Mengenal Burung Nuri Kepala Hitam

Cherewed.com – Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai burung nuri kepala hitam, apakah anda tahu dengan jenis burung yang satu ini? burung ini sangat populer dikalangan para pecinta burung karena memiliki keindahan dari warna bulunya.

Burung Nuri Kepala Hitam atau juga dikenal dengan burung Kasturi Kepala Hitam dan merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok selain burung Kakatua ataupun burung Betet yang banyak dijumpai di Indonesia. Dari setiap jenis burung nuri memiliki keistimewaan masing-masing, termasuk burung nuri kepala hitam ini yang memiliki yang memiliki keistimewaan.

Nah bagi anda yang ingin mengetahui tentang burung nuri kepala hitam, silahkan simak informasi yang akan admin sampaikan disini.

Keistimewaan Nuri Kepala Hitam

Ada beberapa alasan kenapa orang lebih memilih untuk memelihara nuri kepala hitam, karena keistimewaan yang dimiliki oleh nuri kepala ini menjadi daya tarik tersendiri.

Bisa Bicara

Burung nuri kepala hitam merupakan jenis burung paruh bengkok, dan biasanya burung paruh bengkok memiliki kecerdasan yang bagus. Kelebihan dari nuri kepala hitam adalah kemampuannya yang bisa menirukan suara manusia, meskipun hanya bisa di ajarkan beberapa kata saja.

Dan tentunya, untuk bisa membuat nuri kepala hitam mampu menirukan kata-kata, harus di latih secara rutin dengan cara memasternya langsung dengan suara manusia ( perawat ) atau dengan menggunakan suara rekaman.

Suara nuri kepala hitam juga memiliki kemiripan dengan burung elang, mungkin karena kepintaran dalam menirukan suara burung lainnya, sehingga ketika mendengar suara burung elang, burung ini mampu menirukan suara yang pernah di dengarnya.

BACA JUGA :  Tips Dan Cara Akurat Supaya Burung Bahan Mau Makan Voer Yang Sudah Terbukti

Namun, burung nuri kepala hitam ini bukan jenis burung kicauan yang rajin bunyi, hanya saja kemampuan menirukan suara manusia menjadi nilai lebih tersendiri yang jarang dimiliki oleh kebanyakan burung.

Motif Bulu Indah

Warna bulu dari burung nuri memang sangat menawan dari beragam jenisnya, termasuk burung nuri kepala hitam yang memiliki warna bulu yang menawan. Warna bulu yang menjadi khas nuri kepala hitam adalah, jenis burung ini memiliki bulu kepala hitam dengan beragam warna lain yang ada di sekitar tubuhnya seperti warna hitam, biru, merah dan kuning yang menghiasi seluruh tubuhnya.

Habitat Nur Kepala Hitam

Nuri kepala hitam biasa hidup secara berkelompok dengan jumlah kecil 4 – 8 ekor dan juga hidup berdampingan dengan pasangannya. Sedangkan untuk persebaran burung nuri yang memiliki warna kepala hitam ini memiliki persebaran di sekitar papua barat dan diseluruh papua seperti di daerah Misool, Salawati, Batata dan Waigeo.

Makanan Nuri Kepala Hitam

Makanan yang paling disukai oleh burung nuri kepala hitam merupakan makanan yang memiliki kandungan protein nabati yang tinggi, seperti biji-bijian, kacang-kacangan dan juga buah-buahan.

Makanan tersebut merupakan makanan yan disukainya ketika di alam liar, sehingga ketika kamu berencana untuk memelihara burung nuri kepala hitam ini, tentunya harus memberikan semua kebutuhan tersebut dengan cara memberikan pakan campuran yang di sediakan setiap hari yang bervariasi.

Adapun makanan yang disukai oleh burung nuri kepala hitam diantaranya :

  • Jeruk
  • Pir
  • Apel
  • Jagung
  • Wortel
  • Nekstar
  • Serangga
  • Biji-bijian
  • Dll

Ciri-ciri Burug Nuri Kepala Hitam Jantan dan Betina

Secara keseluruhan warna bulu yang ada pada nuri kepala hitam jantan dan betina tidak jauh berbeda, namun ada beberapa perbedaan yang mudah untuk diketahui perbedaan nuri kepala hitam jantan dan betina seperti :

  • Tubuh Jantan lebih kecil dari betina
  • Ekor betina lebih panjang dari nuri kepala hitam jantan
  • Warna bulu jantan leih mengkilap dan kontras, sedangkan nuri betina kepala hitam warnanya terlihat dop
  • Ukuran tubuh betina lebih tinggi dibandingkan dengan jantan yang memiliki tubuh yang pendek
BACA JUGA :  Daftar Harga Burung Kicauan dan Burung Hias

Itulah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Burung Nuri Kepala Hitam, sempga bermanfaat.