Ciri-ciri Burung Kacamata Jawa dan Habitatnya

Cherewed.com – Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Ciri-ciri Burung Kacamata Jawa dan Habitatnya, bagi anda yang ingin mengetahuinya silahkan simak informasi berikut ini.

Salah satu jenis burung yang terkenal dari kalangan pecinta burung kicauan adalah burung kacamata. Burung ini memiliki beberapa jenis yang tersebar di daerahnya masing-masing dengan ciri-ciri dan kelebihan yang di milikinya.

Burung kacamata jawa menjadi salah satu jenis burung kacamata yang memiliki penggemar sendiri karena kelebihannya. Seperti jenis burung kacamata lainnya, kacamata jawa ini memiliki ciri khas yakni bagian sekeliling matanya yang menyerupai kacamata, sehingga burung ini sering di sebut burung kacamata, padahal nama asli burung ini javan white-eye (Zosterops flavus) .

Habitat Kacamata Jawa

Seperti namanya, burung javan white-eye (Zosterops flavus) yang biasa di sebut kacamata jawa ini berasal dari jawa, dan daerah lainnya seperti kalimantan. Pada masanya, permintaan di pasar pada burung ini sangat banyak, sehingga di alam liar banyak di buru untuk di jual.

Bukan hanya itu, berkurangnya habitat burung kacamata jawa yang beralih fungsi dan rusaknya hutan ikut andil yang membuat jenis burung kacamata ini sangat langka di alam liar.

Sehingga untuk saat ini, populasi burung javan white-eye (Zosterops flavus) ini sangat langka di alam liar.

Sehingga yang awalnya berstatus Near Threatenes/Hampir Terancam menjadi meningkatkan statusnya menjadi Vulnerable/Rentan dan akhirnya burung ini salah satu jenis burung kacamata yang di lindungi di Indonesia.

Ciri-ciri Kacamata Jawa

Secara keseluruhan, burung kacamata jawa ini memiliki ukuran yang kecil dengan warna bulu kuning cerah, serta ciri-ciri lainnya, seperti :

  • Panjang tubuh 9,5 – 10 cm
  • Warna bulu tubuhnya dominan kuning
  • Warna kaki dan paruh kehitaman
  • Memiliki iris mata coklat
  • Memiliki warna bulu kuning Zaitun pada tubuh bagian atasnya
BACA JUGA :  Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kacer Stres Agar Pulih Kembali

Perbedaan Kacamata Laut dan Kacamata Jawa

Burung kacamata jawa memiliki jenis kacamata lain yang memiliki penampilan fisik yang serupa, dan perbedaan yang mencolok pada ada pada bagian tubuh kacamata jawa lebih kecil, tidak memiliki bintik pada bagian kekang dan warnanya lebih terang.

Itulah Ciri-ciri Burung Kacamata Jawa dan Habitatnya yang dapat admin sampaikan kepada anda, semoga bermanfaat!