Settingan Lovebird Paruh Putih Paud dengan untulan

Cherewed.com – Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Settingan Lovebird Paruh Putih Paud dengan untulan, bagi anda yang ingin mengetahui caranya silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Lovebird paruh putih dikenal sebagai salah satu jenis lovebird yang cukup susah dicari settingannya, terutama agar bisa bermain stabil selama dilombakan. Namun demikian, lovebird ini juga sangat popular di kalangan pemain lb, karena kalau sudah ketemu settingannya, mereka bisa tampil dengan penuh maksimal.

Untuk mencari settingan lovebird paruh putih yang tepat, bisa dilakukan sejak burung tersebut masih berumur muda atau paud. Adapun teknik yang lazim dipakai para pemain adalah menggunakan metode untulan. Nah, berikut tips settingan lovebird paud paruh putih dengan metode untulan.

Ada beberapa tahap mencari settingan lovebird paud putih dengan sistem untulan, yaitu:

  • Carikan Pasangan

Pemilihan pasangan / untulan untuk lovebird paud paruh putih bisa dilakukan sesuai kecocokannya. Pada umumnya, lovebird parput sangat menyukai lovebird lain yang memiliki warna palamas, ijo pala merah, pastel kuning (paskun), dan cobal. Anda bisa memilihkan salah satu jenis lovebird tersebut untuk mencari kecocokannya masing-masing.

Alternatifnya, bisa dilakukan dengan memasukkan beberapa lovebird tersebut dalam satu kandang, dan membiarkan lovebird paruh putih memilih calon pasangan yang sangat disukainya.

Untuk lovebird yang akan dijadikan untulan sebaiknya mempunyai umur yang tidak terlalu tua. Setelah didapatkan pasangan yang tepat, segera pisahkan lalu masukkan kedua burung dalam satu sangkar untuk memulai tahap settingan berikutnya.

  • Perawatan Harian Lovebird Paruh Putih

Perawatan harian dilakukan dengan kondisi kedua burung selalu ditempatkan dalam satu sangkar yang sama. Aktivitas harian rutin lainnya pun dilakukan secara bersamaan seperti mandi dan jemur.

BACA JUGA :  Mengetahui Perbedaan Dari Jenis Burung Perkutut Lokal Dan Bangkok Paling Akurat

Untuk mandi, lovebird paud paruh putih dan untulan dimandikan dengan cara disemprot sprayer atau memasukkan bak mandi ke dalam sangkarnya sehingga kedua burung akan saling bergantian menggunakan bak mandinya tersebut  Sedangkan untuk penjemuran dilakukan dengan durasi yang disesuaikan kebutuhan atau sesuai setelan yang biasa dilakukan pada lovebird paud tersebut.

Kunci utama perawatan harian lovebird paud paruh puth dan untulannya adalah memberikan pakan biji-bijian yang berkualitas tinggi. Berikan pakan kemasan yang sudah bagus kualitasnya yang sudah di racik dengan lengkap.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya yang lain, lovebird paud paruh putih dan untulan diberikan pakan tambahan (EF) berupa sepotong jagung manis yang diberikan setiap hari.

  • Settingan Lomba Lovebird Paruh Putih

Settingan lomba bisa dilakukan sejak tiga hari sebelum lovebird paud paruh putih tersebut dibawa ke lapangan.

  • Tiga sampai  satu hari sebelum lomba, lovebird rutin diembunkan setelah itu langsung dimandikan dengan cara disemprot menggunakan hand sprayer.
  • Selesai mandi, burung jangan langsung dijemur, tetapi diangin-anginkan dulu di tempat sejuk yang berangin sambil diberikan ef berupa jagung manis.
  • Setelah itu, jemur dengan durasi seperlunya saja atau cukup mengeringkan bulu-bulunya saja.
  • Pagi hari pada hari-H lomba, pengembunan rutin seperti biasa. Setelah itu, burung diangin-anginkan sambil diberikan EF berupa jagung manis.
  • Selesai makan, burung untulan dipisahkan ke dalam sangkar yang lebih kecil, sedangkan lovebird paud paruh putih yang dijadikan gaco mendapatkan full kerodong sebelum dibawa ke arena lomba.
  • Sesampainya di lapangan, kondisikan dahulu agar burung bisa beradaptasi dengan suasana dan lingkungan lomba.
  • Setelah burung tenang, baru kembali disatukan dengan lovebird untulannya sambil diberikan pakan milet
  • Sebelum digantang, kedua burung dipanaskan atau dijemur dahulu sebentar untuk menaikkan birahi atau sampai keduanya mau berbunyi. Setelah mau bunyi, segera pindahkan sangkarnya ke lokasi lain yang lebih teduh.
  • Satu sesi sebelum naik gantangan, lovebird paud paruh putih dipisahkan dengan untulannya.
  • Segera cabut cepuk pakan dan minum, dan jangan lupa bersihkan juga sangkar dari kotoran maupun sisa-sisa pakan yang berserakan di dasar sangkarnya.
BACA JUGA :  Mengenal Jenis Burung Pijantung, Makanan, Habitat dan Harganya

Semoga pembahasan mengenai Settingan Lovebird Paruh Putih Paud dengan untulan yang sudah admin sampaikan diatas bermanfaat untuk anda para kicau mania yang memiliki burung peliharaan tersebut.