Tips Membuat Cucak Ijo Tampil Gacor dan Ngentrok Saat Lomba

Cherewed.com – Burung cucak ijo, tentunya anda tahu dengan jenis burung yang satu ini, karena burung ini merupakan salah satu jenis burung paling populer dikalangan para pecinta burung atau kicau mania.

Burung cucak hijau termasuk dalam golongan Chloropseidae dengan nama latin Chloripsis Sonnerati. Ciri khas burung ini adalah warna dominan hijau tua di sebagian besar tubuhnya untuk jenis kelamin jantan. Sedangkan cucak ijo betina, tubuhnya lebih berwarna hijau muda. Kebanyakan para pecinta burung kicau lebih memilih jenis kelamin jantan untuk dipelihara. Mengapa? Karena suara burung cucak hijau jantan lebih bervariasi dan geraknya pun lebih agresif.

Bagi anda yang ingin mengetahui Tips Membuat Cucak Ijo Tampil Gacor dan Ngentrok Saat Lomba silahkan simak artikel yang akan admin sampaikan ini sampai selesai.

Setiap burung kicau memiliki gaya masing-masing ketika berkicau sesuai dengan jenis dan karakter burung itu sendiri, seperti burung murai yang memiliki gaya yang menaik-turunkan ekornya, burung kacer gaya ngobra dan buka ekor, burung ciblek yang memiliki gaya lompat-lompat yang menarik dan termasuk burung cucak ijo yang memiliki gaya ngentrok.

Penyebab Cucak Ijo Ngentrok

Gaya ngentrok tersebut, kalau di ibaratkan dengan manusia, merupakan gaya yang di keluarkan oleh cucak ijo ketika tidak menyukai kondisi tersebut ( gampang marah ) .

Kondisi ngentrok pada cucak ijo bisa muncul kapan saja, termasuk ketika melihat lawannya di gantangan, dimana kehadiran cucak ijo lainnya tersebut tidak disukai oleh cucak hijau anda, dan jika emosi cucak anda sedang tingi-tingginya, maka cucak anda tersebut akan mengeluarkan gaya ngentrok, dan jika birahinya standar saja, maka hanya akan berkicau dan mengintimidasi lawannya tersebut.

BACA JUGA :  Tips Memaksimalkan Kicauan Burung Anis Kembang

Selain itu, gaya ngentrok juga bisa di keluarkan oleh cucak ijo yang tidak menyukai ketika hanya di berikan pakan tertentu saja.

Misalkan, cucak ijo di berikan pakan bervareatif, namun tiba-tiba cucak ijo di berikan pakan dari voer saja, maka bisa membuat cucak ijo marah atau ngentrok , bentuk tanda cucak ijo tersebut tidak menyukai pakan yang di berikan oleh pemiliknya.

Jadi, gaya ngentrok tersebut bisa di sebabkan oleh burung tersebut tersebut tidak menyukai terhadap sesuai, enta itu pemberian pakan yang tidak disukainya dan juga melihat lawannya dengan cara mengintimidasi lewat kicauan dan gaya ngentrok, dengan catatan kondisinya “gampang marah” .

Cara Merawat Cucak Ijo tampil Ngentrok dan Gacor

Perilaku ngentrok pada cucak ijo bisa muncul kapan saja, dan untuk membuat cucak ijo ngentrok bisa memancingnya, memancing dengan mengatur pemberian pakan dari jangkrik dan ulat bambu.

Seperti yang telah di sampaikan oleh kalangan kicaumania, pakan dari ulat hongkong dapat meredam birahi cucak ijo, sedangkan untuk pakan dari jangkrik dapat menaikan birahinya, jadi untuk pemberian pakan tersebut bisa di mix, untuk mengatur birahinya.

Namun, untuk membuat burung cucak hijau bisa tampil optimal, terutama di saat lomba, maka bukan hanya soal ngentrok saja, akan tetapi bagaimana cucak ijo tersebut bisa gacor secara optimal.

Karena, pasalnya kalau hanya sekedar ngentrok, terutama kondisi birahi dan emosi burung terlalu tinggi, maka kemampuan berkicau akan menurun intenstitas kicauannya.

Untuk itu berikut adalah perawatan untuk membuat cucak ijo agar ngentrok dan gacor.

Cara Merawat Cucak Ijo Gacor dan ngentrok di Lapangan

Ketika pada saat lomba, cucak ijo akan mengeluarkan energy , karena akan tampil dan bersaing dengan cucak ijo lainnya. untuk itu persiapkan cucak ijo tersebut sebelum lomba, agar ketika lomba, cucak ijo memiliki stamina yang cukup.

BACA JUGA :  Mengenal Jenis Burung Cikrak Sulawesi dan Perawatannya

Perawatan H- 3

Untuk perawatan H-3 sebelum lomba, cucak ijo di mandikan dan diJemur seperti biasa, selama 2-3 jam lamanya. Namun, untuk pakan jangkrik di tingkatkan 3 kali lipat dari sebelumnya, sebanyak 9 – 15 ekor , tergantung kebiasaan burung. Selain itu, berikan juga 3 ekor ulat hongkong cucak ijo memiliki stamina yang bagus, sehingga bisa tampil maksimal.

Perawatan H-2

Untuk perawatan H-2 masih sama perawatannya seperti Perawatan H-3, seperti memandikan, menjemur dan pemberian ekstrafooding.

Perawatan hari H

Untuk perawatan hari H, burung jangan di mandikan dan di jemur untuk menghemat tenaga dan energy, dan pada saat di hari H tersebut berikan irisan buah apel segar.

Perlakukan di Arena Lomba

Ketika cucak ijo di perjalanan dari rumah ke arena lomba, sangkarnya di krodong, bila perlu menggunakan 2 krodong, agar cucak ijo tidak terpancing untuk bunyi dan birahi, untuk menghemat energy.

Setelah di arena lomba, buka krodongnya dan biarkan burung beradaptasi dengan lingkungan arena lomba.Setelah di simpan di tempat teduh dan membuka krodongnya, burung di berikan 3 ekor ulat bambu dan 3 ekor ulat hongkong untuk mendongkrak birahi cucak ijo.

Nah itulah Tips Membuat Cucak Ijo Tampil Gacor dan Ngentrok Saat Lomba, semoga bermanfaat!