Cara Mengusir Burung Sriti Yang Bersarang Di Rumah Tanpa Menyakiti

Cherewed.com – Cara mengusir burung sriti yang bersarang di rumah memang susah-susah gampang karena sering kali burung tersebut kembali ke rumah dalam jangka waktu yang tak terlalu lama. Lantas, adakah tips ampuh yang bisa kamu pakai dan tidak membahayakan? Begini caranya!

Salah satu jenis burung yang sering bersarang di rumah adalah burung sriti. Burung sriti bisa bersarang di rumah dengan berbagai alasan mulai dari kondisi rumah kosong hingga jarang terjamah manusia.

Tak cuma itu, pertanda burung sriti masuk ke rumah untuk bersarang juga lantaran lingkungan yang lembap. Dengan kondisi seperti itu, burung sriti memilih bersarang di atap atau sudut plafon rumah karena merasa aman dan nyaman.

Burung sriti juga bisa datang dan bersarang jika kamu mempunyai area khusus sarang burut walet di rumah. Namun, jenis burung yang memiliki kemiripan dengan burung walet ini rupanya bisa membuat lingkungan rumah jadi kotor.

Tak jarang kotoran burung sriti itu menempel di dinding hingga menyebabkan bau, lo. Lantas, bagaimana cara mengusir burung yang kerap disebut sebagai “walet rumahan” ini?

Daripada mengusirnya dengan cara tidak baik, simak selengkapnya secara aman di bawah ini!

Cara Mengusir Burung Sriti yang Bersarang di Rumah

1. Menyimpan Aroma yang Tidak Disukai Burung

Cara mengusir burung sriti yang bersarang di rumah adalah menyimpan aroma yang tidak disukai burung tersebut. Sejumlah bebauan tersebut di antara bau cabe goreng, terasi, hingga aroma bangunan baru.

BACA JUGA :  Harga Ikan Arwana Dan Jenis Ikan Arwana

Nah, kamu bisa menyimpan bebauan itu di dekat burung sriti tersebut bersarang. Simpan dalam waktu beberapa hari sampai membuat burung kecil tersebut pergi berlahan-lahan.

2. Melapisi atau Menutup Bagian Terbuka di Atap

Burung sriti kerap bersarang di area plafon rumah, Namun, ada juga yang bersarang di area-area terbuka dan tersembunyi di bangunan rumah. Melansir duniawalet, salah satu jenis yang kerap bersarang di area itu adalah sriti kembang.

Jika burung sriti bersarang di salah satu area tersebut maka cara mengusirnya adalah melapisi dan menutup bagian tersebut. Hal itu dilakukan supaya burung sriti kesulitan hinggap dan tidak membuat sarang di tempat tersebut.

3. Menyimpan Bawang Merah di Sarang

Menurut pembudidaya burung walet, menempatkan bawang merah pada sarang burung sriti menjadi salah satu cara untuk mengusirnya. Namun, cara yang satu ini tergolong lama karena tak jarang burung sriti membuat sarang baru di sekitarnya.

Hanya saja, kamu bisa mencobanya sendiri karena tergolong aman dan tak menyakiti burung sriti

4. Memasang Bird Spikes

Di luar negeri, memasang bird spikes adalah cara aman untuk mengusir burung bersarang di rumah. Kamu juga bisa menggunakan bird spikes sebagai cara mengusir burung sriti di rumah sekaligus mengendalikan burung-burung tersebut.

Dengan memasang alat penangkal tersebut, burung sriti tidak bisa hinggap di atap rumah sehingga tak lagi bersarang.

5. Asap Pembakaran

Tahukah kamu kalau burung sriti tidak suka bau dari asap pembakaran? Nah, cara mengusir burung sriti di rumah dengan asap pembakaran bisa kamu coba. Daripada menggunakan lem, mengusir burung sriti dengan cara ini tidak akan menyakiti burung sriti.

6. Suara Pengusir Burung

Suara pengusir burung elektronik kerap digunakan para petani untuk mengusir burung gereja di sawah. Sama seperti halnya suara pengusir tikus, suara pengusir burung juga bisa kamu coba untuk mengusir sriti di rumah. Hanya saja, jika jumlah burung sriti yang bersarang sudah terlampau banyak maka akan lebih sulit untuk mengendalikannya.

Tips Mengusir Burung Sriti

Bagi sebagian orang, keberadaan burung sriti di rumah mungkin cukup mengganggu. Namun, burung sriti juga memiliki sejumlah manfaat pada sarangnya.

Bahkan, sarang burung sriti menjadi bisnis menggiurkan seperti halnya sarang burung walet. Hanya saja, bagi kamu yang tidak suka dengan keberadaan sarang sriti di rumah maka mengusir burung tersebut adalah solusi terbaik.

Setelah berhasil mengusirnya, ada sejumlah tips yang juga harus kamu lakukan supaya burung tersebut tidak kembali bersarang.

Tips mengusir burung sriti:

  • Setelah burung tersebut pergi segera bersihkan area bekas sarang agar mereka tidak mengenali lagi area tersebut
  • Jangan menggunakan bahan beracun yang bisa berbahaya bagi burung sriti dan penghuni rumah
  • Jika jumlah sarang masih sedikit, ambil menggunakan tangan dan buang (pastikan tidak ada telur)
  • Basmi sumber makanan sriti di lingkungan rumah yaitu serangga seperti semut dan belalang
  • Apabila jumlah sriti yang bersarang sangat banyak disarankan memanggail ahlinya
  • Jangan biarkan burung sriti bersarang terlalu lama karena akan mengundang burung walet dan burung sriti lainnya datang
 Itulah Cara Mengusir Burung Sriti Yang Bersarang Di Rumah Tanpa Menyakiti yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat!