Cucak Ijo Over Birahi : Ciri-ciri, Penyebab, Menurunkan, dan Cara Mengatasinya

Cherewed.com – Dalam perawatan burung kicauan, memperhatikan dan menjaga birahi burung merupakan hal penting untuk dilakukan, karena birahi menjadi suatu hal yang penting untuk membuat burung cucak ijo menjadi rajin berkicau.

Perawatan seperti penjemuran, memandikan dan pemberian pakan dari ektrafooding dan hal lainnya, yang menjadi hal terpenting adalah burung memiliki birahi yang stabil, guna untuk membuat burung menjadi rajin berkicau.

Namun, terkadang dalam merawat cucak ijo, sering ditemui burung memiliki birahi yang kurang dan juga birahi yang berlebihan ( over birahi ) . Dan tentunya jika birahi terlalu belebihan dan kekurangan birahi, kurang bagus untuk penampilan burung itu sendiri.

Penyebab Cucak IJo Over Birahi

Sebelum membahas tentang cara mengatasi cucak ijo over birahi, sebaiknya ketahui terlabih dahulu tentang penyebab cucak ijo over birahi, karena setiap kasusnya akan berbeda-beda, tergantung dari pemiliknya.

  • Perawatan hariannya cenderung berantakan, mungkin karena sibuk kerja atau kurang terurus burungnya
  • Cucak ijo kurang dilatih di kandang umbaran, sehingga fisiknya tidak terlatih dan burung cenderung fisiknya menjadi lemah
  • Cucak ijo terlalu sering di ajak latberan, gantangan atau teralu sering ikut lomba
  • Terlalu sering di dekatkan dengan burung lainnya yang memiliki suara kicauan yang lebih gacor
  • Terlalu banyak pemberikan pakan ekstrafooding, terutama pakan dari kroto
  • Terlalu lama di jemur

Ciri-ciri Cucak IJo Over Birahi

Selain melihat penyebab cucak ijo over birahi, untuk mengetahui cucak ijo anda mengalami over birahi atau tidak, bisa melihat dari ciri-cirinya, diantaranya :

  1. Cucak ijo Lebih Banyak Diam

Cucak ijo yang sedang mengalami over birahi bisa dalah satunya bisa dilihat dari cucak ijo yang sering banyak diam yang awalnya rajin berkicau, untuk itu jangan tunggu terlalu lama, sebaiknya lakukan perawatan untuk menstabilkan kembali birahinya.

  1. Cucak Ijo Galak

Perilaku mendadak galak merupakan ciri-ciri  ucak ijo mengalami over birahi, dengan melakukan perawatan untuk menstabilkan kembali birahinya, burung cucak ijo akan menjadi tidak galak kembali.

  1. Mendadak Ngetrok

Bagi sebagian kicau mania Indonesia perilaku ngetrok merupakan hal yang disukai, asalkan burung tersebut mau tetap bunyi dan gaya ngetrok tersebut bukanlah masalah besar.

BACA JUGA :  Mengenal Burung Perkutut Lokal

Namun, mendadak memiliki gaya ngetrok bisa juga di sebabkan oleh over birahi.