hingga burung benar-benar mau memakannya.

Campur Voer Dengan Air

Agar burung peliharaan Anda mau makan voer, cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mencampurkan voer halus dan voer kasar bersama sedikit air.

Jika awalnya burung peliharaan Anda mau dengan mudah memakan campuran pisang dengan voer halus, maka biasanya burung ini akan mau memakan jenis voer kasar.

Perlu diketahui, agar burung Kemade peliharaan Anda kondisi tubuhnya selalu sehat, maka penuhi asupan nutrisinya. Setiap hari burung ini memerlukan asupan makanan yang banyak terdapat kandungan air, mineral, vitamin, protein dan juga nutrisi.

Zat yang dipentingkan oleh tubuh burung Kemade ini bisa didapatkan dari berbagai jenis buah, misalnya pepaya dan pisang. Jadi, meskipun burung sudah mau makan voer, Anda tetap harus memberinya buah-buahan sebagai pakan tambahannya.

Burung Kemade sebenarnya perlu diberikan pakan tambahan berupa serangga. Berikan pakan tambahan berupa berbagai jenis serangga misalnya kroto, ulat kandang, atau jangkrik.

Cara melatih burung Kemade makan voer sebenarnya cukup mudah. Akan tetapi, untuk melakukannya dibutuhkan ketelatenan. Dengan begitu, burung Kemade bisa sehat dan mau makan voer total.