Pleci Buxtoni : Ciri-ciri, Asal, Harga dan Perawatannya

Cherewed.com – Apakah anda tahu dengan jenis burung pleci buxtoni? pada kesempatan ini admin akan membahas informasi mengenai Pleci Buxtoni : Ciri-ciri, Asal, Harga dan Perawatannya.

Pleci buxtoni (Zosterops palpebrosus) memiliki suara kicauan yang cukup nyaring dan memiliki suara panggilan yang mirip seperti jenis pleci dada kuning. Burung ini banyak sekali di jumpai di kios-kios burung dan sering di campur dengan pleci montanus di kandang ombyokan.

Persebaran Pleci Buxtoni

Persebaran pleci buxtoni biasa di temukan di jawa dan juga sumatera seperti di propinsi banten dan bogor dan jawa barat lainnya.

Ciri-ciri Pleci Buxtoni

Setiap pleci memiliki ukuran dan ciri fisik yang berbeda, termasuk pleci buxtoni yang memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari pleci lainnya oriental white-eye (Zosterops palpebrosus).

  • Warna coklat warna iris matanya
  • Ukuran tubuh kecil, lebih kecil dari pleci Auriventer
  • Pada bagian perutnya memiliki warna bulu kuning yang lebar dan tegas
  • Lebih gelap warna tubuh bagian atasnya
  • Pada sekitar matanya memiliki lingkaran yang kecil

Perawatan Pleci Buxtoni

Konsistensi dan perawatan yang tepat untuk pleci buxtoni merupakan hal penting untuk dilakukan setipa harinya, selain itu pengembunan dan pemberian makanan dengan gizi cukup.

Dengan rajin pengembunan, pleci buxtoni agar menjadi rajin bunyi dan bisa mengeluarkan suara keras ( ngeplong ) , karena di waktu pagi marupakan waktu yang sangat di sukai burung untuk berkicau dan saling bersautan, disamping itu udara pagi hari sangat bagus untuk kesehatan pernafasan burung.

  • Pagi hari sekitar jam 05.30, pleci buxtoni di keluarkan dari rumah untuk di embunkan untuk menikmati udara segar pagi
  • Setelah terbiat matahari sekitar jam 06.30, burung dimandikan, lalu di jemur setelah itu
  • Berikan buah-buahan setiap 3 – 4 kali seminggu secara bergantian, seperti buah pisang, apel, pepaya, jeruk, sawo dan buah lainnya
  • Rutin membersihkan kandang, paling tidak seminggu 3 – 4 kali dalam seminggu. Kandang yang bersih bisa membuat pleci nyaman dan terhindar dari penyakit
  • Berikan untulan atau pasangan untuk memancing pleci rajin bunyi dan bisa mengeluarkan suara isian dan bagus untuk mengatasi ketika pleci malas bunyi
BACA JUGA :  Tips dan Cara Mengatasi Burung Kenari Yang Selalu Ngeruji

Harga Pleci Buxtoni

Kisaran Harga Pleci Buxtoni anakan skitar 50.000 – 100.000 rupiah, dan untuk yang sudah dewasa kisaran harganya 150.000 – 200.000.  Namun banyak faktor yang mempengaruhi harga,, tergantung kualitas suara, keturunan, umur dan daerah masing-masing. itulah yang bisa admin sampaikan semoga bermanfaat.