Burung Gajahan Kecil, Habitat Dan Perjumpaannya

Cherewed.com – Burung Gajahan Kecil (Numenius minutus) merupakan salah satu jenis burung Gajahan yang bisa kita jumpai  di alam ini. Ciri fisik berbagai burung Gajahan memang memiliki sedikit kemiripan.

Burung Gajahan merupakan jenis burung yang suka makan berbagai macam serangga. Ada yang ukuran tubuhnya besar dan ada juga yang berukuran kecil. Lalu bagaimana untuk burung Gajahan Kecil? Simak ulasannya berikut ini.

Ciri Fisik Burung Gajahan Kecil

Ciri fisik dari burung Gajahan Kecil yang dewasa yaitu memiliki tubuh yang berukuran sedang. Panjang tubuhnya kurang lebih sekitar 30 cm.

Lalu, bagian bulu burung ini berwarna coklat keabu-abuan dan bercoret, termasuk juga di bagian bawah sayapnya.

Bagian perut burung Gajahan ini ditandai dengan bulu-bulunya yang berwarna putih. Nah, untuk jenis burung Gajahan kecil ini termasuk jenis burung Gajahan yang terpendek.

Jika diamati kepala burung Gajahan ini terlihat sangat mirip dengan pola kepala burung Gajahan Penggala. Ciri khas bagian kepalanya yaitu terdapat mahkota dan garis-garis superciliary yang berwarna coklat.

Untuk yang membedakan jenis burung ini dengan burung Gajahan Penggala yaitu pada ukurannya jauh lebih kecil. Kemudian, tubuhnya juga terlihat pendek dan bagian paruh tampak lebih lurus.

Ciri khas burung Gajahan Kecil selanjutnya yaitu bagian iris matanya berwarna coklat. Sedangkan, bagian paruh juga berwarna coklat dengan pangkal yang berwarna merah jambu. Kemudian, pada bagian kakinya berwarna abu-abu biru.

Habitat Dan Kebiasaannya Di Alam Liar

Burung Gajahan kecil lebih suka berada di daerah yang kering terbuka dan berumput. Biasanya burung ini suka di habitat yang ada di dekat bendungan atau di lapangan terbang. Selain itu, habitat burung ini juga kerap terlihat di gosong lumpur pada tepi pantai.

BACA JUGA :  Ciri-ciri dan Kelebihan Kacer Wulung Raja dan Kacer Wulung Lokal

Ketika musim dingin tiba, burung ini akan bermigrasi ke Filipina, Indonesia dan juga ke Australia bagian utara. Gajahan Kecil juga sering mengunjungi area seperti padang rumput dan lahan budidaya yang lokasinya dekat air tawar.

Khususnya yang ada di daerah bagian utara Australia. Meskipun demikian, burung ini terkadang juga mengembara hingga sejauh Australia bagian selatan.

Biasanya Gajahan Kecil akan membentuk kawanan yang jumlahnya cukup besar. Makanan burung ini biasanya berupa invertebrata kecil yang terdapat di lumpur yang lunak.

Perkembangbiakan

Perkembangbiakan burung ini yaitu sekitar akhir bulan Mei sampai dengan awal bulan Agustus di Siberia. Burung ini juga akan membentuk koloni lepas.

Burung Gajahan ini akan berkembang biak di daerah lembah – lembah sungai dan bersarang di area rerumputan daerah terbuka yang sejajar dengan perairan dangkal.

Sarang burung ini dibuat dengan cara mengikis tanah. Dalam sekali bertelur burung ini mampu menghasilkan telur hingga 4 buah.

Telur yang dihasilkan tersebut nantinya akan dierami bergantian oleh induknya selama kurang lebih 3 minggu. Setelah menetas, burung mulai keluar sarang dan belajar terbang saat umurnya sudah memasuki sekitar 5 minggu.

Suara

Suara panggilan burung Gajahan ini jika didengarkan seperti bunyi peluit yang berulang – ulang. Burung ini akan berbunyi pada saat sedang berkelompok mencari makan atau saat sedang terancam.