Cucak Wilis/Renganis: Ciri, Subspesies, Makanan Dan Perawatannya

Cherewed.com – Dikesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai burung Cucak Wilis/Renganis, cucak rawis atau burung rengganis ini memiliki suara kicauan yang tergolong meriah meskipun memiliki harga murah meriah, selain itu, dalam perawatan rengganis tergolong mudah untuk dilakukan, sehingga banyak pecinta burung menyukai burung yang satu ini.

Cucak rawis ini merupakan genus pycnonotus dan masih satu keluarga dengan jenis burung cucak- cucak-cucakan (Pycnonotidae). Burung rengganis/cucak rawis tidak ditemukan dari negara lain, karena burung ini merupakan edemik dari Indonesia yang memiliki nama orange-spotted bulbul menurut literatur perburungan internasional.

Subspesies Cucak Wilis

Di indonesi sendiri, cucuk wilis memiliki 3 Subspesies, dan dari subspesies tersebut memiliki asal-usul yang berbeda-beda, seperti :

  • Habitat dari Jawa barat, barat daya Sumatera dan jawa tengah : Subspesies-nya Pycnonotus bimaculatus bimaculatus (Horsfield, 1821)
  • Barat Laut Sumatera : Subspesies-nya Pycnonotus bimaculatus snouckaerti (Siebers, 1928)
  • Habitat Jawa timur : Subspesies-nya Pycnonotus bimaculatus tenggerensis (van Oort, 1911)

Makanan Cucak Wilis/Rengganis

Makanan utama cucak wilis di alam liar merupakan pakan buah-buahan seperti pepaya dan pisang dan biasa mengkonsumsi serangga kecil dan berbagai macam lainnya, seperti:

  • Mangga
  • Pisang kepok putih
  • Pepaya
  • Ulat hongkong
  • Sawo
  • Jangkrik
  • Dll

Ciri-ciri Perbedaan Cucak Wilis Jantan dan Betina

Untuk melatih cucak wilis agar memiliki suara gacor seperti yang di inginkan, maka bisa memilih yang masih muda dan berjenis kelamin jantan, karena cucak wilis jantan suaranya lebih bagus dan rajin untuk bunyi, untuk itu berikut adalah ciri-ciri cucak rengganis/wilis jantan dan betina.

BACA JUGA :  Tips Atau Cara Merawat Burung Cucak Ijo Untuk Pemula

Alis Cucak Wilis

Cucak rengganis/wilis memiliki ciri, yakni memiliki alis, dimana warna alis jantan bewarna orange, sedangkan untuk betina warna alisnya orange. Akan tetapi, ciri di atas sifatnya relatif, karena untuk cucak rengganis/wilis yang berasal dari jawa barat, antara jantan dan betina warna alisnya kuning.

Dan ada juga yang berpendapat, untuk cucak wilis/rengganis muda alisnya bewarna kuning dan setelah dewasa alis kuningnya bewarna orange.

Warna Bulu Cucak Wilis

Untuk mengetahui perbedaan jenis kelamin jantan dan betina cucak wilis/rengganis dari bulu memang cukup sulit, dan pada umumnya, untuk warna bulu jantan lebih pekat di bandingkan dengan betina yang cenderung kusam.

Postur Tubuh

Postur tubuh jantan lebih panjang dan besar, begitu juga dengan ekornya, dan untuk betina bentuk tubuhnya bulat dan pendek.

Suara Kicauan

Suara kicauan jantan cucak rawis/rengganis bisa ngerol, ropel dan lantang, sedandangkan kicauan betina cucak rawis putus-putus dan volume suaranya kecil.

Cara Melatih Cucak Wilis Makan Voer

Pakan voer sangat di butuhkan ketika di rawat cucak di dalam sangkar, untuk jaga-jaga pakan utamanya kehabisan atau sudah basi.

Untuk membuat cucak wilis/rengganis mau makan voer bisa mengolesi voer ke pisang atau pakan lainnya, agar sedikit demi sedikit voer akan termakan, dan burung akan terbiasa dengan aroma dan rasa voer, sehingga mampu makan voer tanpa campuran pakan lainnya.

Ciri-ciri cucak rawis/rengganis sudah makan voer bisa di lihat dari kotorannya yang keras atau tidak berair.

Cara Merawat Cucak Wilis Bakalan

Untuk perawatan cucak wilis mampu mengeluarkan suara kicauan yang bagus maka setiap hari perlu di jemur, dimandikan, jaga kebersihan sangkar dan mengatur pakannya:

  • Untuk pakan harian bisa di berikan voer dan buah-buahan di simpan di cepuknya, pagi hari 3 – 5 ekor jangkrik dan sore berikan kembali 3 – 5 ekor, sedangkan untuk kroto cukup 2 – 3 kali seminggu
  • Cucak rawis/cucak wilis/ rengganis ini sangat suka mandi, untuk itu sebaiknya biarkan burung mandi di cepuknya, karena dengan membuat sering mandi akan semakin rajin bunyi
  • Untuk penjemuran cucak wilis cukup dilakukan 1 – 2 jam tiap hari
  • Berikan multivitam untuk merangsang cucak rawis menjadi aktif dan rajin bunyi
  • Bersihkan selalu sangkarnya setiap kotor, entah itu di sebabkan oleh sisa pakan atu kotoran burung agar burung betah tinggal di dalam sangkar dan badannya sehat
BACA JUGA :  Jenis Burung Pleci Populer dan Bagus Untuk di Lombakan

Semoga informasi yang admin sampaikan di atas, selalu memberikan manfaat bagi para pembacanya. salam sukses selalu!