Burung Kacer Betina : Ciri-ciri, Harga dan Manfaatnya

Cherewed.com – Sebenarnya pembahasan burung kacer ini sudah admin bahas di artikel sebelumnya namun belum secara mendetail. nah di artikel ini admin juga akan menyampaikan menganai Burung Kacer Betina : Ciri-ciri, Harga dan Manfaatnya.

Dari setiap pemilik burung kacer, tentunya banyak kacermania yang lebih memilih burung kacer jantan, karena kacer jantan memiliki suara kicauan yang keras, rajin berkicau dan suaranya lebih bervareasi.

namun ada beberapa manfaat dari burung kacer betina yang mungkin belum anda ketahui, dan bagi anda yang ingin mengetahuinya, silahkan simak artikel ini sampain selesai. arena akan kami bahas secara menyeluruh.

Manfaat Memelihara Burung Kacer Betina

Sebelum lebih jauh untuk membahas tentang burung kacer betina, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu tentang manfaatnya.

Untuk Ternak

Ketika burung kacer jantan memiliki suara kicauan yang bervareasi, terutama burung kacer jantan tersebut sering mejuarai lomba, maka tentunya hal tersebut akan membuat peluang yang bagus untuk di ternakan, untuk mendapatkan keturunan yang berkualitas seperti indukan jantannya.

Namun, tentunya meskipun kacer jantan memiliki kemampuan berkicau yang baik, dan untuk mendapatkan anakan yang berkualitas yang bagus, maka indukan betina kacer juga harus berkualitas juga.

Mengatasi Macet Bunyi Jantan

Dalam memelihara burung kacer jantan, entah itu sebagai hiburan di rumah atau burung kacer lomba, terkadang ada beberapa masalah yang muncul, seperti tiba-tiba burung menjadi drop mental, stress, mbagong/mbalon sehingga membuat burung kacer jantan menjadi macet bunyi atau malas untuk berkicau.

Peran betina kacer tentunya sangat membantu memulihkan mental burung kacer jantan, agar nantinya burung kacer jantan yang macet bunyi, bisa pulih kembali dan burung menjadi gacor kembali.

BACA JUGA :  Tips Penanganan Burung Kacer Yang Macet Bunyi

Melatih Suara

Biasanya ketika burung kacer jantan mendengar atau melihat kacer betina, akan membuat kacer jantan menjadi berkicau sebagai cara burung tersebut menunjukan ketertarikannya.

Dengan membuat kacer jantan menjadi rajin berkicau karena dekat dengan betina, maka sebenarnya kemampuan berkicau jantan sedang terlatih dan nantinya akan berkembang kemampuan kicaunnya.

Ciri Burung kacer Betina

Untuk melihat ciri-ciri kacer betina sebenarnya cukup mudah untuk kacer dewasa, dimana kacer betina memiliki warna bulu yang kusam dan pudar, cenderung warnanya hitam yang ke abu-abuan.

Sedangkan ciri fisik lainnya, diantaranya :

  • Kicauan betina kacer monoton dan hanya suara panggilan saja
  • Kloaka/dubunya besar

Harga Burung Kacer

Harga kacer betina memang lebih murah daripada jantan, entah itu yang masih muda, maupun yang sudah dewasa. Untuk kacer betina muda haraganya sekitar 200.000, sedangkan untuk betina burung kacer dewasa siap ternak, harganya sekitar 300.000 .