Daftar Makanan Cucak Ijo Agar Rajin Berkicau dan Aktif

Cherewed.com – Apakah anda memiliki burung peliharaan cucak ijo dirumah? dan apakah anda ingin burung yang anda pelihara rajin berkicau? jika iya silahkan simak informasi yang akan admin sampaikan berikut ini.

Setiap burung memiliki daftar makanan yang disukai yang berbeda-beda, termasuk burung cucak ijo yang memiliki daftar makanan yang disukainya. Makanan yang berkualitas dengan porsi yang cukup dan seimbang dapat mempengaurhi kualitas kesehatan burung dan juga dapat mempengaruhi kualitas suaranya. Cucak ijo tergolong jenis burung yang menyukai banyak makanan, seperti pakan dari serangga kecil, pakan dari buah, sayur, biji-bijian dan juga paka dari voer.

Makanan Burung Cucak Ijo

Meskipun begitu, untuk pemberian pakan cucak ijo perlu di sesuaikan dengan kondisi burung, misalkan ketika cucak ijo sedang macet bunyi, sedang mabung, persiapan lomba, over birahi dan keadaan lainnya.

Untuk mememberikan pakan untuk cucak ijo sesuai dengan kondisinya, bisa melihat artikel lainnya yang telah kami bahas sebelumnya.

Buah untuk Cucak Ijo

Buah-buahan menjadi pakan yang penting untuk diberikan setiap harinya pada cucak ijo karena memliki nilai gizi yang tidak di dapatkan oleh pakan lainnya.

  1. Buah Pear
  2. Buah Pisang
  3. Sawo
  4. Cerry
  5. Buah Apel
  6. Sawo
  7. Jeruk
  8. Talok

Untuk pemberian pakan dari buah-buahan untuk cucak ijo, bisa memberikan secara bergantian atau mencampurnya. Namun jika ingin memberikannya secara bergantian, maka sebagai contoh, bisa memberikan pakan buah dari jauh selama satu minggu, dan minggu berikutnya memberikan pakan buh yang lainnya.

BACA JUGA :  Daftar Harga Burung Parkit Semua Jenis Update Terbaru

Sayuran Untuk Cucak ijo

Pakan sayuran untuk cucak ijo juga bisa di berikan pada cucak ijo yang bisa di simpan dalam sangkar burung dengan cara menggantungnya.

  1. Mentimun
  2. Tomat
  3. Sawi

 

Serangga yang Bagus untuk Cucak Ijo

Pakan serangga atau pakan ekstrafooding, memiliki kandungan protein yang tinggi¸dimana pakan ini sangat penting di berikan untuk membuat burung memiliki stamina yang baik, sehingga burung menjadi rajin untuk berkicau.

  1. Ulat Bambu
  2. Ulat hongkong
  3. Jangkrik
  4. Belalang
  5. Telur Semut atau kroto
  6. Ulat Kandang
  7. Orong-orong

 

Voer Untuk Cucak ijo

Banyak jenis pakan yang disukai oleh cucak ijo, termasuk pakan dari voer, banyak merk voer yang bisa di berikan pada cucak ijo, seperti :

  1. Top song
  2. Song boster
  3. Super Vit
  4. Omega Vit
  5. Voer Ronggolawe
  6. Seaweed Gold Coin
  7. Song Boster

Pakan Biji-bijian untuk Cucak Ijo

  1. Gabah
  2. Sorgun
  3. Milet putih
  4. Jewawut
  5. Milet Merah

Meskipun anda sudah memiliki pakan dari berbagai macam jenis yang telah kami sampaikan, maka perhatikan terlebih dahulu kualitas pakan itu sendiri, karena untuk beberapa pakan akan mudah berjamur dan busuk.

Terutama pakan dari voer, sebaiknya pastikan dalam keadaan bersih, karena dengan terkena cipratan air dan terkena voer, maka voer tersebut akan mudah berjamur dan berbau yang tidak enak.

Itulah Daftar Makanan Cucak Ijo Agar Rajin Berkicau dan Aktif, semoga bermanfaat!