Cara Menjodohkan Burung Kenari Jantan dan Betina dengan Cepat

Cherewed.com РDiartikel sebelumnya admin sudah memberikan informasi mengenai jenis burung kenari gloster lengkap dengan ciri dan perawatannya, dan dikesempatan ini juga admin akan membahas suatu tips atau  Cara Menjodohkan Burung Kenari Jantan dan Betina dengan Cepat.

Dan bagi anda yang ingin mengetahui cara-caranya silahkan simak informasi yang akan admin sampaikan, silahkan anda membacanya secara cermat supaya tidak ada yang terlewatkan, karena cara-cara yang akan admin sampaikan ini adalah hal yang biasa dilakukan oleh pembudidaya burung kenari supaya mendapatkan anakan yang berkualitas.

Ciri-ciri Burung Kenari Jantan dan Betina Siap Kawin

Sebelum menjodohkan burung kenari, maka sebelumnya perhatikan terlebih dahulu kesiapan kenari yang sudah siap untuk kawin. Dan jika burung tersebut belum siap, maka bisa dengan mempersiapkan perawatan terlebih dahulu dan memberikan pakan yang dapat mendoron birahi naik, hingga benar benar siap.

Jantan Burung kenari

Ciri-ciri burung kenari jantan yang sudah siap kawin bisa dilihat dari beberapa tanda-tandanya, seperti sering naik turun dari sangkar dan mengeluarkan suara yang lebih keras. Dan ketika didekatkan dengan kenari betina, maka akan rajin mengeluarkan suara dan lebih aktif untuk menarik perhatian lawan jenisnya.

Betina Burung kenari

Ciri-ciri burung kenari siap kawin bisa dilihat dari beberapa tanda-tanda, dimana ketika didekatkn dengan kenari jantan, akan rajin mengeluarkan kicauan dan mengepak-nggepakan sayapnya dan sering membalas kicauan dari jantan, bahwa tanda burung kenari betina ada ketertarikan dengan lawan jenisnya.

BACA JUGA :  Cara Membuat Pakan Racikan Terbaik Untuk Burung Kenari

Selain itu, biasanya burung kenari betina yang sudah siap kawin memiliki kebiasaan untuk menumpulkan ranting dan daun di satu tempat tertentu. Dengan kebiasaannya tersebut di artikel bahwa burung tersebut mempersiapkan tempat untuk bertelur nantinya.

Cara Menjodohkan kenari Jantan dan Betina Dewasa

Untuk menjodohkan burung kenari maka di butuhkan syarat-syarat yang di butuhkan, salah satunya adalah dengan memiliki umur yang cukup dan sudah dibilang dewasa bagi burung kenari. Umur ideal bagi kenari siap kawin sekitar 7 sampai 8 bulan.

Pendekatan Jantan dan BetinaSebelum menjodohkan dalam satu kandang atau sangkar, maka dibutuhkan pendekatan terlebih dahulu untuk megenal satu sama lain, dan menghindari petengkaran ketika gagal untuk berjodoh yang bisa membuat salah satunya menjadi terluka.

Persiapkan kandang dan satu kandangkan

Jika tanda-tanda keduanya sudah berjodoh, maka bisa dengan mempersiapkan kandang yang lebih besar yang dilengkapi dengan tempat untuk telur ketika sudah mulai bertelur.

Masukan keduanya dalam satu kandang tersebut, dan lihatlah perkembangan yang ada, apa keduanya sudah kawin atau belum. Karena bisa saja keduanya belum kawin-kawin setelah di satu kandangkan selama beberapa hari.

Awasi Penjodohan dan Berikan waktu

Untuk mengatasi gagal dalam menjodohkan, maka dibutuhkan pengawasan, dimana ketika gagal berjodoh dan justru menjadikannya menjadi berkelahi, maka tinggal di pisahkan terlebih dahulu hingga 4 sampai 5 hari untuk menghindari satu sama lain ada yang terluka .dan ketika sudah berjodoh, maka bisa lanjutkan proses penjodohan tersebut hingga bertelur.

Dukung dengan Makanan Bergizi

Makanan yang tepat ketika burung kenari pasa masa kawin, maka dibutuhkan factor pendukung dari makanan, karena makanan tertentu memiliki manfaat yang dapat memberikan kualitas baik bagi telur dan juga stamina , hingga untuk kesehatannya. Dan kicaumania bisa membaca artikel lainnya terkait makanan burung kenari di halaman tersebut.

BACA JUGA :  Cara Melatih Burung Kenari

Itulah tips atau Cara Menjodohkan Burung Kenari Jantan dan Betina dengan Cepat yang dapat admin sampaikan kepada anda, informasi tersebut kami ambil dari berbagai sumber!