Jenis Tanaman Herbal untuk Lovebird dan Kenari

Cherewed.com – Siapa yang tidak tahu ke dua jenis burung yang satu ini, burung lovebird dan burung kenari merupakan salah satu jenis burung kicau yang paling banyak peminatnya dan populer dikalangan para pecinta burung kicau atau kicau mania. karena memang disamping ke dua burung tersebut memliki tubuh yang indah juga memiliki kicauan yang sangat merdu.

Burung kenari dan burung lovebird merupakan burung pemakan biji-bijian dengan beragam makanan lainnya yang biasa di konsumsi. Menjaga kesehatan dan stamina lovebird dan kenari di pengaruhi oleh pemberian pakan yang berkualitas dan lengkap.

Pemberian pakan yang lengkap dengan jumlah yang cukup, stamina dan kesehatan ke dua burung tersebutpun akan terjaga setiap harinya sehingga burung menjadi akitf dan rajin untuk berkicau. Selain untuk kebutuhan perawatan harian, pemberian pakan juga bisa di atur pada saat burung akan di lombakan, seperti memberikan pakan tertentu dengan jumlah yang lebih banyak.

Jenis Tanaman Herbal untuk Kenari dan Lovebird

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan daftar makanan lovebird dan kenari yang bersumber dari tanaman herbal untuk menjaga kesehatan dan stamina burung. Setiap jenis tanamah herbal ini memiliki kandungan gizi yang berbeda-beda.

Daun Mengkudu

Mengkudu sering di manfaatkan untuk kebutuhan burung, selain buah, daun mengkudu ini juga popular untuk di berikan pada burung peliharaanya. Untuk memberikan daun mengkudu ini cukup di gantung di sangkarnya, dan bersihkan terlebih dahulu agar bersih.

Untuk manfaatnya itu sendiri, mengkudu memiliki manfaat :

  • Memiliki antialergi
  • Stamina burung terjaga
  • Memiliki efek anti stress sehingga burung menjadi nyaman dan tenang
  • Mengatasi serak pada burung
  • Mengatasi berat badan burung yang berlebihan
BACA JUGA :  Tips Perawatan Burung Sanger Supaya Cepat Ngerol dan Bersuara Lantang

Daun Kemangi

Daun kemangi memiliki wangi yang khas yang sering di jadikan lalapan oleh manusia, namun daun kemangi ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan pada burung dan di jadikan pakan.

Manfaat untuk mengatasi permasalah pada burung dengan menggunakan kemangi seperti mengatasi bubulan pada kaki burung, mengatasi bengkak kaki yang di sebabkan oleh gigitan serangga dan bumble foot.

Untuk manfaat lain ketika burung mengkonsumsi daun kemangi ini diantaranya :

  • Membuat produktifitas indukan burung jadi bagus
  • Mengatasi masuk angin
  • Mengatasi birrahi yang terlalu tinggi

Daun Gingseng Jawa

Daun gingseng jawa sudah banyak di manfaatkan oleh para kicaumania tanah air untuk burung peliharaan, meskipun belum ada penelitian tentang manfaat daun gingseng jawa ini, namun daun gingseng jawa ini di percaya oleh kalangan kicaumania, karena bisa membuat burung menjadi lebih rajin berkicau.

Koleson jawa merupakan sebutan dari daun gingseng jawa oleh beberapa kalangan kicaumania yang sering di manfaatkan untuk di berikan untuk burung kenari dan lovebird untuk meningkatkan stamina dan membuat Fit burung sehingga menjadi rajin bunyi.

Daun Randa Tapak

Tanaman liar dari randa tapak ini sudah terkenal dari kalangan kicaumania tanah air untuk membuat burung peliharaan menjadi rajin berkicau dan aktif, terutama sering di berikan pada burung pemakan biji-bijian.

Selain di kenal dari kicaumania Indonesia, di mancanegara lainnya, daun randa tapak ini sering di berikan pada burung peliharaa sebagai asupan pakan tambahan .

Daun Dewa

Daun dewa sering dimanfaatkan untuk mengobati beragam permasalahan pada manusia, namun sekarang ini daun dewa ini sering dimanfaatkan oleh pecinta burung untuk di berikan pada burung peliharaannya dengan beragam manfaat, seperti :

  • Membuat tubuh burung menjadi brisi dan padat
  • Memaksimalkan volume suara burung
  • Mengatasi kekurusan pada burung atau nyilet
  • Membuat bulu burung menjadi halus, licin dan mengkilap
  • Membuat stamina burung meningkat sehingga menjadi rajin berkicau
BACA JUGA :  Mengenal Burung Murai Air Dan Perawatannya

Dan ternyata, daun dewa ini juga sering dimanfaatkan untuk burung lainnya, seperti perkutut, derkuku dan burung merpati.

Daun Binahong

Daun binahong sering di cari oleh kicaumania untuk mengatasi beberapa permasalahan burung peliharaan, terutama untuk mengatasi burung kenari yang sudah dewasa hanya mengeluarkan suara ngeriwik saja. Daun ini juga sering di manfaatkan oleh manusia untuk mengatasi beragam masalah kesehatan karena memiliki kandungan asam oleaolik, saponin, minyak atsiri dan alkolid.

Itulah Jenis Tanaman Herbal untuk Lovebird dan Kenari yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat!