Anis Merah Ngecir? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cherewed.com – Pernahkan burung anis merah yang anda pelihara ngecir? jika burung anis merah anda ngecir, silahkan simak artikel yang akan admin bahas berikut ini karena disini admin akan membahas penyebabnya dan cara mengatasinya.

Ngecir pada anis merah merupakan suatu hal yang paling tidak di inginkan oleh pemilik anis merah, karena perilaku tersebut merupakan ciri-ciri anis merah dalam kondisi tidak baik.

Anis merah ngecir adalah istilah yang sering banyak kicaumania gambarkan tentang kondisi burung anis merah yang sering menggetarkan kedua sayapnya, sambil mengeluarkan suara khasnya.

Karena kondisi ngecir pada anis merah tentunya bukan hal baik di alami oleh burung tersebut, tentunya untuk mengatasi anis merah sering menggetarkan kedua sayapnya tersebut dengan mengetahui tentang penyebabnya.

Penyebab Anis Merah Ngecir

Penyebab burung anis merah ngecir bisa beragam , dan tentunya hal tersebut terjadi karena ada kesalahan dalam melakukan perawatannya, seperti :

  • Anis merah terlalu manja atau istilah lainnya ngeboss
  • Anis merah over birahi
  • Anis merah sedang mabung/ anis merah sedang proses perontokan bulu
  • Perlakukan dalam perawatan yang kurang tepat, seperti kurang mandi, kurang jemur dan terlalu lama menjemurnya merupakan salah satu penyebab lainnya

Cara Mengatasi Anis Merah Ngecir

Hal yang umum terjadi ketika anis merah memiliki perilaku ngecir di sebabkan oleh over birahi, seperti terjadi pada burung lainnya, ketika sedang mengalami over birahi burung tersebut mengeluarkan perilaku tertentu, seperti murai batu ketika over birahi menjadi ngebetmen, burung kacer mbagong dan burung cucak ijo sering melet-melet lidahnya.

Untuk mengatasi burung anis merah bisa dilakukan beberapa cara seperti :

  • Berikan Multivitamin
  • Berikan pasangan, di kawinkan agar birahinya tersalurkan
  • Atur ulang pemberian pakan yang tepat
BACA JUGA :  Tips Perawatan Burung Sanger Supaya Cepat Ngerol dan Bersuara Lantang

1. Atur Ulang Pemberian pakan yang Tepat

Pakan dari ekstrafooding sering kali di berikan oleh kicaumania untuk membuat burung anis merah menjadi rajin untuk berkicau. Namun, terkadang dalam pemberian pakan ekstrafooding tersebut diberikan dalam jumlah yang berlebihan, dan efeknya dapat membuat anis merah menjadi over birahi.

Untuk itu untuk pakan dari ekstrafooding seperti jangkrik, kroto dan ulat hongkong di kurangi jumlah pemberiannya dan berikan pakan dari buah-buahan yang memiliki kadar air yang tinggi, seperti buah jambu, jeruk, pepaya atau buah lainnya, dan kalian juga bisa mengganti pakan ekstrafooding dengan ulat bambu pada saat penurunan birahinya.

2. Perawatan Rutin

Selain itu perawatan anis merah ngecir perlu di sesuaikan , seperti mengurasi durasi penjemuran, memandikan lebih sering dari sebelumnya, mandi malam dan bisa juga setiap memandikan anis merah setiap harinya menggunakan air es atau air dingin.

3. Berikan Multivitamin

Pemberian multivitamin untuk anis merah ngecir sehingga burung setiap harinya memiliki kondisi fit dan perilaku dari ngecir bisa di kurangi sebagai alternatif.

4. Salurkan Birahi Anis Merah

Untuk membuat birahi burung anis merah adalah dengan cara menyalurkan birahinya terhadap pasangannya. Namun, permasalahannya, tidak semua orang memiliki sepasang anis merah, dan untuk mengatasinya bisa menggantang anis merah dengan anis merah orang lain/teman atau di gantang di dekat anis merah di sesi lomba anis merah.

Itulah Penyebab dan Cara Mengatasinya ngecir yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat!