Cara Merawat Burung Ciblek Mabung Agar Prosesnya Lancar

Cherewed.com – Masih membahas mengenai burung ciblek, dikesempatan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai Cara Merawat Burung Ciblek Mabung Agar Prosesnya Lancar. bagi para pecinta burung kicau aau peliharaan tentunya pernah merasakan burung peliharaanya mabung.

Dan tentunya anda ingin segera mabungnya cepat selesai dan berjalan dengan lancar. nah bagi anda yang ingin mengetahui cara merawat burung ciblek mabung supaya berjalan dengan lancar, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Cara Merawat Burung Ciblek Mabung

Jika di rawat dengan cara yang tidak tepat, bukan hanya dapat membuat mabungnya lebih lama dan pertumbuhan bulunya tidak sempurna seperti bulunya yang mudah rontok, keriting , kusut dan tidak rapih.

Ciri-ciri burung ciblek mabung biasanya perontokan bulunya di mulai dari dadanya terlebih dahulu dan di susul dengan rontoknya bulu bagian sayap dan ekornya.

Untuk meratnya, bisa melakukan tips ini sebagai referensi, seperti :

  • Ketika bulu burung rontok jangan di mandikan dan dijemur terlebih dahulu
  • Pakan ekstrafooding dari jangkrik dan kroto tetap di berikan pada ciblek yang sedang mabung, sekitar 1 sampai 2 ekor jankrik dan 1 sendok teh kroto 1 sendok the yang di campur dengan minyak ikan untuk membantu pertumbuhan bulunya barunya menjadi mengkilap dan sehat
  • Selama mabung, burung ciblek di simpan di tempat yang nyaman dan sedikit lembab
  • Ketika ciblek mabung, bisa lakukan mastering, karena pada saat mabung biasanya suara masterannya akan mudah masuk
  • Selama masa mabung kandang burung di krodong agar burung bisa beristirahat dengan full, namun sesekali di buka untuk mendapatkan udara segar sambil membersihkan kandang dan mengganti pakan dan air minumnya
  • Ketika bulu barunya sudah mulai tumbuh lebat krodong di buka dengan sering dan bisa memandikannya , namun jangan terlalu basah, yang penting bulunya terkena air agar ketombe disekitar bulu dan kulitnya hilang dan bulunya menjadi bersih . selain itu burung bisa di jemur atau hanya di angin-anginkan setelah dimandikan
BACA JUGA :  Tips Dan Cara Perawatan Burung Lovebird Dewasa Bagi Pemula

Tips atau cara yang sudah admin sampaikan diatas memang sangat simpel namun cara tersebut sangat ampuh dilakukan, kami ucapkan terimakasih karena telah membaca artikel yang admin sampaikan mengenai Cara Merawat Burung Ciblek Mabung Agar Prosesnya Lancar, informasi tersebut kami ambil dari berbagai sumber. salam kicau mania!