Burung Punggok Coklat, Spesies Burung Hantu Yang Sangat Mirip Elang

Cherewed.com – Burung hantu merupakan hewan karnivora yang banyak tersebar di berbagai wilayah. Banyak sekali jenis burung hantu yang bisa kita jumpai, salah satunya yaitu Burung Punggok Coklat. Berbeda dengan jenis burung hantu lainnya, burung ini cirinya lebih mirip dengan burung Elang.

Ciri Fisik Burung Punggok Coklat

Jika dilihat dari ciri fisiknya, Punggok Coklat ini terlihat sangat mirip dengan burung Elang. Matanya terlihat sangat tajam dan memiliki cakar yang kuat untuk digunakan mencengkeram mangsanya.

Ukuran tubuh burung hantu ini bisa terbilang sedang. Sebab,  panjang tubuhnya mulai dari bagian paruh sampai dengan bagian ujung ekor kurang lebih sekitar 30 cm.

Bulu-bulu dari burung hantu ini didominasi dengan warna gelap. Untuk sisi atas tubuh atau bagian punggung burung Punggok ini terlihat berwarna coklat tua. Kemudian, untuk sisi bawah tubuh, yaitu di bagian dada dan perut tampak berwarna kuning tua.

Bagian bawah tubuhnya juga terdapat corak seperti coretan-coretan yang berwarna coklat kemerahan. Nah, yang menjadikan burung ini terlihat seram yaitu karena bagian matanya terlihat besar melong, dan tidak memiliki piringan wajah.

Pada bagian dagu Burung Punggok Coklat ini terdapat bintik, tepatnya pada pangkal paruh. Lalu, untuk tungging burung ini berwarna putih. Iris mata burung hantu ini berwarna kuning terang. Paruhnya berwarna abu-abu kebiruan dan kakinya berwarna kekuningan.

Suara

Burung Punggok Coklat ini bisa mengeluarkan suara yang merdu berupa siulan tinggi dengan dua nada. Jika didengarkan suara burung ini terdengar seperti pung…oook.. puuung ooook.. yang dibunyikan berulang-ulang.

Lalu, untuk nada kedua suaranya terdengar pendek dan meninggi. Siulan yang dikeluarkannya juga diulangi dalam setiap satu atau dua detik.

BACA JUGA :  Jenis Burung Prenjak yang Paling Bagus Kicauannya dan Populer

Punggok Coklat yang mirip dengan burung Elang ini kadang-kadang juga mengeluarkan suara dalam waktu yang cukup lama, terutama pada waktu pagi subuh dan juga senja hari. Karena burung ini aktif di malam hari, maka saat siang hari biasanya burung ini tidak akan mengeluarkan suaranya.

Habitat Dan Kebiasaan

Habitat Punggok Coklat yaitu berada di berbagai area hutan, wilayah perkebunan, dan juga semak belukar. Sama halnya dengan jenis burung hantu lainnya, Punggok Coklat ini akan mulai aktif ketika menjelang senja hingga pagi hari.

Kebiasaan burung ini yaitu suka terbang untuk mengejar mangsanya berupa capung atau serangga lainnya. Burung ini akan menangkap mangsanya sambil terbang dengan menggunakan cakarnya yang kuat dan tajam ini.

Kadang-kadang, terlihat satu keluarga burung ini akan berburu makanan bersama-sama di sekitar area ladang. Biasanya di area ladang ini terdapat berbagai jenis makanan yang disukai oleh burung hantu ini.

Makanan

Punggok coklat suka makan berbagai macam serangga. Diantaranya seperti jenis-jenis capung, kumbang, belalang, tonggeret, kecoa, lebah, dan masih banyak lagi yang lainnya. Serangga yang beterbangan ini nantinya akan disambar oleh burung hantu yang mirip Elang ini.

Dalam perkembangbikannya, Punggok Cokelat ini akan membuat sarang berupa lubang-lubang di pohon-pohon. Punggok Coklat betina nantinya akan meletakkan sebanyak dua atau tiga telur. Bentuk telur burung ini hampir bulat dan berwarna putih.