Murai Nias : Ciri-ciri, Kelebihan dan Perawatanntya

Cherewed.com – Diartikel sebelumnya admin sudah membahas mengenai burung lovebird dan burung kenari, dikesempatan ini juga admin akan memberikan informasi mengenai cici , kelebihan dan perawatan burung murai nias, bagi para pecinta burung murai tentunya hal ini sudah tidak asing lagi.

bagi anda yang ingin mengetahui secara lengkap mengenai burung murai nias silahkan simak artikel ini sampai selesai. burung murai nias merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki kemampuan menirukan berebeapa macam jenis suara burung selain burung Cendet ataupun burung Jalak.

Murai Batu masih menjadi primadona dikalangan pecinta burung kicau. Dari beberapa jenis burung Murai yang ada di indonesia salah satunya adalah Murai Batu Nias. Namun, keberadaanya tidak sebanyak Murai Batu Medan yang disebabkan beberapa faktor diantaranya pemburuan liar dan minimnya yang menangkarkan ini.

Kelebihan dan Ciri-ciri Murai Batu Nias

Murai batu nias bisa di bilang bagian dari jenis murai batu ekor hitam dengan ciri-ciri fisik seperti :

  • Panjang ekor bisa mencapai 20 – 25 cm ( ada yang memiliki ekor yang lebih pendek dari itu, biasanya hasil kawin silang dengan jenis murai batu lain )
  • Ke 6 bulu ekornya bewarna hitam
  • Karakter suaranya melengking, ngekristal dan dibarengi suara tembakan
  • Lebih cepat bisa menirukan suara burung yang ada di sekitarnya
  • Warna dada coklat tua ( sama seperti murai batu lainnya )

Harga Murai Nias

Kelangkaan dan kualitas dari burung itu sendiri memiliki peranan yang dapat mempengaruhi harga, misalkan untuk harga murai batu nias yang biasa saja, kisaran harganya 1,2 – 1,5 jutaan. Sedangkan untuk harga murai nias yang bagus kualitas suara kicauannya maka harganya akan tinggi juga sekitar 2 -3 juta rupiah.

BACA JUGA :  Lovebird Taiwan: Kelebihan, Ciri-ciri dan Cara Merawatnya

Suara Murai Batu Nias

Jika kamu yang penasaran dengan suara murai batu nias ini untuk pancingan atau untuk masteran, maka berikut kami berikan contoh suaranya di bawah ini yang bisa di putar dan di unduh.

Cara Merawat Murai Batu Nias

Dalam perawatan murai batu, sebenarnya sama saja untuk setiap jenis murai batu yang ada, yang membedakannya adalah karakter masing-masing murai batu dan kebiasaan burung itu sendiri, dan berikut adalah perawatannya :

  • Keluarkan burung murai batu nias ke luar rumah, karena burung menyukai suasana pagi hari sekitar jam 05.00
  • Jemur tiap hari selama 30 menit untuk meningkatkan kekebalan tubuh murai nias
  • Sesuaikan pemberian pakan Ekstrafooding seperti jangkri, dan cara settingan yang tepat. Jika burung di berikan jangkrik ketika pagi hari sudah kenyang 5 ekor, maka pertahankan porsi tersebut, namun jika masih kurang tinggal tambahkan hingga beberapa ekor
  • Memandikan murai nias tidak perlu setiap hari, karena setiap pagi sering di embunkan
  • Malam hari sangkar di kerodong
  • Berikan terapi seperti menggantang burung di kolam ikan, dekat taman, dekat aquarium dan tempat nyaman lainnya
  • Lakukan pemastera, bisa dengan menggunakan burung langsung atau suara rekaman

Demikianlah artikel yang bisa kami sampaikan, anda juga dapat membaca artikel lainnya mengenai berbagai jenis burung dan perawatannya di situs cherewed.com. semoga bermanfaat!