Burung Mantenan : Ciri-ciri, Harga, Makanan Dan Jenisnya

Cherewed.com – Dalam suatu hal ketika seseorang memelihara burung kicauan tentunya harus memiliki banyak pemahaman dari jenis burung lainnya, karena selain memiliki karakteristik yang berbeda, burung mantenan merupakan memiliki penggemar sendiri di kalangan para pecinta burung kicauan.

Ya, kicauan yang Bervariatif dan juga rajin Gacor menjadikan salah satu jenis burung yang disukai karena kemampuannya tersebut. Dan banyak para kicau mania menggunakan suara kicauan dari burung ini untuk menjadikannya masteran suara untuk burung yang lainnya.

Jadi tak heran, ketika seorang memelihara burung lainnya, seperti murai batu, lovebird, cucak ijo dan lain sebagainya,biasanya memelihara jenis burung ini juga guna untuk masteran burung lainnya.

Jika temen-temen ingin membeli burung mantenan guna untuk dijadikan suara masteran, atau untuk di ikut lombakan, maka bisa dengan membelinya dengan harga 70 ribu sampai dengan 500 ribu, dan jika memiliki kualitas suara yang bagus dan rajin gacor bisa melebihi harga burung mantenan pada umumnya.

Jenis-jenis Burung Mantenan

  1. Burung Mantenan Kecil

Burung mantenan kecil biasa hidup di pegunungan dataran rendah yang hidup di sekitar pedesaan. Penyebaran dari burung ini biasa ditemukan di jawa, Kalimantan dan bali hingga india dan asia tenggara.

Sesuai dengan namanya, bentuk tubuh dari jenis mantenan ini memiliki panjang hanya 15 cm dengan memiliki 2 warna, yakni warna orange dan warna hitam yang mencolok dengan memiliki warna mata yang hitam.

  1. Burung Mantenan Gunung

Ciri khas dari burung mantenan gunung memiliki fostur lebih besar, dengan panjang 19 sampai 20 cm. untuk warnanya itu sendiri tidak jauh dengan warna burung mantenan kecil, memiliki warna hitam dan juga orange, namun memiliki badan yang lebih besar.

BACA JUGA :  Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Cililin Macet Bunyi Agar Gacor kembali

Burung Mantenan gunung biasa ditemukan didaerah pegunungan,yang tersebar di daerah sumatera asli. Jadi ini merupakan salah satu bagian dari melestarikan kekayaan dengan cara mengembangbiakan untuk memelihara burung ini.

  1. Burung Mantenan Dagu Kelabu

Sesuai namanya, burung mantenan dagu kelabu ini tentunya memiliki warna kelabu disekitar dagunnya dengan memiliki fostur tubuh yang tidak kecil dan juga tidak besar, dengan memiliki panjang tubuhnya sekitar 17cm .

Untuk membedakan burung mantenan pejantan dan kelabu bisa dilihat dari warna abu-abu disekitar tenggorokannya untuk pejantan dan untuk betinanya memiliki warna kelabu di sekitar dagu. Secara keseluruhan, warna yang terdapat dari burung mantenan dagu kelabu ini memiliki warna dominan hitam dan juga orange.

  1. Burung mantenan Hutan

Burung mantenan hutan ini biasa ditemukan di Kalimantan, sumatera dan juga bari dengan ciri-ciri fisik yang lebih besar dibandingkan dengan jenis burung mantenan lainnya.

Untuk warna itu sendiri bisa dilihat dari jensi kelamin, karena setiap jenis kelamin memiliki ciri-ciri yang berbeda, meskpiun masih satu jenis.

Warna bulu bagian punggung burung mantenan gunung yang bewarna abu-abu dengan memliki warna dominan kuning.

Untuk pejantannya memliki warna hitam yang samar-samar warna biru dengan warna merah dibagian perut dan juga dada.

Secara umum warna dominan burung mantenan hutam bewarna hitam dan kuning, namun untuk detailnya bisa dicek dari warna untuk membedakan jenis kelamin Burung mantenan Hutan.

Makanan Burung Mantenan Agar Cepat Gacor

Memilih Makanan merupakan cara pemeliharaan yang baik untuk di perhatikan yang bisa diberikan pada burung peliharaan, Karena ketika gizinya dapat tercukupi dapat membantu menjaga kesehatan burung tersebut dan membuatnya menjadi lebih aktif  dan juga sehat.

  1. Pakan Kroto

Banyak burung yang menyukai dari pakan kroto ini, termasuk burung mantenan ini. Untuk membuatnya gacor maka bisa dengan memberikan pada dari kroto ini setiap harinya 1 buah sendok makan.

BACA JUGA :  Daftar Harga Burung Trucukan Update Terbaru

Selain cocok diberikan untuk merangsang burung mantenan rajin untuk bebunyi hingga gacor, maka pakan dari kroto ini baik diberikan untuk membantu mempercepat saat mabung dan membuatnya menjadi tetap sehat.

  1. Ulat Hongkong

Di alam liar, pakan dari burung mantenan ini sering dikonsumsi, dan bisa temen-temen berikan untuk ketika memeliharanya. Untuk memberikan pakan jangkrik ini, bisa diberikan 1 minggu cukup 5 buah jangkring, dan dicampur dengan pakan lainnya setiap harinya.

  1. Vitamin

Di alam liar, burung mantenan bisa mengkonsumsi banyak pakan yang disukainya, dengan begitu dengan demikian kebutuhan Vitamin dapat tercukupi setiap harinya.

Namun ketika burung mantenan di dalam sangkar pakan yang diberikan oleh pemilik burung tersebut, untuk menghindari kekurangan Vitamin, maka bisa diberikan Vitamin setiap 1 sampai 2 kali dalam seminggu untuk menjaga kesehatannya.

Untuk memenuhi kebutuhan Vitamin untuk burung peliharaan, maka kicau mania bisa membelinya di toko yang jual pakan ternak yang berada di sekitar anda.

  1. Buah-buahan

Selain dari hewan hidup, burung mantenan menyukai makanan dari buah segar, karena memang buah-buahan memiliki kandungan yang baik, terutama kayak akan Vitamin, jika teman-temen sulit untuk mendapatkan produk Vitamin untuk burung, maka bisa dengan cara memberikan buah-buahan segar setiap harinya.

Daftar Harga Burung Mantenan

Jenis Burung Mantenan Harga Burung Mantenan
Burung mantenan sudah gacor Rp = 200.000 – 300.000
Burung mantenan masih Anakan Rp = 60.000 – 100.000
Burung mantenan Baru Ngeriwik Rp = 150.000 – 200.000

Itulah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Burung Mantenan : Ciri-ciri, Harga, Makanan, Jenisnya, semoga bermanfaat!