Burung Perkutut Katuranggan Yang Dipercaya Bisa Datangkan Rezeki

Cherewed.com – Beberapa tahun terakhir ini, kian banyak orang yang menyukai burung perkutut, mulai dari kawula muda sampai dengan orang tua. Salah satu jenis burung perkutut yang kerap peliharaan yaitu burung perkutut katuranggan. Ya, banyak yang percaya bahwa burung kutut jenis ini bisa mendatangkan rezeki juga keberuntungan atau hal-hal baik yang lainnya.

Untuk masyarakat di Indonesia, khususnya wilayah Jawa, mereka menganggap burung perkutut sebagai burung keramat yang punya kekuatan gaib. Terutama burung perkutut yang mempunyai katuranggan atau ciri mathi tertentu.

Burung Perkutut Katuranggan, Bisa Datangkan Rezeki

Burung perkutut sudah jadi kegemaran atau langganan masyarakat Jawa semenjak zaman dahulu, dan hingga kini burung klasik ini masih tetap banyak peminatnya. Dahulu, burung perkutut identik dengan burung peliharaan orang tua, namun saat ini banyak anak-anak muda yang juga gemar memelihara burung ini.

Terdapat sebagian orang memelihara burung tersebut karena suka dengan suara anggungan burung perkutut yang merdu. Akan tetapi, ada pula yang memelihara burung perkutut karena mempercayai adanya tuah pada perkutut katuranggan.

Terdapat banyak jenis katuranggan burung perkutut lokal yang dipercaya punya tuah berbeda-beda tergantung dari jenis katuranggan (ciri-ciri mathi). Berikut ini beberapa perkutut katuranggan yang bisa membawa keberuntungan.

Perkutut Songgo Ratu

Burung perkutut katuranggan Songgo Ratu punya ciri khas berupa jambul di kepalanya menyerupai mahkota warna putih. Sifatnya pun seperti kalangan ningrat yang tak suka berkeliaran, kesehariannya senantiasa ada di tempat yang sepi. Seperti di dalam goa atau area pekuburan.

BACA JUGA :  Permasalahan Umum Burung Pleci Pada Saat Lomba

Konon, perkutut tersebut kuat menahan haus dan lapar hingga beberapa hari, tidurnya senantiasa di tempat paling tinggi dari perkutut lain. Perkutut Songgo Ratu punya aura kewibawaan yang besar, sehingga apabila terdapat perkutut lain di dekatnya, maka tak akan berani bersuara (manggung).

Memiliki kaki serta paruh berwarna hitam dan bulunya juga berwarna agak kehitam-hitaman. Perkutut ini punya Yoni besar, biasanya jarang berbunyi serta suaranya pun kecil.

Perkutut Songgo Ratu mempunyai kekuatan untuk menolak ilmu hitam atau santet, melancarkan rezeki, serta memberi wibawa untuk pemiliknya.

Perkutut Lurah

Memiliki corak bulu yang sekilas mirip ular, karena punya lurik yang hampir sama. Perkutut Lurah punya bulu dada berwarna lebih terang keputih-putihan, menyerupai warna lurik ular.

Perkutut ini tinggal di hutan yang jauh dari pemukiman, serta selama hidupnya Perkutut Lurah tak pernah turun ke tanah. Sehingga, perkutut lain yang menjadi bawahannya selalu menyuapi atau menyediakan makanannya.

Biasanya, hanya pemimpin atau pejabat yang mempunyai kedudukan tinggi serta memiliki bawahan (anak buah) banyak yang bisa memelihara Perkutut Lurah tersebut. Sebab, perkutut ini punya Yoni untuk kewibawaan yang luar biasa besar dan bisa mendatangkan rezeki berlimpah untuk pemiliknya.

Perkutut Putih

Perkutut Putih adalah primadona di kalangan para pecinta burung perkutut katuranggan. Karena selain langka, banyak yang meyakini perkutut ini mampu mendatangkan kekayaan untuk pemiliknya.

Seluruh bulu tubuh burung perkutut tersebut berwarna putih bersih, dengan mata merah, paruh abu-abu kemerahan, kaki merah bergaris-garis hitam, serta kuku-kukunya berwarna putih. Perkutut Putih yang mempunyai Yoni merupakan Perkutut Putih lokal liar yang hidupnya di dalam hutan secara alami, bukan hasil rekayasa genetika.

BACA JUGA :  Daftar Harga Burung Cucak Jenggot Update Terbaru

Perkutut Hitam (Kol Buntet)

Seluruh tubuh burung perkutut ini berwarna hitam serta banyak yang menganggap sebagai rajanya burung perkutut. Konon katanya, apabila Anda pelihara, bakal mendatangkan keberuntungan untuk si pemilik.

Sri Mengepel

Burung perkutut katuranggan Sri Mengepel punya jari pada ke-2 kakinya yang berwarna putih atau ibu jari kakinya putih, atau terdapat dua kuku jari berwarna putih. Para petani sangat baik apabila memelihara burung perkutut ini. Menurut kepercayaan, orang yang memelihara Perkutut Sri Mangepel tersebut, keluarganya akan senantiasa sehat serta apa yang jadi cita-citanya bakal tercapai.