Burung Betet : Habitat, Ciri, Jenis dan Perawatannya

Cherewed.com – Pada kesempatan ini admin akan membahas mengenai burung betet, apakah anda tahu dengan jenis burung yang satu ini? Burung Betet merupakan sejenis burung anggota suku bayan. Ditemukan mulai dari kaki pegunungan Himalaya, Cina selatan, Asia Tenggara, hingga Indonesia, jenis ini adalah yang paling tersebar luas di antara genusnya dan merupakan spesies yang memiliki banyak variasi geografis.

Burung betet ini sebenarnya sudah cukup lama di pelihara oleh pecinta burung, meskipun saat ini tidak sepopuler burung paruh bengkok lainnya seperti lovebird. Nah bagi anda yang ingin mengetahui informasi mengenai burung jenis ini, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Burung Betet : Habitat, Ciri, Jenis dan Perawatannya

Persebaran dan Habitat Burung Betet

Burung betet ketika di alam liar biasa hidup secara berkelompok, entah itu ketika mencari makanan, terbang dan bahkan ketika membuat sarangpun jaraknya tidak berjauhan antar burung betet lainnya.

Karena sering hidup bergerombol atau berkelompok dalam jumlah yang besar, burung betet biasa ketika berkicau akan terdengar gaduh. Persebaran burung betet sendiri sangat luas, mulai dari Thailand selatan, Semenanjung Malaysia dan juga Indonesia.

Untuk di Indonesia sendiri, persebaran burung betet biasa di temukan Pulau sumatera, bali, jawa dan di pulau kangean.

Jenis Burung Betet

Dari persebaran penjuru dunia burung betet terdapat 328 spesies dan 78 spesies di antaranya berada di Indonesia. Burung betet yang berada di Indonesia yang paling di gemari pecinta burung betet yang berasal dari jawa, sulawesi, kalimantan dan sumatera.

BACA JUGA :  Ciri-Ciri Burung Perkutut Lokal Yang Bagus

Meskipun persebarannya berada di Indonesia, namun burung betet sendiri bukan jenis burung yang berasal dari Indonesia, melainkan berasal dari Tiongkon Selatan, dimana populasinya bertambah terus, dan tersebar di Seluruh Indonesia.

Meskipun bukan jenis burung yang hampir punah, namun keberadaan burung betet itu sendiri di lindungi oleh pemerintah, menjadi salah satu jenis burung yang sdi lindungi dan di larang untuk di jual belikan.

Burung Betet Paruh Bengkok

Populasi dari burung betet paruh bengkok, populasinya semakin menurun dari tahun ke tahun, dan burung ini juga termasuk jenis burung yang di lindungi. Jenis burung betet paruh bengkok ini memiliki beberapa jenis spesies diantaranya , Serindit Sulawesi ( Loriculus Stigmata, burung nuri bayan ( Eclectus Roratus) , Serindit Sanggihe ( Psittirichas Fulgidus ), betet berkepala dan punggung biru (Tanygnatus Sumateranus )  dan Serindit Paruh Merah ( L. exili ).

Burung Betet Ekor Panjang

Burung betet ekor merah (Psittacula longicauda )  biasa di sebut dengan burung betet pipih merah yang memiliki  ukuran tubuh 40 cm, memiliki bulu dada yang bewarna hijau dan memiliki ekor yang panjang bertahap.

Burung Betet Ekor Panjang Jantan dan Betina

Untuk ciri-ciri burung betet ekor panjang jantan memiliki bulu sayap bewarna yang keburuan, ujung ekornya kuning, terdapat garis hitam tebal pada bagian sisi kepala ( mirip seperti kumis ) dan terdapat mahkota yang bewarna hijau pada bagian kepalanya.

Sedangkan untuk ciri-ciri betina betet ekor panjang memiliki ciri-ciri fisik, warna bulu keseluruhannya kusam/buram, terdapat kumis yang bewarna hijau, bagian tubuh bawahnya bewarna hijau, kaki bewarna abu-abu, terdapat warna bulu merah pada bagian sisi kepala, dan paruhnya bewarna merah. Selain itu, untuk burung betet tersebut berjenis kelamin betina, akan terlihat pada sayap bawahnya yang bewarna kuning ketika sedang terbang.

BACA JUGA :  Daftar Harga Burung Poksay Terbaru

Makanan Burung Betet

Makan yang disukai oleh burung betet, sama seperti burung paruh bangkok lainnya, yaitu biji-bijian, selain itu burung betet juga suka mengkonsumsi makanan dari buah-buahan, sayuran, nekstar, bunga dan tanamah lainnya sebagai asupan makanan tambahan.

Dan untuk Pakan Burung Betet lainnya, Antara Lain:

  • Biji-bijian : Milet putih dan merah, biji canary seed, Biji Kecambah, biji Kwaci, dan biji-bijian lainnya
  • Buah-buahan : Semangka, Pisang, Mangga , Dll
  • Sayur-sayuran : Wortel, Tomat, Dll

Untuk Anda yang tertarik untuk memelihara burung betet, terutama untuk di rawat supaya bisa Atraksi/Skil tertentu, maka harus merawatnya pada saat masih anakan, paling tidak, burung berumur 3 bulan lamanya, karena jika burung betet di pelihara ketika sudah dewasa sulit untuk di latih, dan juga merawat burung betet yang masih piyik, di bawah umur 3 bulan akan sesulit dalam perawatan yang sudah dewasa.

Cara Merawat Betet Umur di Bawah 3 Bulan

Jika anda sudah terlanjur dan tertarik untuk memelihara piyik burung betet, maka untuk perawatannya seperti di bawah ini penjelasannya.

  • Simpan di tempat yang aman, jauh dari hewan predator dan hewan penggangu, seperti kucing, tikus, semut, kecoa dan hewan lainnya
  • Untuk pakan anakan burung betet bisa memberikan makanan bubur bayi lovebird atau anda bisa membuatnya dari bubur beras merah dan jagung manis yang di blender
  • Rutin di berikan makanan setiap beberapa jam sekali, dengan cara melolohnya dengan menggunakan spetan atau syringe ( Suntikan )
  • Pada malam hari, tempat penyimpanan burung di buat gelap dan di tutup rapat agar burung bisa beristirahat dan tidak rewel memanta makanan

Itulah informasi mengenai Burung Betet : Habitat, Ciri, Jenis dan Perawatannya yang dapat admin sampaikan, senoga bermanfaat!