Cara Ternak Burung Prenjak/Ciblek

Cherewed.com – Siapa yang tidak tahu dengan jenis burung kicau yang satu ini, ya burung ciblek atau sering juga disebut burung premjak. burung ini merupakan salah satu burung kicau yang paling populer dikalangan para pecinta burung. bentuk tubuh yang mungil dan suara kicauan yang merdu membuat burung ini selalu diburu oleh para penggemarnya.

Maka tidaklah heran pada saat ini banyak sekali orang-orang yang mulai ternak burung prenjak ini, dan Untuk beternak burung prenjak tentunya tidak asal ternak saja, ada beberapa persiapan yang harus di lakukan, agar nantinya burung mau kawin, bertelur dan menghasilkan anakan yang berkualitas.

Cara Ternak Burung Prenjak/Ciblek

Untuk melakukan tips beternak prenjak yang akan admin bahas kali ini bisa di terapkan pada berbagai macam jenis prenjak, seperti prenjak kebun, prenjak emas, prenjak padi, prenjak sawah, prenjak lumut, prenjak kepala merah dan lain sebagainya.

Memilih Indukan Prenjak

Pilih indukan yang memiliki kesehatan yang baik dan juga memiliki fisik yang tidak cacat. Selain itu, pilih burung prenjak yang memiliki umur yang sudah dewasa atau matang, alias siap kawin, umur prenjak yang cocok untuk beternak sekitar 1 – 2 tahun.

Memilih Kandang Ternak

Persiapkan kandang untuk beternak burung prenjak yang di lengkap dengan glodok, dan bahan untuk bersarang seperti jerami atau pohon pinus yang kering. Untuk ukuran kandang, bisa menggunakan sangkar harian atau bisa menggunakan kandang ternak prenjak dengan ukuran 90 x 90 x 90 .

BACA JUGA :  Tips Dan Cara Ampuh/Akurat Mengetahui Burung Murai Batu Malaysia Dari Bentuk Fisik

Memilih Jantan dan Betina

Pilih calon indukan sepasang prenjak, jantan dan betina. untuk mengetahui perbedaan jenis kelamin prenjak jantan dan betina, bisa di lihat pada bagian ekornya, dimana ekor jantan lebih panjang dari betina dan untuk warna dada di bagian dada prenjak jantan abu-abu yang gelap, lebih gelap dari bulu dada betina.

Menjodohkan Prenjak

Setelah memilih calon indukan jantan dan betina prenjak, maka hal yang selanjutnya adalah dengan cara menjodohkan. Untuk menjodohkan cukup mudah, tinggal dekatkan burung prenjak jantan dan betina di sangkar yang berbeda, dan jika keduanya terlihat berjodoh, maka burung di satu kandangkan.

Pakan Ternak Prenjak

Agar burung ketika di ternak menghasilkan telur dan anakan yang berkualitas, maka burung perlu di berikan pakan yang berkualitas pula, dengan mencampur berbagai macam makanan yang biasa di konsumsi oleh burung prenjak, seperti ulat hongkong, kroto, ulat kandang, dan pakan lainnya.

Nah itulah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Cara Ternak Burung Prenjak/Ciblek, informasi tersebut kami ambil dari berbagai sumber, dan jika anda yang ingin membaca informasi lainnya mengenai cara perawatan burung ciblek atau prenjak silahkan simak di situs cherewed.com.