Perawatan Anis Kembang Moulting ( Ngurak dan Mabung/Nyulam )

Cherewed.com – Diartikel sebelumnya admin telah memberikan informasi mengenai Cara Memaster Burung Lovebird Biar Ngekek Panjang dan Bervareasi/Isian dan dikesempatan kali nini juga admin akan membahas mengenai Perawatan Anis Kembang Moulting ( Ngurak dan Mabung/Nyulam ), untuk anis kembang sebenarnya sudah admin sampaikan sebelumnya namun bukan dalam bidang perawatannya.

Nah bagi anda yang ingin mengetahui perawatan burung anis kembang moulting silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Dalam proses pergantian bulu lama ke bulu baru ( Moulting ) ada tahapan yang harus dilakukan oleh anis kembang, seperti proses perontokan bulu lama ( ngurak ), dan proses pertumbuhan bulu baru ( mabung ) .

Ketika di alama liar, burung anis kembang akan mengalami masa moulting setahun 1 kali dengan durasi lama mabung sekitar 2 -3 bulan, yang terjadi ketika proses pergantian musim berganti, seperti pada awal musim hujan dan awal musim panas.

Waktu ideal untuk anis kembang moulting selama 2 – 3 bulan, namun jika terlalu lama menjalani mabung, maka akan hal tersebut ada yang salah , dan bisa menurunkan kualitas burung itu sendiri, sehingga burung akan mengalami macet bunyi alias malas berkicau.

Anis Kembang Gagal Mabung

2 -3 bulan lamanya waktu ideal anis kembang mabung, dan jika lama mabung terlalu lama dari waktu tersebut, maka ada kemungkinan besar, burung anis kembang tersebut nantinya akan mengalami macet bunyi.

Selain itu, untuk pertumbuhan bulu anis kembang yang terlalu lama mabung atau mabung tidak normal dan juga salah melakukan perawatannya, maka bisa mengakibatkan :

  • Bulunya mudah patah
  • Bulunya terlihat kusut
  • Bulunya terlihat keriting
  • Pertumbuhan bulunya tidak normal

Ciri Anis Kembang Mabung

Ketika akan memasuki dan burung mabung terjadi, tentunya bisa di lihat dari ciri-cirinya dari perubahan fisik dan sifatnya, seperti :

  • Intensitas berkicau burung menjadi menurun, alias burung anis kembang macet bunyi
  • Bulu halusnya sudah mulai berjatuhan
  • Bulunya menjadi kusam dan mengering yang di ikuti dengan beberapa helai bulu mulai lepas
BACA JUGA :  Cara Melatih Burung Cucak Hijau Mini Agar Mau Makan Voer

Namun, ketika burung sudah memasuki masa moulting, aktifitas harian berbeda dengan kondisi ketika tidak sedang moulting, untuk itu perawatannya pun harus berbeda-beda yang bisa kalian lihat pada penjelasannya di bawah ini.

Hal-hal yang harus dilakukan ketika anis kembang Moulting :

1. Anis Kembang di Isolasi

Jauhkan anis kembang yang sedang moulting ke tempat yang sepi, jauh dari burung sejenis dan gangguan lainnya, agar burung bisa beristirahat dengan nyaman.

2. Jangan dulu rajin berkicau

Sebisa mungkin hindari burung menjadi rajin berkicau ketika pada saat mabung, karena bisa menghambat proses mabung, karena energy yang seharusnya di pakai untuk pertumbuhan bulu baru menjadi terhambat, dana burung akan mabung dengan lama.

3. Anis Kembang Full Krodong

Ketika kondisi mabung, burung di kerodong terus setiap harinya.

Perawatan Proses Ngurak dan Mabung

Selama proses ngurak dan mabung pastikan sangkar burung selau bersih, termasuk pakan dan air minumnya.

1. Anis Kembang Ngurak

Ketika proses ngurak ( perontokan bulu tua ) , burung jangan di berikan dari ekstrafooding seperti jangkrik, kroto, cacing tanah dan pakan sejenisnya, tapi hanya memberikan pakan dari voer burung murai dan pepaya.

  • Jangan dulu di mandikan ketika burung sedang merontokan bulu lamanya untuk mambantu proses perontokan bulunya hingga bulu jarum barunya sudah mulai tumbuh
  • Jika bulu burung sudak rontok, untuk merontokan bulu burung anis kembang di krodong sangkarnya dan menyimpannya di tempat yang panas, dengan proses krodong di semprot air terlebih dahulu
  • Berikan Voer yang memiliki kandungan protein yang tinggi, seperti pelet ikan lele dan voer ayam, karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Voer yang memiliki kadar protein yang tinggi dapat membantu merontokan bulu burung.
BACA JUGA :  Cara Lengkap Dan Akurat Mengatasi Burung Cendet Yang Sering Mematuk Ekornya Sendiri ( Ciak )

2. Anis Kembang Mabung

berikan pakan ekstrafooding kembali untuk murai batu yang sedang mengalami Mabung ( proses pertumbuhan bulu baru ) , untuk membantu proses pertumbuhan bulu baru menjadi tumbuh dengan sempurna.

Selain itu, jangan di menjemur burung anis kembang ketika ngurak dan mabung karena bisa membuatnya menjadi birahi, dan menjadi rajin berkicau. Untuk membantuntu proses mabung sehingga bulu baru yang tumbuh menjadi kuat, mengkilap dan rapih, maka anda memberikan suplemen khusus untuk mabung yang bisa di beli di kios burung.

Demikianlah Perawatan Anis Kembang Moulting ( Ngurak dan Mabung/Nyulam ) yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat!