Cara Melatih Burung Mandi di Keramba dan Bak Mandi

Cherewed.com – Diartikel sebleumnya admin sudah memberikan informasi mengenai Cara Pemasteran Burung Pleci Agar Cepat Masuk Tembakan, Ngalas, Ngerol, dan dikesemptan ini juga admin akan membahas tips atau Cara Melatih Burung Mandi di Keramba dan Bak Mandi.

Mandi pada burung peliharaan merupakan hal harus dilakukan. Karena pada saat di alam liar, burung akan mandi sendiri disungai, di rawa-rawa dan juga tempat lainnya yang memiliki air yang cukup buat mandi. Setelah burung mandi, maka biasanya burung akan merapihkan bulunya atau bersolek hingga bulunya yang kusut akan menjadi rapih kembali.

Pada saat bersolek atau sedang merapihkan bulunya, dan paruhnya akan menempel pada bagian Bruntu ( Uropygial ) untuk mengambil kelenjar minyak. Setelah kelenjar minyak di dapatkan, maka akan burung oleskan kebulunya menggunakan paruhnya, sehingga bulu burung akan terlihat mengkilap.

Pasca di mandikan, burung akan bersolek atau merapihkan bulunya, entah itu burung jantan maupun burung betina. Untuk burung jantan, biasanya merapihkan bulu bertujuan untuk menarik perhatian betina, dan hal lainnya. Ketika bulu tubuhnya sudah mengering dan rapih kembali, maka burung akan menjadi rajin berkicau.

Bagi anda yang ingin mengetahui cara melatih burung mandi Mandi di Keramba dan Bak Mandi, silahkan simak artikel yang akan admin sampaikan berikut ini sampai selesai.

Cara Melatih Burung Mandi

Ketika di alam liar, maka burung akan mendi sendiri, namun ketika di pelihara oleh manusia, aktifitas mandi perlu di atur oleh pemiliknya, sehingga kebutuhan mandi pada burung peliharaan sesuai dengan jenis burung itu sendiri.

BACA JUGA :  Cara Membuat Lovebird Latah dan Fighter hingga Ngekek Panjang

Melatih dengan Semproten Air

Jika burung peliharaan anda belum terbiasa mandi sendiri di keramba, maka untuk melatihnya bisa dengan memasukan bak mandi ke dalam sangkarnya yang di sisi air secukupnya.

Setelah itu, pada bagian dada dan kaki burung di semprot dengan semprotan air untuk memancing burung mau mandi sendiri di bak yang telah di sediakan, dan biasanya cara ini cukup efektif untuk mengatasi burung agar mau mandi sendiri untuk membersihkan badanya.

Mandikan dengan Air Dingin

Latihan kedua untuk membuat burung mau mandi sendiri adalah dengan cara memasukan air dingin yang di ambil dari lemari es ke dalam bak mandi atau keramba. Semprot kaki burung menggunakan air dingin untuk merangsang burung mau mandi, biasanya setelah itu, burung akan mau mandi di keramba/ bak mandi yang telah di sediakan.

Anda juga bisa mengakalinya dengan cara menyimpan air dingin di cepuk minumnya, namun cara ini hanya bisa dilakukan untuk burung kenari, gelatik wingko, ciblek, burung pleci dan burung kecil lainnya.

Didekatkan burung sedang mandi

Untuk memandikan burung, bisa melatihnya dengan mendekatkan burung dengan burung yang sedang mandi. Dekatkan burung anda dengan burung sedang bersiap-siap mau mandi, dan pastikan burung anda juga sudah siap bak mandi atau keramba untuknya mandi.

Demikianlah Cara Melatih Burung Mandi di Keramba dan Bak Mandi yang dapat admin sampaikan, informasi tersebut kami ambil dari berbagai sumber. semoga bermanfaat!