Burung Serindit : Ciri-ciri, Habitat dan Perawatannya

Cherewed.com – Tahukah anda mengenai jenis burung yang memiliki bulu indah ini? ya burung serindit. Burung Serindit adalah burung-burung dalam genus burung paruh-bengkok Loriculus. Burung-burung ini berukuran kecil dan tersebar di hutan tropis di Asia Tenggara. Burung serindit umumnya memiliki bulu berwarna hijau dengan ekor yang pendek. Di Indonesia, burung Serindit merupakan burung khas yang berasal dari Provinsi Riau.

Karakter Burung Serindit

Burung serindit sering di sebut juga dengan “burung lovebird Indonesia “, karena memiliki fostur tubuh yang mirip dengan burung lovebird. Hal yang menjadikannya unik dari burung ini adalah, dimana ketika tidur, burung serindit mirip seperti tidurnya kelelawar, yakni tidur dengan cara bergelantung.

Begitu juga ketika di pelihara di dalam sangkar atau kandang, burung serindit akan tidur dengan menggelantungkan kakinya ke jeruji atas sangkarnya.

Untuk itu, jika di tempat anda banyak tikus dan agar kaki burung tidak di makan oleh tikus, maka jeruji bagian atasnya di rangkap dua, agar tikus tidak bisa mendekati kaki burung yang menggelantung tersebut.

Selain itu, burung serindit memiliki karakter yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, sehingga burung ini mudah untuk di pelihara, meskipun di pelihara bagi seseorang yang baru belajar merawat burung.

Perbedaan Burung Serindit Jantan dan Betina

Untuk mengetahui perbedaan jenis kelamin burung serindit jantan dan betina, maka bisa melihat pada warna biru dan warna merah yang terdapat pada burung serindit tersebut.

BACA JUGA :  Cara Merawat Burung Gelatik Batu/Wingko Supaya Rajin Bunyi

Ciri Burung Serindit Jantan :

  • Memiliki warna biru di bagian kepalanya dengan ukuran cukup besar
  • Memiliki bulu warna merah di bagian tenggorokannya

Ciri Burung Serindit Betina :

  • Tidak memiliki bulu warna biru di bagian kepala
  • Tidak memiliki bulu warna merah di bagian tenggorokan

Note : warna biru dan warna merah yang terdapat pada bagian tubuh burung serindit jantan belum muncul ketika masih anakan, dan hanya muncul warna merah dan warna birunya ketika burung sudah beranjak dewasa.

Cara Merawat Burung Serindit Bakalan

Agar dalam perawatan burung serindit sesuai dengan harapan, dengan kicauan yang bagus, maka harus di pelihara pada saat masih anakan, karena kalau anakan burung serindit lebih gampang di master dengan suara isian, sehingga nantinya suara kicauannya lebih bervariatif.

Selain itu, pilihlah burung serindit muda hasil penangkaran, karena burung serindit hasil tangkapan hutan cukup sulit untuk di rawat, terutama memberikan pakan dari biji-bijian atau milet. Karena ketika di alam liar, burung ini lebih suka mengkonsumsi pakan dari buah-buahan yang manis.

Makanan Burung Serindit

Ketika di alam liar, burung serindit suka mengkonsumsi buah-buahan manis, namun untuk melengkapi kebutuhan gizi burung dan mudah untuk di rawat, maka burung serindit bisa latih untuk belajar mengkonsumsi pakan dari biji-bijian.

Daftar Pakan Burung Serindit :

  • Pisang kepong
  • Jeruk
  • Anggur pepaya
  • Apel
  • Jambu monyet
  • Rambutan

Cara Melatih Burung Serindit makan Milet

Untuk melatih burung serindit mau mengkonsumi pakan dari milet, maka bisa melakukan 3 cara di bawah ini, seperti :

  • Menyimpan milet pada buah-buahan atau menyimpan buah pada cepuk pakan milet
  • Mendekatkan burung serindit yang belum terbiasa makan milet dengan serindit yang sudah mengkonsumi milet, agar burung penasaran dan mau mengikuti untuk mau mengkonsumsi milet
  • Mencampur milet dengan madu, atau bisa juga dengan menggunakan air manis
BACA JUGA :  Kisaran Harga Kaos Gambar Burung Kacer Paling Baru Dan Terlengkap Saat Ini

Note : jika sumber pakan dari buah-buahan yang matang hasil karbitan, maka rendam terlebih dahulu pakan tersebut selama 1 – 2 jam, agar racun dari bahan karbit tidak terkonsumsi oleh burung, lalu cuci dengan air bersih lalu setelah itu bisa di berikan pada burung setelahnya.

Perawatan Burung Serindit

Agar burung bisa mengeluarkan kicauan yang kencang, maka burung bisa dilatih terlebih dahulu agar jinak, Ketika di alam liar, suara kicauan burung serindit mirip seperti suara tikus atau suara hewan lainnya yang memiliki suara sejenis, suara cerucut.

Namun, ketika serindit masih muda, suara cerucutnya tidak terlalu keras, dan ketika tumbuh menjadi dewasa, suara cerucutnya akan semakin kencang. Saking kencangnya suara burung serindit, dapat membuat burung lainnya terpancing untuk ikut bunyi, jika di simpan di dekat sangkar burung serindit.

Cara Memaster Burung Serindit

Seperti jenis burung paruh bengkok lainnya, burung serindit memiliki kecersaan yang di atas rata-rata burung kicau pada umumnya.

Begitu juga ketika menirukan suara burung lainnya, maka burung cukup di master dengan menggunakan Mp3 atau burung masterannya secara langsung, burung bisa menirukan suara kicauan burung lainnya.

Untuk memanster burung serindit tidak perlu full krodong, akan tetapi cukup di memutar suara masteran dengan Mp3 ketika burung di gantang di tempat biasa dengan menggunakan 1 jenis suara saja untuk pertama kali hingga burung menguasainya, ketika burung serindit sudah mengausai tinggal tambahkan kembali suara masteran lainnya seperti yang anda inginkan.