Kenari Gloster : Ciri, Jenis, Dan Perawatannya

Cherewed.com – Kenari Gloster, Apakah anda tahu dengan jenis burung kenari yang satu ini? bagi para pemula memang mungkin agak baru mendengar jenis burung yang satu ini. namun burung ini merupakan salah satu jenis burung kenari populer dengan kelebihannya.

Burung kenari memang memiliki banyak jenisnya, Dan setiap jenis burung kenari memiliki keunggulan masing-masing, seperti kenari gloster, dimana bulunya yang tebal, perutnya yang buncit yang membuat burung ini menarik perhatian bagi para kenari mania, dan meskipun begitu, suara kicauannya cukup bagus.

Ada jenis kenari lainnya yang memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan burung kenari gloster, yaitu jenis kenari cester, oleh karena itu, burung kenari gloster sering di samakan dengan burung kenari cester, padahal ke dua jenis tersebut berbeda, dan ukuran tubuh kenari cester lebih panjang dan ukuran tubuhnya lebih besar.

Ciri-Ciri kenari Gloster

Kenari gloster memiliki 2 jenis yang dibedakan berdasarkan jambulnya, yakni kenari yang memiliki jambul ( gloster corona ) dan kenari gloster consort ( tanpa jambul ), namun untuk keseluruhannya sama, dengan ciri-ciri seperti :

  • Panjang tubuhnya 11 – 25 cm
  • Memiliki 3 variasi warna pada seluruh tubuhnya seperti warna cinnamon, kuning dan hijau

Kelebihan Kenari Gloster

Pengembiakan kenari gloster lebih bertujuan untuk pemampilan dan bentuk tubuhnya, akan tetapi sebenarnya dari kicauannya, kenari gloster memiliki suara kicauan yang lebih kencang. Dengan kelebihan dan ciri khasnya, burung ini banyak di gemari di seluruh dunia, entah itu kicauan dan penampilan fisiknya.

Genetika Kenari Gloster

Kenari gloster berjambul ( corona ) memiliki asal-usul dari kenari gloster yang tidak memiliki jambul ( Consort ). Gen jambul pada genari gloster tersebut sifatnya lethal dan dominan ( mematikan ).

BACA JUGA :  Setingan EF Burung Murai Batu Muda Agar Cepat Ngeplong/Gacor

Ketika di kawinkan antara kenari gloster jambul ( corona ), maka telurnya tidak akan menetas, dan ketika menetaspun anakannya memiliki kelainan sepertitengkorak pada kepalanya cacat dan bisa menimbulkan kematian pada burung tersebut.

Untuk kamu yang ingin mengembangbiakan kenari gloster ini, maka sebaiknya ketahui genetika ini, seperti :

  • Corona X Corona : maka akan menghasilkan anakan consort 25%, anakan corona 50% dan 25% anakannya mati ( Tidak di rekomendasikan )
  • Consort X Corona : akan menghasilkan anakan consort 50%, anakan corona 50%
  • Consort X Consort : akan menghasilkan anakan consort 100%

Perawatan Kenari Gloster

Untuk perawatan kenari tidak jauh beda dengan jenis kenari lainnya, dan untuk perawatan kenari Gloster diantaranya :

  • Dalam perawatannya harus di jauhkan dari tempat yang besar anginnya seperti luabgn udara, AC, kipas angin dan sumber angin lainnya yang memiliki angin yang besar
  • Berikan multivitamin, terutama ketika sedang musim hujan
  • Berikan campuran biji-bijian dengan lengkap, bisa beli di kios burung
  • Berikan sayuran, terutama sayuran yang memiliki warna gelap
  • Berikan buah-buahan lengkap, terutama yang bewarna merah
  • Betina putih telur rebus
  • Jaga keberihan sangkar kenari gloster

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Kenari Gloster : Ciri, Jenis, Dan Perawatannya, semoga informasi tersebut bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda di bidang burung peliharaan.